Sholat merupakan ibadah wajib umat Islam. Sholat merupakan tiang agama, jika seorang muslim meninggalkan sholat maka sama saja ia ‘merobohkan’ tiang agama.

Sholat dimulai dari gerakan Takbiratul Ihram dan diakhiri dengan salam. Begitu pentingnya sholat bagi umat Islam, sholat dapat menceah perbuatan keji dan mungkar.

Sholat juga merupakan penghubung antara Allah dan hambaNya. Ternyata selain ibadah wajib, gerakan dalam sholat memiliki keutamaan yang luar biasa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dimulai dari gerakan Takbiratul Ihram, manfaat dari gerakan ini untuk melancarkan aliran darah, getah bening, dan kekuatan otot pada lengan. Gerakan ini juga dapat mencegah tubuh dari gangguan persendian.

Selanjutnya gerakan rukuk, gerakan rukuk bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang. Posisi jantung yang sejajar dengan otak membuat aliran darah semakin maksimal pada tubuh bagian tengah.

Setelah rukuk adalah gerakan I’tidal. Gerakan I’tidal memiliki manfaat yang sangat baik untuk pencernaan karena pada gerakan I’tidal melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya.

Ketika sujud, posisi jantung berada di atas otak. Hal ini menyebabkan darah yang kaya akan oksigen dapat mengalir maksimal ke otak.

Aliran darah ini memberikan manfaat yang sangat baik yang berkaitan dengan daya pikir seseorang. Untuk seorang wanita gerakan sujud dan rukuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan daerah kewanitaan.

Berikutnya adalah gerakan duduk, terdapat duduk Tahiyyat awal dan Tahiyyat akhir. Duduk Tahiyyat awal memiliki manfaat dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha.

Sedangkan duduk Tahiyyat akhir memiliki manfaat sangat baik bagi pria, jika gerakan ini dilakukan dengan benar maka dapat mencegah penyakit impotensi.

Gerakan terakhir ialah salam dengan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaatnya dapat menyempurnakan aliran darah di kepala dan dapat mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Begitu luar biasa keutamaan gerakan sholat di atas.  Ternyata sholat juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Akan sangat rugi jika kita melakukan gerakan sholat secara tergesa-gesa, lakukan gerakan sholat dengan benar dan tuma’ninah kemudian rasakan manfaatnya.