Salah satu kewajiban umat manusia adalah menuntut ilmu. Ilmu sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Bagaimana tidak, coba bayangkan saja jika kita menjalni kehidupan tanpa ada tuntunan ilmu manusia tidak bisa menjalankan hidup dengan baik.

Orang yang tidak memiliki ilmu bisa menjadi ‘sasaran’ untuk dimanfaatkan atau dibodohi orang lain.

Maka dari itu, sebagai manusia yang merupakan makhluk sempurna, memiliki akal dan pikiran, kita gunakan untuk mencari ilmu agar kita bisa hidup lebih baik, selamat dunia dan akhirat.

Menuntut ilmu tidak hanya di bangku sekolah dan terputus jika telah tamat sekolah. Sejatinya menutut ilmu dapat dilakukan kapan saja, dimana saja  dan tanpa memandang usia.

Banyak ilmu yang perlu kita pelajari, tidak hanya ilmu tentang dunia tapi juga ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah.

Menuntut ilmu memiliki beberapa keutamaan yang luar biasa. Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya.

Hal tersebut sesuai dengan hadits, “Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara yakni shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendo’akan kedua orang tuanya.” (HR Bukhori dan Muslim)

Bahkan keutamaan menuntut ilmu juga tertuang dalam QS.Mujadilah ayat 11, Allah berfirman, “Allah mengangkat orang-orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Selain itu keutamaan menuntut ilmu yang lain yakni ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah: 269.

Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Dan barang siapa yang dianugrahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berkah lah yang dapat mengambil pelajaran.

Malaikat akan membentangkan sayap terhadap penuntut ilmu, “Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya.”(HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Masih banyak lagi keutamaan menuntut. Semoga kita senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu dan mengamalkannya bahkan menularkan ilmu-ilmu yang kita miliki.