Tahukah kamu surat ke 67 didalam Al-Quran? Yap! Surat Al Mulk, yang artinya kerajaan. Surat ini juga disebut surat “Tabaarak” yang berarti Maha Suci.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa ada sunnah Nabi yang mengajarkan untuk membaca surat Al Mulk sebelum tidur. Eh tapi, kamu pernah melakukannya atau tidak, hayo? Hehe.

Secara umum surat ini mengandung kisah tentang kekuasaan Allah terhadap makhluk ciptaan-Nya. Surat Makkiyah ini menceritakan tentang neraka dan hari kiamat dalam beberapa ayatnya.

Menurut Hasan al-Banna dalam Al Ma’tsurat, Al Mulk termasuk di antara surat-surat utama untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Surat Al Mulk disandingkan dengan surat-surat lainnya, seperi Yaasiin, Al Kahfi, Ad Duhkhan, Ali Imron dan Waqi’ah sebagai surat-surat yang hendaknya dibaca secara rutin.

Berikut ini beberapa keutamaan surat Al Mulk yang dikabarkan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada ummatnya.

1Berlipat Pahala Kebaikan

www.ummi-online.com

Satu huruf dalam Al Quran berarti 10 kebaikan. Begitu seterusnya, belum lagi jika yang membacanya masih terbata-bata. Usaha dan jerih payahnya dalam membaca Al Quran juga mendapatkan ganjaran kebaikan yang berlipat dari Allah.

Secara umum ini adalah keutamaan membaca Al Quran, dan tentu ketika kamu rajin membaca Al Mulk ganjaran kebaikan dari Allah akan senantiasa mengalir kepadamu.

2Sebagai Syafa’at

www.ummi-online.com

“Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi Saw., beliau bersabda, ‘Ada surat-surat dari AL Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai ia diampuni, yaitu, ‘Tabaarakalladzii biyadihil mulku.. (surat Al Mulk)” (H.R. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).

Rasulullah sangat mencinta ayat ini, sampai-sampai beliau rutin membaca surat ini sebelum tidur. Nah, sebelum tidur bukan hanya baca tandapagar.com ya guys, baca Al Mulk nya juga. Hehe.

3Menjauhkan Dari Adzab Kubur

callmeai.wordpress.com

“Surah Al-Mulk itu memelihara dan menghindarkan pembacanya dari azab kubur.” Begitu sabda Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam surat Al Mulk juga Allah mengabarkan tentang keadaan neraka yang apinya menyala-nyala. Mungkin sebab inilah kemudian surat Al Mulk mengingatkan manusia pada adzab Rabbnya sehingga takut untuk melakukan dosa.

4Mempermudah Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir

dbo-desainbrosuronline.blogspot.com

Dalam beberapa hadits juga diterangkan bahwa keutamaan membaca surat Al Mulk adalah dipermudahnya manusia menjawab pertanyaan munkar dan nakir di kubur kelak.

Jadi seberapapun kamu melatih diri untuk menjawab pertanyaan dua malaikat tersebut, tetapi jika tidak diiringi dengan amalan sholeh dan ketakwaan, sepertinya akan sulit untuk menjawabnya.

5Mendapat Pertolongan dari Allah

www.tasdiqulquran.or.id

Sayyidina Abdullah Bin Abbas berkata,

“Barangsiapa membaca surah Al Mulk sehingga menjadi amalan wiridnya, niscaya ia mendapat bantuan dan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam kuburnya. Bila azab hendak datang ke bagian kepala, terdengar satu seruan: “Tidak boleh engkau datang ke bagian kepala ini karena ada surah Al Mulk”
Begitulah keadaannya bila azab itu pergi ke bagian kaki dan perutnya. Karena semuanya mengandung surah Al Mulk.”

Atsar atau perkataan sahabat tersebut memberikan pengertian bahwa barang siapa yang sering membaca surat Al Mulk dan mengamalkan isinya, akan senantiasa dalam penjagaan Allah dunia dan akhirat.

Masih banyak keutamaan dan fadhilah surat Al Mulk yang dikabarkan oleh Rasulullah kepada kita. Namun jika ditarik menjadi lebih spesifik, keutamaan surat Al Mulk sudah terpampang jelas pada artikel diatas.

Rutinlah membacanya sebelum tidur agar mendapat banyak fadhilah dan pahala dari membaca Al Quran.

Surah ini ditutup dengan suatu pernyataan yang harus kita renungi bersama : “Katakanlah (Muhammad), Terangkanlah kepadaku, jika sumber air kamu menjadi kering, maka siapa yang akan memberimu air yang mengalir?”