nettik.net

9 Keutamaan Surat Al-Waqiah

Posted on

Rezeki Melimpah

ummi-online.com
ummi-online.com

“Surah al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu.” (Riwayat Ibn Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa’).

“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.”(Hadis riwayat Ibnu Ady).

Bentuk rezeki tak hanya uang. Ada kesehatan, hidup tentram, makan cukup, dan masih banyak lagi. Allah akan membuat hamba-Nya menjadi kaya jika mengamalkan surat ini, sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

Tidak Akan Ditimpa Kefakiran

fiqhindonesia.com
fiqhindonesia.com

“Sesiapa yang membaca surah al-Waqiah pada setiap malam ia tidak akan ditimpa kefakiran.” (Riwayat daripada Ibn Mas’ud: Al-Azkar, al-Jami al-Soghir).

Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dicintai Allah dan Manusia

arrahmah.com
arrahmah.com

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Barangkali rasa cinta yang Allah berikan pada kita jika dibandingkan dengan dunia dan seisinya sungguh sangat lebih dari cukup. Jika Allah sudah mencintai kita, maka Ia akan berikan segalanya. Betul?

Rindu Surga

entrepreneurmuslim.com
entrepreneurmuslim.com

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117)

Bagi para perindu surga, yuk kita rutinkan membaca surat Al-Waqi’ah. Semoga Allah bantu kita, Allah mudahkan kita dalam menjaga konsistensi amalan sehari-hari.

Berjumpa dengan Allah

nettik.net
nettik.net

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Dihindarkan dari Golongan Orang-orang Lalai

langitilahi.com
langitilahi.com

Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Tidak Akan Ditimpa Kemiskinan

satujam.com
satujam.com

Imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud berkata: Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, ”Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan.”

Barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah pada setiap hari dan malam sebanyak 40 kali selama 40 hari, maka Allah akan mengalirkan rezeki padanya secara terus-menerus dari berbagai penjuru.

Mempermudah Ruh Keluar Jasad Saat Sakaratul Maut

satujam.com
satujam.com

Jika surat ini dibaca di sisi orang yang sedang sekaratul maut, insyaa Allah akan mempermudah roh keluar dari jasadnya.

Jika dibaca di sisi orang sakit, maka akan diringankan sakitnya. Jika ditulis, kemudian dipakaikan kepada orang yang hendak bersalin, Insyaa Allah segera melahirkan dengan mudah.

Menjadi Hartawan yang Dermawan

duniaislamku.com
duniaislamku.com

Jika membaca surat ini sebanyak 3 kali selepas solat subuh dan 3 kali selepas sholat Isya’. Insyaa Allah dalam waktu satu tahun, Allah akan jadikan ia seorang hartawan yang dermawan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *