Surat Ar Rahman merupakan surat ke 55 dalam Al Quran. Surat ini adalah salah satu surat yang menjadi favorit banyak orang. Selain indah dan nyaman untuk dibaca surat Ar Rahman mengandung arti dan makna yang begitu luar biasa.

Surat ini mengingatkan kepada manusia untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Dan dalam surat Ar Rahman, Allah mengingatkan hal itu berulang-ulang dalam beberapa ayat dengan teks yang berulang-ulang.

Diantara keajaiban yang luar biasa dalam Al Qur’an, khususnya dalam Surat Ar Rahman adalah ayat yang berbunyi fa biayyi aalaa-I robbikumaa tikadz-dzibaan”. Artinya “Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan?”

Ayat ini disebut dalam Surat Ar Rahman sebanyak 31 kali. Diantaranya mengiringi ayat-ayat yang menggambarkan keagungan dan kekuasaan Allah SWT. Juga ayat-ayat yang menunjukkan tentang peringatan dan ancaman kepada siapapun yang ingkar dan dusta terhadap ayat-ayat sebelumnya.

Ada beberapa keutamaan yang luar biasa bisa kamu dapatkan ketika bisa rutin membaca Surat Ar Rahman. Berikut ini beberapa keutamaan membaca Surat Ar Rahman yang bisa kamu dapatkan.

1Mengingatkan Kepada Diri bahwa Allah SWT Memiliki Sifat Maha Pengasih

satujam.com

Sebagaimana salah satu sifat Allah SWT dalam asmaul husna, bahwa Allah SWT memiliki sifat Ar Rahman atau Maha Pengasih. Allah SWT senantiasa mengurusi dan mencukupi kebutuhan seluruh makhluknya di alam semesta ini tanpa satu pun yang terlewat.

Allah SWT tidak pernah pandang bulu terhadap seluruh makhluk-Nya dalam hal rezeki. Allah telah menetapkan pada masa sebelum bumi dan alam semesta diciptakan tentang rezeki masing-masing makhluk-Nya. Termasuk manusia, baik dia Muslim maupun kafir.

2Mengingatkan kepada Kita atas Seluruh Nikmat-Nya yang Telah dan Akan Diberikan

satujam.com

Dalam Surat Ar Rahman terdapat pembahasan tentang berbagai macam nikmat yang Allah berikan kepada setiap makhluk-Nya, khususnya nikmat yang diberikan-Nya kepada golongan jin dan manusia.

Gambaran kenikmatan yang diberikan-Nya berupa rezeki yang kita nikmati di dunia sekarang ini dan kelak di akhirat bagi siapa saja yang mendapatkan kenikmatan surga.

3Mengingatkan kepada Kita Agar Tidak Kufur Nikmat

satujam.com

Jika memperhatikan isi dan kandungan dalam Surat Ar Rahman, maka kita menemui di dalamnya terdapat sekitar 40% ayat dengan bunyi dan makna yang sama. Ayat ini merupakan sebuah isyarat kepada makhluk-Nya berupa golongan jin dan manusia.

Isyarat ini dikhususkan bagi kedua makhluk-Nya yang memiliki tabiat lupa akan segala nikmat yang telah Allah berikan. Bahwa jin dan manusia dikenal jarang bahkan tidak pernah bersyukur atas setiap nikmat-Nya.

Walau demikian, atas sifat Maha Pengasih yang Allah SWT miliki, Dia tetap saja memberikan seluruh nikmat yang telah dijanjikannya kepada setiap makhluk-Nya di dunia.

4Allah Ridha pada Nikmat yang Diberikan-Nya

satujam.com

Siapapun yang merutinkan dalam membaca Surat Ar Rahman, maka Allah SWT akan menyayanginya atas segala kelemahannya. Juga akan Allah SWT ridhai segala kenikmatan yang Dia berikan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Ar Rahman, Allah SWT akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187)

5Memberi Motivasi untuk Terus Semangat Beribadah Kepada-Nya

satujam.com

Allah telah beritahukan di dalam Surat Ar Rahman tentang berbagai kenikmatan dan kebaikan yang akan didapat bagi siapapun yang memiliki semangat untuk terus beribadah kepada-Nya.

Kelak di akhirat, mereka yang memiliki semangat untuk terus beribadah akan mendapat balasan surga yang kenikmatannya tidak pernah habis. Kekal selama-lamanya.