Setiap penduduk suatu negara pasti memiliki karakter yang khas yang tidak dimiliki oleh penduduk negara lain. Ciri khas ini akan menjadi sesuatu yang dianggap janggal jika suatu saat kamu berada di negara lain. Istilah gaulnya kebiasaan ‘random’.

Tapi, di sisi lain, jika kamu belum pernah melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, seolah-olah kamu belum afdhol dikatakan sebagai orang Indonesia asli. Nah, kira-kira kebiasaan apa saja ya? Berikut ini kebiasaan random yang khas orang Indonesia.

1Makan Nasi Menggunakan Tangan

segiempat.com

Kebiasaan yang satu ini benar-benar bisa bikin greget ketika makan. Apalagi kalo suguhannya sepiring nasi padang yang masih kelihatan mengepul saking panasnya. Kenikmatannya tiada tara.

Nasi padang itu kalau makannya menggunakan tangan, gregetnya bukan main. Rasanya sedap banget. Ketika nasi yang masih hangat, lauk, dan sambalnya diaduk dengan tangan sendiri. Bisa-bisa kamu bakal ingin nambah lagi.

Rugi deh bagi kamu yang belum pernah melakukan hal yang satu ini. Yang jelas, pastikan dulu kalau tanganmu sudah kamu cuci bersih agar tidak ada kuman dan bakteri yang masih menempel dan ikut masuk ke dalam saluran pencernaanmu.

2Mencium Tangan Orang Tuanya Teman

dewarahayu.wordpress.com

Bangsa Indonesia sebagai salah satu bangsa Timur, sangat menjunjung tinggi sopan santun kepada orang yang lebih tua. Apalagi jika mereka adalah orang tua dari teman kamu. Kebiasaan ini entah siapa  yang memulainya.

Namun hampir dipastikan sampai sekarang masih banyak yang mempertahankannya. Justru itu bagus sekali. Karena dengan kamu mempertahankan kebiasaan mencium tangan orang tua temanmu, artinya kamu telah menghormati mereka.

Jadi, jangan pernah sekali-kali kamu datang ke rumah temanmu. Tapi hanya numpang makan saja.  Sampai lupa untuk mencium orang tua teman kamu. Tidak sopan itu namanya. Hehe

3Makan Dengan Lauk Kerupuk

id.wikipedia.org

Apapun makanannya, lauk tambahannya kerupuk. Slogan yang satu ini memang hampir menjadi kebiasaan orang Indonesia pada umumnya. Coba saja kamu lihat di warung-warung makan. Hampir dapat dipastikan mereka menyediakan kerupuk sebagai lauk tambahan.

Tidak peduli apapun menu yang dijual. Kerupuk menjadi barang wajib yang harus tersedia.

Varian kerupuk pun di Indonesia sangat beragam. Mulai dari kerupuk bawang, kerupuk pasir, kerupuk udang, kerupuk rambak alias kerupuk kulit, dan variasi kerupuk lainnya.

4Tusuk Gigi Setelah Makan

kawaiibeautyjapan.com

Kalau kamu makan di warung, pasti menemukan teman setia kerupuk. Apa itu? Tusuk gigi.

Setelah kamu menikmati sekian banyak hidangan yang kamu pesan. Tidak afdhol rasanya jika tidak mengorek-orek sisa makanan menggunakan tusuk gigi.

Biasanya tangan kanan yang digunakan untuk ‘beraksi’ dan tangan kiri berusaha menutupi ‘aksi’ yang mengasyikkan itu.

Uniknya, tidak hanya di warung kaki lima saja. Di sebagian restoran bintang lima pun, kadang kita dapat menemukan tusuk gigi. Memang kebiasaan menggunakan tusuk gigi setelah makan sudah mendarah daging dalam kehidupan orang Indonesia.

5Membeli Oleh-oleh

exploringnation.com

Kalau kamu hendak mengunjungi saudara atau temanmu yang berada di tempat yang jauh. Atau setelah melakukan perjalanan jauh dan hendak kembali ke tempat tinggal. Ada satu hal yang seolah wajib untuk kamu bawa. Oleh-oleh.

Barang bawaan yang satu ini bahkan memiliki istilah yang hanya ditemui dalam bahasa Indonesia. Yaitu ‘buah tangan’. Buah tangan ini menjadi semacam hadiah yang akan semakin membuatmu dekat dengan orang yang akan kamu kunjungi atau orang yang telah lama kamu tinggalkan sementara.

Oleh-oleh tidak harus dalam bentuk souvenir lho. Apapun yang bisa menjadi ciri khas daerah itu, sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh. Gampang kan.