Meningkatnya penderita penyakit degeneratif seperti diabetes dan kanker membuat masyarakat tersadar untuk mulai mengurangi konsumsi junk food. Masyarakat memiliki pemahaman bahwa sayur dan buah lebih menyehatkan.

Salah satu buah yang terkenal memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan adalah buah naga. Buah naga biasa dikenal memiliki 2 jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Secara umum kedua jenis buah naga ini sama-sama memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah naga atau dragon fruit terkenal mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan saat ini banyak dibicarakan para ahli lantaran dapat mencegah radikal bebas dan menunda proses penuaan. Buah naga juga kaya akan vitamin A, Vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.

Berikut beberapa khasiat buah naga terhadap kesehatan yang sebaiknya kamu konsumsi.

1Melancarkan Pencernaan

www.penyebabususbuntu.com

Beberapa penelitian menunjukan bahwa buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah susah buang air besar.

Jika anak kamu mengalami masalah susah buang air besar, jangan gegabah menggunakan obat-obatan kimia. Konsumsi obat-obatan kimia terlalu banyak tidak baik untuk kesehatannya di masa depan.

Anak berusia minimal satu tahun dapat mengkonsumsi buah naga agar tidak sembelit.

2Mencegah Kanker

www.diyahutami493.blogspot.com

Lingkungan zaman modern membuat kita hampir-hampir tidak dapat menghindari polusi terlebih lagi lingkungan kota besar. Polusi dapat berasal di jalan maupun polusi dari pestisida makanan yang sehari-hari dikonsumsi.

Polusi ini membawa radikal bebas yang kemudian dapat menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit yang marak diperbincangkan disebabkan oleh radikal bebas adalah berbagai jenis kanker.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa buah naga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini akan mengikat radikal bebas sehingga ia tidak akan mampu berikatan dengan sel dalam tubuh kita.

Adapun beberapa vitamin dalam buah naga seperti Vitamin A dan Vitamin C dapat sekaligus berfungsi sebagai antioksidan.

3Membantu Menurunkan Kolesterol

www.berandaunik.com

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu vitamin B3 dapat menjaga kestabilan tekanan darah sehingga dapat menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.

4Menjaga Kesehatan Mata

www.bahanalam.com

Kandungan beta karoten dalam buah naga hampir sama dengan buah wortel. Beta karoten sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Kamu yang sering beraktivitas di depan layar laptop maupun layar HP jika tidak suka dengan rasa wortel sebaiknya mengkonsumsi buah naga.

5Mencegah Jerawat

www.muslimah-cantik.com

Jerawat sering kali bikin keki terutama oleh kaum hawa yang sangat memerhatikan penampilan. Satu jerawat di pipi dapat merusak rasa percaya diri dan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari.

Kamu dapat mencampurkan sedikit air pada potongan buah naga untuk kemudian di blender. Buah naga yang sudah halus digunakan sebagai masker alami yang mampu mencegah jerawat. Tak ada salahnya beralih dari kosmetik kimia ke kosmetik alami yang lebih segar.

6Membantu Program Diet

www.infonutrisi.com

Rasa buah naga yang tidak terlalu manis mengindikasikan bahwa buah tersebut sedikit kandungan gulanya. Kandungan vitamin yang banyak namun gula yang sedikit sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Kamu tidak perlu khawatir kelebihan kalori walaupun mengkonsumsi buah naga dalam jumlah banyak. Mulai saat ini gantikan camilan makanan tidak sehat dengan buah naga.

Kandungan air yang tinggi pada buah naga juga dapat membuatmu lebih lama merasa kenyang sehingga dapat mengurangi hasrat untuk selalu mengunyah.

SHARE