Dulu, pada tahun 90-an ketika teknologi gadget dan game online belum merajalela, bunga asoka sering dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah dasar untuk bermain.

Jika di sekitarmu terdapat bunga asoka, mungkin dulu kamu juga sering menghisap nektar pada bunga tersebut. Ya, harus diakui bahwa bunga jarum-jarum memiliki nektar yang manis yang membuat manusia juga ingin mencicipinya.

Bunga dengan nama Latin Sarca Indica ini merupakan tanaman dari family Caesalpiniaceae. Bunga yang menjadi salah satu tanaman suci di India ini memiliki kandungan beberapa jenis zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk lebih mengetahuinya, yuk simak ulasannya berikut.

1Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

www.fotolepas.com

Caranya adalah dengan merebus bunga asoka dan mawar sebanyak 15 gram dengan 90 gram daun Aloe Vera yang telah dibersihkan dan dipotong-potong menggunakan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian saring dan minum dua kali sehari, masing-masing 100 cc.

Ini akan mengurangi rasa sakit ketika nyeri haid dan melancarkan haid.

2Mengobati Luka Memar

rahmawatyarsyad1989.wordpress.com

Bagi kamu yang baru saja jatuh atau mengalami kecelakan kecil bias menggunakan bunga asoka sebagai obat luka memar.

Cara mengobati luka memar dengan bunga asoka adalah dengan menyiapkan bunga asoka beserta dengan daunnya ditambah dengan umbi daun dewa dan bunga mawar yang telah kering.

Setelah itu cuci semua bahan-bahan herbal kemudian rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga air yang tersisa menjadi setengahnya. Kemudian saring rebusan bunga asoka dan bias diminum dua kali sehari setelah kamu selesai makan.

3Menghilangkan Kram Di Betis

www.flickr.com

Jika kamu kerap kali mengalami kram di betis tentu hal ini sangat menganggu aktifitasmu. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengolah bunga asoka menjadi obat untuk meredakan kram di betis.

Kamu hanya harus merebus bunga asoka dan menambahkan sehelai daun sembung serta kuntum bunga mawar segar. Setelah direbus, minumlah rebusan tersebut dua kali sehari setelah kamu makan.

Biasanya yang sering menggunakan obatherbal dari bunga asoka adalah kaum perempuan yang cenderung lebih memiliki waktu untuk membuat obat-obat herbal tersebut.

Nah, tidak disangkakan? Ternyata bunga asoka memiliki ragam khasiat bagi kesehatan. Selamat mencoba ya.

SHARE