Nyirih. Mungkin kamu merasa asing dengan kata kerja yang satu ini. Jika kamu beberapa kali menjumpai orangtua yang asyik mengunyah daun sampai menimbulkan warna merah kecoklatan pada daerah sekitar bibirnya, itulah yang disebut dengan Nyirih.

Daun sirih yang tumbuh dengan merambat di ranting dan dahan pepohonan ini dapat kamu temui di berbagai daerah. Di Kepulauan Riau misalnya, budaya mengunyah daun sirih sangat dijunjung tinggi khususnya saat upacara penyambutan tamu.

Daun Sirih selain memiliki betuk seperti hati serta tekstur yang halus dan mengkilat juga memiliki banyak kegunaan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan daun sirih yang perlu kamu ketahui.

1Melancarkan Buang Air Kecil

infokeren.net

Beberapa penelitian menyatakan bahwa daun sirih memiliki sifat diuretik yang dapat membantu buang air kecil lebih lancar ketika digabungkan dengan susu encer. Cobalah untuk mengolah daun sirih dan susu encer menjadi juice segar.

Juice dari beberapa lembar daun sirih dengan satu sendok teh madu juga berfungsi sebagai tonik untuk pengobatan nyeri saraf, kelelahan dan kelemahan saraf.

2Sebagai Obat Batuk Berdahak

manfaat.co.id

Rebusan daun sirih juga dapat menyembuhkan batuk berdahak dan tidak berdahak. Kamu hanya perlu menambahkan sedikit potongan jahe dan gula aren untuk memberikan rasa hangat pada tubuh.

Untuk penyakit Bronkitis, cukup rebus daun sirih dan sedikit gula aren.

3Membantu Melancarkan Menstruasi

alodokter.com

Beberapa wanita sering mengalami gangguan datang bulan atau menstruasi tidak lancar.  Daun sirih memiliki fungsi melancarkan haidh. Terutama bagi mereka yang tidak terlalu menyukai jamu bisa mencoba alternatife rebusan daun sirih.

4Mengobati Berbagai Sakit Kanker

tips-perawatankulit.in

Sirih juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Molekul yang terkandung dalam daun sirih bisa membantu pasien kanker sumsum tulang belakang, di mana sumsum tulang memproduksi terlalu banyak darah putih.

Ekstrak alkohol dari daun sirih diketahui mampu meningkatkan harapan pengobatan bagi pasien yang menderita leukemia myeloid kronis (CML). CML adalah bentuk paling umum dari leukemia yang banyak menyerang orang dewasa.

Kamu hanya perlu rutin mengkonsumsi rebusan air daun sirih yang dicampur dengan sedikit madu.

Mengatasi Jerawat

Jerawat ternyata bisa disembuhkan dengan ramuan daun sirih. Tumbuk halus daun sirih lalu aduk rata di air hangat. Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah yang berjerawat. Lakukan dua hari sekali saat pagi dan petang.

facetofeet.com
facetofeet.com

5Menghilangkan Bau Mulut dan Bau Badan

tanamanherbal.wordpress.com

Bau mulut dan bau badan adalah permasalahan yang lumrah. Tetapi banyak orang yang kesulitan mengatasinya. Cobalah untuk rutin meminum rebusan daun sirih setiap hari.

Antiseptik  yang berfungsi menghilangkan bakteri-bakteri penyebab bau mulut dan badan.

6Menghaluskan Kulit

segerwarase.com

Kulit yang mengalami regenersi lama-kelamaan akan mengangkat sel-sel mati dan meregenerasi sel-sel baru. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada daun sirih berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Kamu cukup menumbuk daun sirih lalu menambahkan sedikit air hangat dan oleskan ramuan tersebut secara merata pada tubuh. Lakukan secara rutin minimal satu minggu sekali. Ini akan membantu menghaluskan kulitmu.

7Mengatasi Luka Bakar

aif.org

Menurut Beauty Health Tips, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan. Kamu tinggal mengambil beberapa lembar daun sirih segar. Cuci bersih kemudian remas-remas.

Setelah itu tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar sekaligus meminimalisir inflamasi.

Daun sirih masih memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan daun dengan bentuk hati ini dianggap sebagai obat segala penyakit.

Selain tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia, pengolahan daun sirih sebagai obat berbagai penyakit juga relatif mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here