Sirsak sangat nikmat untuk dinikmati karena rasanya yang segar dan sedikit masam. Terlebih saat sirsak dibuat jus dengan campuran es yang segar. Dijamin dahaga akan larut bersamaan dengan nikmat segar buah sirsak.

Namun tahukah kamu jika ternyata yang bermanfaat dari sirsak bukan hanya buahnya. Daun sirsak menurut penelitian memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan dalam takaran tertentu, daun sirsak bisa berkhasiat menjadi obat sebuah penyakit. Daun sirsak mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, fosfor yang terkandung dalam daun sirsak bisa membantu pembentukan massa tulang.

Daun sirsak juga mengandung kalium yang berguna untuk melancarkan tekanan darah. Air dalam perasan daun sirsak bisa membantu mengobati dehidrasi.Daun sirsak juga diketahui mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk daya tahan tubuh.

Berkat kandungannya yang luar biasa, daun sirsak pun bisa mengobat beragam penyakit.

1Mengobati Asam Urat

source: di-surabaya.blogspot.com

Saat asam urat menyerang, sakitnya sungguh menyiksa. Namun tenang, kini ada cara alami untuk mengobati asam urat. Daun sirsak bermanfaat untuk obat herbal asam urat.

Cara mengolahnya, ambil 7 helai daun sirsak kemudian cuci sampai bersih. Potong-potong daun sirsak agar kandungan yang ada di dalamnya bisa keluar. Rebus potongan daun sirsak tadi dengan dua gelas air.

Terus masak hingga menyisakan satu gelas saja. Lalu konsumsi saripati daun sirsak tadi dua kali sehari untuk mengurangi dampak asam urat.

2Kekebalan Tubuh

source: mencegahpenyakit.com

Saat tubuh lelah dan lemas, biasanya daya tahan tubuh melemah. Akibatnya beragam penyakit bisa datang karena sistem daya tahan tubuh tidak kuat.

Karena kandungan vitamin C yang bagus, daun sirsak berguna untuk menambah kekebalan tubuh. Cara mengolahnya pun hampir sama untuk obat asam urat. Pertama cuci bersih daun sirsak. Potong menjadi beberapa bagian dan rebus dengan dua gelas air.

Rebuslah hingga menyisakan satu gelas air campuran saja. Kemudian minum satu kali satu hari saja untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

3Mengobati Rematik

source: pengobatantradisional.biz

Rematik sungguh menyiksa. Sendi terasa sangat sakit dan mengalami peradangan. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu bisa menggunakan daun sirsak.

Caranya, tumbuk beberapa lembar daun sirsak. Lalu cukup tempelkan tumbukan tersebut ke persendian yang mengalami rematik. Oleskan dua kali dalam sehari.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kulit atau eksim. Kandungan daun sirsak yang bisa membunuh bakteri dan jamur membuat cukup ampuh membantu mengurangi sakit kulit.

4Pengobatan Kanker

source: tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Kanker jelas penyakit yang mematikan. Namun tahukah kamu jika daun sirsak bisa membantu membunuh sel kanker. Cara mengolahnya cukup mudah. Ambil 10 lembar daun sirsak yang sudah tua. Lalu rebuslah dengan tiga gelas air.

Masak hingga menyisakan satu gelas saja. Minum ramuan tersebut dua kali sehari selama satu minggu.

Kemudian rasakan khasiatnya.Daun sirsak akan membunuh sel yang tumbuh tidak normal sebagai penyebab kanker.

5Mengobati Diabetes

source: www.huffingtonpost.co.u

Diabetes jika tidak diobati bisa berkaibat pada penyakit komplikasi. Kebiasaan orang Indonesia yang suka mengonsumsi makanan dan minuman manis membuat penderita diabetes di Indonesia sangat tinggi.

Kadar gula dalam darah disebut normal jika berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Daun sirsak ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah sampai batas normal. Caranya ambil lima helai daun sirsak.

Bersihkan daun sirsak lalu rebus dengan tiga gelas. Sisakan satu gelas dalam rebusan adn minum rutin 3-4 sehari secara teratur.

6Mengobati Sakit Asma

source: www.hellodoctor.co.za

Daun sirsak untuk pengobatan sakit asma memang agak sedikit detail. Daun sirsak yang digunakan sebagai obat asma adalah daun yang digunakan untuk sarang semut rangrang.

Ambil lima helar daun tersebut dan remas sampai hancur lalu masak dalam air. Minum air larutan rutin dua kali sehari setengah gelas.

7Meredakan Batuk Ringan

source: caraterbarumengatasi.com

Daun sirsak mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk mengobati batu ringan. Caranya sama seperti pengobatan yang lain. Namun cukup ambil daun sirsak yang masih muda.

Tumbuh daun sirsak lalu masukkan ke segelas air putih dan saring hingga menyisakan sari. Minum air saringan tersebut dan minum secara teratur dua kali sehari sampai batuk reda.

8Kandungan Kimia Daun Sirsak

jualdaunsirsak.net

Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin, minyak esensial, reticuline, loreximine, coclaurine, annomurine, higenamine.

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Biji bersifat racun dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti juga biji srikaya.

Daun sirsak bermanfaat menghambat sel kanker dengan menginduksi apoptosis, antidiare, analgetik, anti disentri, anti asma, anthelmitic, dilatasi pembuluh darah, menstimulasi pencernaan, mengurangi depresi.

9Kandungan Gizi Buah Sirsak

plus.google.com

Buah sirsak secara umum mengandung kurang lebih 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah, dan 4% ini buah. Air dan karbohidrat merupakan gizi yang paling dominan.

Jenis karbohidrat yang paling banyak pada buah sirsak atau sirsat adalah gula peredusi yaitu glukosa dan fruktosa dengan kadar antara 81,9 –  93,6% dari kandungan gula total.

Buah sirsak atau sirsat mengandung sedikit lemak kurang lebih 0,3gr/100gr sehingga sangat baik untuk kesehatan terutama bagi mereka yang lagi kelebihan lemah dan kolesterol.

Buah sirsak memiliki rasa yang asam manis yang memikat lidah. Rasa asam pada buah sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat dan asam isositrat.

Kandungan buah sirsak akan vitamin C cukup tinggi, yaitu sekitar 20mg/100gr daging buah. Kalau dilihat akan kebutuhan terhadap vitamin C, manusia membutuhkan vitamin C per hari kurang lebih 60mg.

Jadi dengan mengkonsumsi 300gr daging buah sirsak per hari maka insya Allah kebutuhun akan vitamin C akan terpenuhi.

Vitamin C yang tinggi yang terkandung dalam buah sirsak merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan alias tahan awet muda.

Selain kandungan vitaminya C yang cukup tinggi, buah sirsak juga mengandung vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin ini berfungsi untuk melancarkan motabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi syaraf, dan memaksimalkan fungsi otak.

Vitamin B1 dan C juga berfungsi mempercepat proses penyembuhan setelah habis sakit. Vitamin B1 dan B2 termasuk vitamin B Komplek yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

Adapun untuk kandungan mineralnya, buah sirsak mengandung fosfor dan kalsium cukup tinggi dan termasuk meneral yang paling dominan dalam buah sirsak.

Masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100g. Peran kedua meneral ini penting untuk pembentukan tulang dan menghambat osteoporosis (keropos tulang).

10Kandungan Non Gizi Buah Sirsak

manfaatbuahan.com

Selain komponen gizi, buah sirsat atau sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Diantara kandungan non gizi yang paling dominan atau paling banyak adalah serat pangan (dietary fiber) yang mencapai 3,3g/100gr daging buah.

Serat yang tinggi sangat bagus untuk pencernaan terutama untuk pengobatan sembelit atau susah buah air besar.

Buah sirsak juga sangat kaya akan akan senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia diyakini memilik manfaat yang sangat besar untuk kesehatan walau penelitihan terhadap manfaat dan khasiat dari senyawa ini masih belum tuntas.

11Kandungan Biji

lintasehat.com

Satu buah sirsak mengandung antara 20-200 biji yang saling berdekatan. Senyawa bioaktif yang terdapat pada biji sirsak adalah senyawa alkaloid yang terdiri dari annonaine dan acetogenins.

Biji sirsak oleh sebagian masyarakat awam dimanfaatkan sebagai anticacing(vermifuges) dan untuk membunuh kecoa.

Minyak biji sirsak untuk keperluan kosmetika.  Minyak  berfungsi sebagai astringent atau toner perbersih permukaan kulit yang kotor.

Daun sirsak mengandung beberapa senyawa seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid,

gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. yang dapat menjaga kesehatan melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Air. Buah sirsak dapat mencegah dehidrasi, karena dalam 1 cangkir buah sirsak matang, terkandung 183gr air.

Biasanya setiap orang memerlukan 8-9 gelas air per harinya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan kadar air tinggi dan salah satunya buah sirsak.

Vitamin C. Rata-rata setiap orang membutuhkan asupan vitamin C 60 mg, atau 90 mg untuk laki-laki dan 75 mg untuk kaum perempuan.

Maka dengan mengkonsumsi 300 gram buah sirsak, kamu sudah bisa memenuh kebutuhan vitamin C setiap harinya. Karena dalam 100 gram daging buah sirsak terkandung sekitar 20 mg vitamin C.

Kalium. Dalam buah sirsak juga mengandung kalium yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya yaitu dapat mencegah stroke, mencegah gangguan pada otot, menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal, menjaga fungsi otak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Serat. Tahukah kamu, buah sirsak ini mengandung banyak serat yang tentu saja dapat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, menjaga kesetabilan kadar kolesterol tubuh, dapat mengontrol nafsu makan serta mengontrol berat badan.

Fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram daging buah sirsak juga terkandung fosfor sebanyak 27 mg dan 14 mg kalsium.

Dimana keduanya sangat diperlukan oleh tubuh, untuk mencegah terjadinya osteoporosis melalui pembentukan tulang yang sehat dan kuat.

Lemak. Buah sirsak mengandung sedikit lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah sirsak juga mengandung asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat (yang membuat buah tersebut memiliki rasa asam).

Karbohidrat. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa sumber utama energi tubuh adalah karbohidrat.

Sedangkan dalam satu cangkir buah sirsak terkandung -+38 gr karbohidrat, dan dalam satu hari tubuh manusia memerlukan sekitar 225 hingga 325 gr karbohidrat / hari.

Perlu diketahui bahwa karbohidrat yang berasal dari buah-buhan jauh lebih sehat ketimbang yang berasal dari jenis makanan lainnya yang tentu saja dapat menaikan kadar gula dalam darah.

Khasiat daun sirsak memang sudah tidak diragukan lagi, banyak penelitian yang sudah dilakukan terhadap tanaman ini, yang salah satunya dilakukan di negeri ginseng korea.

Dari penelitian tersebut, menyimpulkan bahwa salah satu manfaat daun sirsak yaitu dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kanker.

Senyawa kimia bernama acetogenins yang terkandung dalam daun sirsak berperan selektif dalam membunuh sel kanker dan 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi. Dahsyat sekali bukan?

Sebenarnya hasil penelitian tersebut sudah ada dan disimpan selama betahun-tahun, namun entah mengapa, tidak banyak yang mengetahuinya.

Seandainya semua orang mengetahui informasi penting ini, mungkin akan ada banyak penderita kanker yang bisa tertolong tanpa harus selalu dengan melakukan operasi.

12Budidaya Tanaman Sirsak

denganridhonya.com

Dalam budidaya sirsak ada dua jenis sirsak yang sering di budidayakan berupa sirsak yang memiliki biji, ukuran sedang dan juga manis.

Tanaman sirsak dapat tumbuh dengan ketinggian 1000 di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.

Memiliki curah hujan yang baik dan juga terkena matahari yang sangat cukup. Dapat dibudidayakan di lahan luas dan sempit, tergantung dengan pemeliharaan.

Pemilihan bibit sirsak sebaiknya di perbanyak dengan okulasi, karena selain mudah untuk di tanam juga menghasilkan buah yang sangat berkualitas.

Bibit yang di gunakan berupa bibit yang sehat, kuat dan kokoh, tidak serang hama dan penyakit, berasal dari indukan berkualitas dan tumbuh dengan baik, serta tidak abnormal (cacat).

Pengelolahan media tanam sangat penting bagi pertumbuhan tanaman sirsak, lahan yang di gunakan haruslah bersih dari tanaman lainnya, tidak ada tunggul yang menggangu dan juga bebas dari tanama liar yang ada di sekitar.

Lahan yang akan di gunakan harus bersih dan juga dilakukan pengemburan dengan cara membajak atau mencangkul terlebih dahulu.

Kemudian berikan pemupukan dasar berupa pupuk kandang atau kompos, hingga merata Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan berikan juga pupuk kandang yang telah matang. Diam juga 1-2 minggu.

Penanaman tanaman sirsak sangat mudah, siapkan benih yang sudah di okulasi sekitar 2-3 bulan lalu lakukan penanaman dengan membuka polibag atau pembungkusnya dengan pisau dan jangan sampai menyentuh akar lalu tanam dengan jarak 4 x 4 cm atau lebih.

Lalu benamkan tanah yang sudah di campurkan oleh pupuk kandang di dalam lubang yang sudah di tanam sirsak, lalu siram hingga basah. Dalam penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan yaitu pada pagi dan sore hari

Pemeliharaan tanaman sirsak dapat di lakukan dengan cara penyulaman, pengairan, pemupukan , pemangkasan, sanitasi dan pengendalian hama dan penyakit.

Penyulaman. Penyulaman di lakukan dengan cara mengantikan tanaman yang tidak tumbuh atau mati di lahan dengan mengantikan yang baru. Di lakukan 6 minggu setalah masa tanam.

Pengairan atau penyiraman. Tanaman sirsak membutuhkan penyiraman sekedarnya saja atau secukupnya yaiti di lakukan dengan 2 kali dalam satu hari. Apabila musim hujan lakukan pengurangan penyiraman.

Pemupukan. Tanaman sirsak membutuhkan pemupukan yang rutin bertujuan untuk menyuburkan tanah, menormalkan pH tanah dan mempercepat pembuahan.

Pupuk yang di gunakan yaitu pupuk kompos, Urea, TSP, Zat Kapur dan juga lainnya tergantung dengan kondisi tanah yang di gunakan.

Pemangkasan. Pemangkasan dalam tanaman sirsaka ternyata sangat penting untuk menghambat pertumbuhan hama dan penyakit serta dapat mempercepat dalam pembuahan.

Sanitasi Lahan. Sanitasi sangat penting bagi setiap tanaman yang dapat di lakukan dengan menjaga, mengawasi dan juga mengontrol lahan agar terhindar dari tanaman liar, gulma dan juga hama dan penyakit yang akan menyerang.

Pengendalian Hama dan Penayakit. Secara umumnya hama yang sering menyerang tanaman sirsak berupa kutu sisik yaitu menyerang pada bunga, daun dan batang yang menjadi tanaman ini tidak tumbuh dan berbuah dengan baik.

Pengendalian hama ini dapat di lakukan dengan dua cara yaitu secara alami dengan memanfaatkan musuh alami berupa cendawan parasit Cephalosporium lecanii. Sedangkan secara kimia melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis yang di tentukan.

Namun, penyakit yang sering menyerang tanaman sirsaka berupa antraknosa yang sering menyerang pada buah dan membuat buah akan jatuh dan busuk. Pengendalian hama ini di lakukan dengan cara sanitasi dan penyemprotan fungisida dengan tepat.

Panen dan Pasca Panen. Pemanenan sirsak sangat cepat jika pemeliharan, perawatan dan juga pertumbuhannya sangat cepat. Buah sirsak dapat di panen 6-8 bulan jika melakukan perbanyakan dengan okulasi atau percangkokan.

Pemanen ini di lakukan dengan cara memetik langsung tangkai atau buah, dengan ditandainya buah berwarna hijau tua, kekuningan dan juga tangkai sudah mengering.

13Cara Mengolah Minuman dari Daun Sirsak

fungsidaunsirsak.com

Untuk membuat teh daun sirsak, kamu bisa menggunakan daun segar yang baru dipetik atau daun kering yang sebelumnya sudah dijemur selama 3 hari.

Cara mengolahnya cukup sederhana, yaitu dengan merebus daun sirsak sampai air rebusannya berwarna kecoklatan.

Sedangkan cara mengkonsumsinya, tinggal tambahkan bahan pemanis seperti gula pasir atau madu dengan takaran sesuai selera.

Dari segi medis, hasil studi atau penelitian modern mengungkap manfaat daun sirsak bagi kesehatan terbukti mampu membunuh sel kanker.

Menyembuhkan berbagai penyakit ganas seperti kista, diabetes, hipertensi, stroke serta berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan radikal bebas.

Adanya timbunan radikal bebas biasanya disebabkan oleh polusi lingkungan dan asupan makanan yang tidak sehat. Efek buruk radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan sel sehingga mempercepat penuaan kulit dan memicu penyakit.

Olahan minuman daun sirsak baik berupa teh herbal, ramuan jamu maupun jus sehat kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

Bersyukurlah bagi yang tinggal di Indonesia karena tanaman sirsak (Soursop) bisa ditemukan dengan mudah dan kamu bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional, ramuan herbal atau olahan teh secara gratis.

Khusus bagi yang tidak memiliki waktu luang untuk merebus daun tanaman sirsak, sudah ada beragam produk kesehatan yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak.

Yang perlu dicatat, ikuti aturan minum dan cara penyajiannya, serta pilihlah produk herbal yang sudah diakui Badan POM supaya kualitasnya terjamin.

Beragam penelitian modern sudah berhasil membuktikan khasiat ekstrak daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat menemukan hasil positif tentang manfaat daun sirsak untuk anti-kanker.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pengujian sudah pernah dilakukan Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM).

14Manfaat Olahan Daun Sirsak Jika Diminum Teratur

daunsirsakobatkanker.com

Membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu kesehatan organ tubuh lain. Tidak seperti obat kemoterapi, minum ramuan obat daun sirsak tidak menimbulkan efek kerontokkan rambut, penurunan berat badan atau mual-mual.

Manfaat daun sirsak juga bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh (immune system), sehingga sangat cocok untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah mengalami sakit.

Menjaga kestabilan gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes maupun tekanan darah tinggi (hipertensi).

Membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat mengobati stroke ringan, sakit punggung, eksim, wasir, kista, rematik dan asam urat.

Sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor.

Sifat penyembuhan dalam daun ini juga berguna sebagai obat anti-kejang serta menurunkan demam atau flu.

Konsumsi teh daun sirsak secara teratur berguna dalam meningkatkan stamina, mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Kandungan gizi dalam 100 gram daun sirsak yaitu 65 kkal energi, 1 g protein, 0.3 g lemak, 16.3 g karbohidrat, 27 mg fosfor, 14 mg kalsium, 0.6 mg zat besi,

0.07 mg vitamin B1, 1.0 retinol equivalen, 0.04 mg vitamin B2, 20 mg vitamin C, 14 mg natrium, 0.7 mg niacin, 278 mg kalium, dan serat pangan sebanyak 3.3 gram.

Selain diolah menjadi ramuan obat, daun sirsak segar juga bisa dibuat minuman jus sehat yang enak, kaya nutrisi dan bergizi tinggi.

Cara mengkonsumsi jus daun sirsak yang benar sebaiknya langsung di minum setelah selesai dibuat, jangan didiamkan terlalu lama karena kandungan gizi dan nutrisi penting di dalamnya bisa berkurang akibat oksidasi.

Namun apabila tidak ingin segera diminum, maka simpanlah dalam botol atau wadah kedap udara.

Jika disimpan pada lemari pendingin bisa bertahan baik selama 24 jam, sedangkan pada suhu ruangan hanya sampai 6 jam saja sebelum khasiatnya berkurang perlahan.

15Cara Merebus Daun Sirsak untuk Obat Herbal

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari rebusan daun ini, yaitu ramuan dari daun yang masih segar (baru dipetik) dan ramuan teh daun sirsak kering.

Proses pengolahan daun kering dimulai dengan menjemur daun segar selama kurang lebih tiga hari (tergantung kondisi cuaca).

Sebaiknya memilih daun yang tidak terlalu tua, bersih, tidak cacat, dan tidak berlubang di sana-sini. Baik daun kering maupun daun segar keduanya sama-sama kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa berkat kandungan mineral, enzim, dan vitamin di dalamnya.

Cara mengolah daun sirsak segar, resep untuk 1 porsi, yaitu siapkan ramuan herbal daun sirsak untuk obat (3 – 5 lembar daun segar), 4 gelas air bersih, gula atau madu sebagai pemanis

Cara mengolahnya, rebus daun segar bersama 4 gelas air bersih, gunakan api sedang. Tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Sajikan dengan pemanis, minum sekaligus.

Ingat, jangan mencampur ekstrak daun sirsak (cair atau pun padat) dengan jamu, obat-obatan, maupun ramuan herbal lain karena beresiko terjadi ketidakcocokan kimia.

Nah, selanjutnya, jika kamu ingin mencoba resep teh daun sirsak kering, kamu perlu melakukan persiapan selama 15 menit dan pengolahan selama 20 menit. Resep untuk 1 porsi dan ukuran sajian 1 gelas saji. Kalori per sajian 68.9 kkal

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 5-7 daun yang sudah kering, 1 liter air bersih, pemanis seperti gula atau madu, panci atau ketel untuk merebus daun sirsak

Cara membuat teh daun sirsak yaitu rebus 1 liter air memakai panci, ketel atau ceret. Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak kering dan kecilkan panas api.

Rebus selama kurang lebih 20 menit, pastikan memakai api kecil. Matikan kompor. Biarkan teh dingin, dan siap disajikan.

Resep ramuan teh daun sirsak ini cukup untuk tiga porsi (masing-masing 250 ml). Sebaiknya teh dihabiskan dalam satu hari (3 kali minum),

buang sisa teh rebusan daun sirsak jika tidak habis dalam sehari. Simpan dalam lemari es agar khasiatnya lebih tahan lama.

16Khasiat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

tipkecantikan.com

Bagi para wanita, tak ada salahnya jika kamu menggunakan perawatan herbal berbahan daun sirsak untuk memperoleh kecantikan alami karena daun sirsak ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti produk-produk kecantikan kimia.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan sudah teruji sejak zaman Kompeni, maka dari itu kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsinya supaya wajahmu lebih bersih. Apalagi, bagi kaum hawa kecantikan adalah aset utama.

Khasiat pertama, daun sirsak dapat membuat pencernaan lancar sehingga tubuh dapat membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh secara teratur.

Otomatis, jika buang air besarmu teratur, maka tubuhmu tidak akan menimbun banyak lemak dan tubuh akan terlihat langsing.

Caranya, kamu bisa memilih daun sirsak yang berwarna hijau dan ambil 10 lembar saja. Setelah itu, rebus daun sirsak dengan menambahkan air 3 gelas sampai nantinya tersisa satu gelas saja.

Kemudian, konsumsilah secara teratur 2 kali sehari secara rutin, maka tubuhmu dijamin akan terlihat lebih ramping.

Khasiat selanjutnya, daun sirsak juga dapat menumpas jerawat, flek hitam, dan komedo pada wajah sehingga wajahmu akan lebih bersih dan bersinar.

Cara melakukan perawatan wajah dengan menggunakan daun sirsak, yakni petik 6 lembar daun sirsak dan kemudian tumbuhlah hingga halus.

Setelah itu, mencampurkan air mawar pada daun sirsak yang sudah ditumbuk dan gunakan sebagai masker pada wajahmu.

Kamu juga bisa menggunakan daun sirsak untuk mengencangkan kulit dan terlihat lebih awet muda dengan cara merebus daun tersebut dan minumlah air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin.

Setelah mengetahui informasi tentang manfaat daun sirsak untuk kecantikan, maka para wanita bisa langsung mempraktekannya di rumah agar kecantikannya semakin sempurna.

17Sejarah Penemuan Khasiat Daun Sirsak sebagai Antikanker

jualdaunsirsak.net

Penemuan khasiat daun sirsak sebagai antikanker itu berawal dari penelitian di Universitas Purdue, Amerika Serikat, yang berhasil membuktikan buah sirsak efektif membunuh sel-sel kanker.

Para ilmuwan dari Amerika Utara mempelajari pohon legendaris yang memiliki kemampuan penyembuhan ini.

Melalui puluhan tes in vitro, para ilmuwan menemukan kemampuan daun Sirsak untuk membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker yang berbeda, termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan kanker pancreas.

Penelitian laboratorium menunjukkan hal itu terjadi 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh sel kanker usus besar daripada adriamycin, obat kemoterapi yang umum digunakan.

Daun Sirsak (Graviola), tidak seperti kemoterapi, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Secara ilmiah, kemampuan daun sirsak sebagai obat penyembuh kanker sebenarnya sudah berhasil dianalisa oleh para ahli farmasi di Amerika pada medio tahun 1976.

Analisa tersebut didukung oleh sebuah tulisan yang tercantum dalam memo internal di National Cancer Institute pada tahun 1976.

Sebuah pohon dengan kekuatan penyembuhan akan diketahui oleh publik Amerika sekitar tahun 2000, setelah jutaan nyawa sudah hilang karena kanker dan  efek penolong terbesar, kemoterapi.

Di Asia, penelitian serupa dilakukan di Korea Selatan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Journal of Natural Products menyatakan,

studi yang dilakukan di Catholic University di Korea Selatan menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia bernama annonaceous acetogenin yang terkandung di dalam graviola, mampu memilih, membedakan, dan membunuh sel kanker yang berkembang di usus besar.

Beberapa bagian dan pohon ini, seperti kulit kayu, akar, daun, daging buah, dan bijinya, selama berabad-abad dijadikan obat oleh suku bangsa itu.

Graviola atau sirsak diyakini masyarakat Amazon sebagai obat sakit jantung, asma, gangguan fungsi lever (hati), dan rematik.

SHARE