Kecap yang kita tahu mungkin hanya berfungsi sebagai penyedap masakan. Namun kecap manis yang memang identik dengan lidah indonesia ternyata sangat bermanfaat juga untuk kesehatan.

Sesungguhnya kecap juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Bahan utama pembuatan kecap yaitu kedelai hitam, yaitu biji-bijian yang datang dari tanaman liar di cina utara atau dikenal dengan nama latin glycine max merrit.

Kedelai hitam memang bermanfaat bagi tubuh. Selain penambah cita rasa makanan mengonsumsi kecap juga akan menyehatkan tubuh. Tapi tatap dengan batasan yang wajar ya.

Berikut ini beberapa manfaat kecap manis bagi kesehatan tubuh

1Kaya Akan Protein

darsatop.lecture.ub.ac.id

Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Begitu pula dengan kecap.

Ya, kecap yang merupakan olahan dari kacang kedelai merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang bergizi, karena salah satunya adalah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Kandungan protein ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi perkembangan sel dan jaringan tubuh, serta otot tubuh.

2Mengandung Gizi Mikro

sindyelfas.blogspot.com

Zat gizi mikro yang amat penting untuk kesehatan, layaknya mineral iodium, zat besi, serta vit. a. ketiga zat gizi mikro tersebut amat butuh ditambahkan, berhubung tetap banyaknya problem gizi akibat kekurangan zat-zat tersebut.

Sekarang ini, kita dapat gampang mendapatkan banyak kecap yang sudah difortifikasi dengan mineral iodium, zat besi, serta vit. a. hingga, sekurang-kurangnya bisa menolong mengentas dari beragam kekurangan gizi.

3Mengandung Asam Amino

radarpena.com

Asam amino ini ada berbahan baku utama kecap yakni yaitu kedelai. asam amino yang ada pada kedelai yaitu leusin serta lisin.

Keduanya merupakan asam amino yang amat dibutuhkan oleh enzim pemecah kedelai untuk membuahkan kecap dengan cita rasa yang enak, lezat, serta khas.

Perihal ini mempunyai keunggulan tersendiri dikarenakan kedelai mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, terlebih protein serta karbohidrat.

4Melancarkan Pencernaan Tubuh

infolampung.com

Sebagai salah satu bahan yang dibuat dari hasil pengolahan biji bijian, maka sudah pasti kecap juga memiliki kandungan serat.

Dengan adanya kandungan serat ini, maka manfaat kecap berikutnya yang juga baik untuk tubuh kita adalah dapat membantu melancarkan pencernaan kita.

Dengan begitu, maka anda dapat terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, dan perut yang terasa kembung ataupun mual.

5Memiliki Kandungan Zat Besi

www.fussfreecooking.com

Selain protein, manfaat kecap berikutnya berasal dari kandungan zat besi yang ada pada kecap. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang juga diperlukan oleh tubuh kita.

Zat besi sendiri sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah kita, dan juga dapat membantu mencegah munculnya gejala anemia atau kekurangan darah, seperti tubuh yang menjadi lemas, mudah terserang penyakit, dan juga mudah merasa lemas dan juga lelah.

6Dapat Menurunkan Kolestrol

intisari-online.com

Ternyata, manfaat kecap lainnya adalah mampu untuk membantu menurunkan kolestrol. Ya, jadi bagi anda yang sering merasa khawatir dengan kadar kolestrol.

Terutama kolestrol jahat di dalam tubuh anda, maka cobalah untuk rajin menambahkan kecap ke dalam menu makanan sehari-hari anda, karena ternyata, kecap mampu untuk membantu menjaga dan juga menurunkan kadar kolestrol anda apabila terlalu tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here