Buah manggis tentu semua sudah tahu ya guys, buah ini sudah banyak dikenali orang, apalgi di Indonesia, buah ini sudah banyak ada di pasaran. Banyak orang yang suka mengkonsumsinya secara langsung, secara buahnya memang manis dan segar, tak lupa banyak vitamin juga dalam kandungan buahnya.

Tapi jangan salah ya, ternyata yang lebih bagus dari buah manggis itu bukan buahnya lho, tapi kulitnya, yup, kulit buah manggis ternyata luar biasa, banyak para ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk makan kulit manggis, tentu di ekstrak dulu biar jadi minuman guys.

Ekstrak kulit buah manggis hampir bisa dikatakan ajaib, banyak orang yang belum tahu tentang ini, ketika makan buah manggis, kulitnya di buang begitu saja, padahal justru kulitnya ini aduhai khasiatnya. So, ketika habis makan manggis kulitnya jangan dibuang ya, di jus atau diapain gitu pokoknya biar jadi cair dan bisa diminum.

Buah manggis memiliki warna kulit ungu kehitaman dengan daging buah berwarna putih susu. Rasanya yang manis banyak disenangi oleh masyarakat Indonesia secara umum. Tidak hanya segar, tapi juga bikin mulut keenakan, hehe

Buah dengan nama ilmiah garcinia mangostana L. ini rupanya memiliki banyak zat yang berfungsi sebagai obat. Kandungan senyawa xanton tinggi serta beberapa zat lain banyak ditemukan pada kulit manggis.

Kulit buah manggis memang memiliki rasa yang pahit asam ketika dikonsumsi secara langsung. Walau demikian, kamu perlu mencobanya untuk merasakan khasiat dan manfaat kulit manggis.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin.

1Kanker

dadiobatkankerusustradisionalblog.wordpress.com

Yup, manfaat yang pertama dari kulit manggis yaitu dapat menyembuhkan kanker, secara kanker ini termasuk penyakit yang ganas, penyakit yang sering mematikan banyak orang, bahkan orang rela menghabiskan semua hartanya demi sembuh dari kanker.

Kanker memang menjadi momok menakutkan bagi siapapun, secara penyakit ini memang akan menghabiskan banyak uang, berpotensi kematian dan tentunya membuat hidup orang jadi gak tenang, pokoknya penyakit yang gak diinginkan semua oranglah.

Tapi tenang guys bagi kamu yang punya kanker, atau mungkin teman dan saudara,kamu bisa terapi ekstrak kulit manggis ini sebagai obat alternatif jikalau memang biaya dokter mahal dan kamu tidak sanggup membayar..

Senyawa xanton yang berada pada kulit manggis terbukti cukup tinggi. Senyawa inilah yang berkhasiat mencegah sekaligus menghancurkan sel kanker yang menggerogoti tubuh.

Kandungan xanton memiliki sifat antiproliferasi danapoptosis yang menjadi senjata ampuh terhadap perkembangan sel kanker, sehingga sel kanker tidak akan bisa berkembang ke dalam tubuh.

Jadi jangan ragu dengan kulit manggis ini, selain biaya nya tidak semahal berobat ke dokter, kamu juga tidak akan terkena efek samping dari obat kimia, secara memang ekstrak kulit manggis ini tidak ada efek sampingnya, efek sampingnya ya jadi tambah baik dan sehat saja.

2Penyakit Jantung

kompasiana.com

Manfaat berikutnya dari ekstrak kulit manggis adalah menyembuhkan penyakit jantung, wuih hebat kan, penyakit berat itu lho. Mungkin bapak, ibu atau saudara yang sudah terkena gejala atau mungkin sudah di vonis punya penyakit jantung, jangan ragu minum ekstrak kulit manggis, pasti dech akan terasa khasiatnya.

Selain senyawa xanton, buah manggis juga mengandung sejumlah mineral yang penting dibutuhkan tubuh. Antara lain seperti kalium, magnesium, mangan dan tembaga. Kalium memiliki fungsi membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Dengan demikian, jika diantara keluargamu memiliki penyakit stroke atau jantung koroner. Buah manggis sangat tepat bila dijadikan sebagai pilihan utama menu makanan harian, jangan sampai tidak ya, semoga cepat sembuh ya.

3Diare

udoctor.co.id

Memang mantap ya ekstrak kulit manggis, selain tadi buat menyembuhkan kanker dan penyakit jantung, ekstrak kulit manggis juga dapat menyembuhkan penyakit diare. Diare ini bisa dikatakan salah satu penyakit keluarga, karena memang diare ini merupakan salah satu penyakit yang sering kali dialami oleh para keluarga.

Penyakit diare memang bukan tergolong penyakit berat, tapi bukan berarti juga disepelekan begitu saja, walau dengan obat warung bisa sembuh, tapi bukan berarti ini disepelekan begitu saja lho, diare harus ditangani dengan cepat dan benar.

Di Filipina, buah manggis sudah menjadi obat alami bagi warganya yang mengalami berbagai macam penyakit. Dengan cara merebus kulit manggis lalu diminumkan kepada orang yang sakit dan salah satunya adalah penyakit diare. Sayang di Indonesia belum diterapkan hal ini, padahal di Indonesia sendiri banyak sekali stok buah manggis.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam kulit manggis yang telah direbus dalam waktu yang cukup lama dapat mengobati diare, disentri, bahkan sariawan.

Diare itu sendiri itu sendiri biasanya disebabkan karena alergi dari gula fruktosa atau laktosa, memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus secara berlebihan dapat menyebabkan diare karena membuat usus kaget.

Kebanyakan diare disebabkan oleh beberapa infeksi virus namun terkadang juga seringkali akibat dari racun bakteria. Oleh sebab itu menjaga kebersihan makanan, minuman dan kebersihan air menjadi sangat penting agar kita dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Sebagai penambah pengetahuan kita, kulit manggis ini juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit keluarga, tidak hanya diare, disentri atau pun sariawan saja, tapi juga bisa mengatasi seperti keracunan makanan, masalah sesak nafas dan mampu menyembuhkan luka di tenggorokan.

4Penuaan Dini

obatalergialami.com

Berikutnya manfaat hebat dari kulit manggis yaitu dapat mengatasi penuaan dini, keren kan? kamu yang merasa sudah mengalami penuaan dini, kamu haru scoba ekstrak kulit manggis guys, pasti dech langsung terpincut karena efeknya.

Biasanya kulit yang mulai mengerut di beberapa bagian wajah merupakan salah satu tanda kamu telah mengalami penuaan dini, tentu hal ini tidak diinginkan oleh kamu yang masih dalam usia yang belum dapat disebut tua. Selain pengerutan, kulit yang terlihat kusam dan kering menjadi tanda penuaan dini, harus segera diatasi ya guys.

Atau mungkin kamu yang jerawatan, biasanya akan mengurangi rasa percaya diri kamu juga bisa kok perawatan dengan kulit manggis, caranya juga gak sulit-sulit amat, begini caranya guys.

Satu buah kulit manggis dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Setelah kering, kulit manggis diparut atau ditumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 4 sdm minyak zaitun atau air putih, dan diaduk hingga merata. Minyak zaitun ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi pada kulit.

Setelah wajah dibersihkan, masker kulit manggis yang sudah diolah ditempelkan pada wajah secara merata dan didiamkan selama 30-60 menit hingga masker mengering. Sesudah itu, wajah dibersihkan dengan air biasa, lalu wajah dikompres dengan air es sehingga pori-porinya menutup. Jika rutin dipakai seminggu sekali, maka perlahan-lahan jerawat dan noda bekas jerawat akan hilang.

Kandungan anti-oksidan dalam kulit manggis bisa menjadi salah satu alternatif dalam peremajaan kulit. Hasilnya  akan terlihat lebih kencang dan bersinar. Kulit manggis dapat meregenerasi sel kulit mati dengan sel kulit yang baru.

5Sistem Kekebalan Tubuh

obatkekebalantubuhk3u.file.wordpress.com

Manfaat berikutnya dari kulit manggis yaitu untuk sistem kekebalan tubuh, yup, buat kamu yang tidak sakit, boleh banget kok minum ekstrak kulit manggis, apalagi kamu yang gampang sakit, dijamin dech setelah minum ekstrak kulit manggis kamu akan lebih strong, segar dan berenergi.

Kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam kulit manggis sangat ampuh untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit. Selain itu, juga bermanfaat untuk membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Untuk itu kulit manggis sangat penting dalam proses peningkatan kekebalan tubuh manusia. Sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

6Diabetes

tropicanaslim.com

Khasiat berikutnya dari kulit manggis adalah mengobati diabetes, tahu sendiri ya guys, diabetes ini juga merupakan penyakit yang mematikan banyak orang, orang juga sangat hati-hati sekali dengan penyakit ini, secara penyakit ini memang dampaknya buruk bagi kesehatan tubuh.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang Indonesia . Yaitu meningkatnya kadar gula dalam darah dalam tubuh orang tersebut. Hal ini disebabkan kebiasaan orang Indonesia dalam mengkonsumsi gula lebih dari satu sendok teh dalam sehari.

Diabetes juga merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kronis yang lain. Contohnya seperti jantung koroner dan stroke. Salah satu khasiat kulit manggis adalah dapat membawa kadar gula dalam darah dan mengeluarkannya melalui air seni.

Tentunya hal ini dapat menurunkan dan mengurangi resiko orang-orang yang berpotensi memiliki penyakit diabetes mellitus.

7Mengatasi Gangguan Haid

obatapotek.com

Khasiat selanjutnya dari kulit manggis adalah mengatasi penyakit bulanan wanita, tidak hanya mengatasi penyakit-penyakit pada umumnya saja, kulit manggis juga mampu mengatasi rasa yang terlalu nyeri sata wanita sedang haid bulanan.

Bagi sebagian besar wanita, masa haid sering diiringi dengan rasa sakit yang tidak tertahankan pada bagian perut.

Hal ini sangat mengganggu sekali karena terkadang dapat mengganggu aktivitas mereka. Selain itu gangguan haid yang lain adalah telat datang bulan dan haid yang tidak teratur.

Ternyata dengan memanfaatkan kulit manggis dapat membantu melancarkan haid dan mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Sehingga kamu dapat beraktifitas tanpa khawatir mengalami gangguan haid lagi.

8Menurukan Kolestrol

ahlikolesterol.com

Jangan salah ya guys, kulit manggis ternyata juga bisa menurunkan kolestrol yang tinggi dalam tubuh seseorang, sifat senyawa dalam kulit manggis ini memang bersifat menghilangkan sesuatu yang tidak beres dalam tubuh termasuk koletrol yang ada dalam tubuh, sekalipun itu juga kolestrol jahat.

9Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

caracepatmenyembuhkanpenyakit.web.id

Bagi kamu yang mempunyai darah tinggi, atau mungkin keluarga kamu, kamu harus coba sarankan minum ekstrak kulit manggis, karena itu juga dapat menurunkan darah tinggi yang dalam tubuh.

Ingat ya, penyakit darah tinggi ini biasanya sulit sekali turunnya, beda dengan darah rendah, kalau darah rendah mudah untuk dinaikkan. Darah tinggi akan turun bersamaan dengan jiwa yang tenang atau bahagia, tanpa itu orang akan kesulitan, karena sebagian darah tinggi disebabkan karena pikiran.

Tapi jangan khawatir, dengan rutin minum ekstrak kulit manggis ini plus rasa tenang dalam pikiran seseorang akan cepat turun kok.

10Memperkuat Pembuluh Darah

infoherbalis.com

Khasiat berikutnya kulit manggis adalah dapat memperkuat pembuluh darah, hal ini ada kaitannya dengan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh diatas guys, orang yang pembuluh darahnya kuat, tidak akan mudah kena sakit, tidak mudah terkena serangan jantung.

Memang sich, buat ngecek pembuluh darah kita bagus atau tidak itu gak bisa, yang jelas ketika gampang sakit masalah darah berarti pembuluh darahnya lemah, nah cara mengatasinya dengan minum kulit manggis ini guys.

11Memelihara Kesehatan Pencernaan

alllessonhere.wordpress.com

Buat kamu yang biasanya bermasalah dengan kesehatan pencernaan, kamu bisa rutinkan minum kulit manggis ini, pencernaan memang kadang bikin ribet dan pusing, secara tiap hari makan, tiap hari butuh asupan, tiap hari perut harus diisi sesuatu, jadi kalau pencernaan bermasalah pasti tidak enak banget kan.

Beberapa contoh masalah kesehatan pencernaan seperti penyakit radang usus besar, penyakit GERD dan peradangan usus besar ataupun kecil.

12Menjaga Kesehatan Wanita

kebaikanalam.com

Setelah tadi diatas disebutkan kulit manggis bisa mengurangi nyeri haid yang berlebihan, ternyata kulit manggis tidak berhenti manfaatnya disitu saja lho, kulit manggis juga bermanfaat bagi kesehatan khusus wanita seperti meminimalkan gejala PMS, menurunkan pembengkakan saat menstruasi, meringankan sakit pada tendon, otot atau ligament dan meringankan kesulitan buang air kecil.

13Menjaga Produktivitas Lelaki

dapurherbalku.wordpress.com

Manfaat dari kulit manggis ini tidak hanya khusus pada wanita saja, tapi juga untuk khusu lelaki guys, yup, secara memang bagus banget kulit manggis ini, jadi bagi para lelaki sehat pun juga akan mendapat efek samping yang baik dari kulit manggis ini.

Manfaat khusus untuk para lelaki yaitu mencegah terjadinya kanker prostat
dan mencegah terjadinya kemandulan. Kanker prostat ini adalah kanker yang tumbuh di bagian prostat lelaki, sementara untuk mencegah kemandulan juga bisa, karena jaman sekarang kemandulan pria semakin tinggi, bany yang tidak bisa produktif lagi karen pola hidup yang buruk, alhasil produktifitas tidak terjaga.

Maka untuk mengembalikan atau mencegahnya lelaki bisa minum kulit manggis ini, tapi jika tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat ya percuma saja, gaya hidup yang buruk harus ditinggalkan, seperti merokok, minum minuman keras dan sebagainya, karena tanpa ditinggalkan kulit manggis tidak akan maksimal manfaatnya dalam mencegah kemandulan.

14Mengatasi Sesak Nafas

obattradisionalasamlambungtinggi.com

Khasiat berikutnya dari kulit buah manggis adalah mengatasi sesak nafas, mungkin agak terasa aneh ya, sesak nafas yang biasanya butuh perawatan khusus, tapi ini bisaditangani dengan kulit manggis.

Yup, dengan terapi kulit manggis sesak nafas bisa semakin hilang, tapi terapinya harus benar-benar rutin, tidak terputus dan ini butuh waktu yang agak panjang, walaupun begitu hasilnya juga bagus kok.

15Meredakan Insomnia

expertbeacon.com

Yup, insomnia tahu kan guys, itu tuh penyakit susah tidur. Penyakit ini memang disebabkan paling utama adalah pikiran, ketika pikiran tidak tenang, gusar dan selalu berpikir maka akan menyebabkan insomnia.

Sebenarnya insomnia ini bukan penyakit kok, cuma kebiasaan buruk saja, asalkan orang itu mau tenang dan berpikir senang insomnia bisa hilang, nah kulit manggis ini bisa membantu pikiran kamu lebih tenang, coba dech dicoba di rumah ya

16Membantu Penurunan Berat Badan

bundasehat.com

Bagi kamu yang ingin dietnya lebih cepat, lebih mantap, kamu bisa mengandakan kulit manggis lho, tapi dengan syarat asal makan nasi putih atau yang manis-manis jangan terlalu banyak, percuma dong, kaau sudah terapi kulit manggis, tapi makan kamu masih banyak.

Memang sich tidak minum kulit manggis juga bisa diet, tapi dengan kulit manggis kesehatan kamu akan terjaga, tidak seperti diet yang ujung-ujungnya membuat sakit.

17Mengurangi Sakit Gigi

sekedarcatatan.net

Nah ini dia guys, khasiat berikutnya dari kulit manggis adalah mengurangi sakit gigi kamu yang bolong-bolong itu, gak percaya? memang sich ketika kamu sakit gigi trus minum kulit manggis gak bisa langsung reda dan sakitnya hilang begitu saja.

Ini butuh kesabaran pastinya, jika kamu mau terapi dengan rajin bin istiqomah minum ekstrak kulit manggis pasti gigi kamu yang sering kambuh itu akan terkuangi sakitnya jika sedang kambuh, ditambah dengan obat sakit gigi, pasti besok-besoknya berangsur sembuh.

18Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

denatureshop.com

Khasiat kulit manggis selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula dalam darah, biasanya penyakit gula ini berujung diabetes, duh bahaya pokoknya, dan biasanya para orang tua yang terkena penyakit ini.

So, bagi kamu yang tahu hal ini, sebarin info ini pada mereka yang terkena gula tinggi, informasi ini sangat berguna lho, jika mereka sembuh pasti dong kamu kecipratan pahala dan kamu bermanfaat bagi mereka, hehe

19Membantu Meringankan Penyakit Wasir

rumahwasir.co.id

Manfaat dan khasiat berikutnya dari kulit manggis adalah mampu membantu meirngankan penyakit wasir, yup, wasir ini kaitannya dengan masalah pencernaan dalam tubuh, dengan senyawa yang hebat yang terkandung di dalam kulit manggis memang mampu membuat pencernaan jadi lebih baik, alhasil wasir pun juga teratasi.

20Membasmi TBC

jellygamatgoldgplus.com

Manfaat berikutnya dari kulit manggis adalah mampu membasmi TBC, apa itu TBC?Yup, Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV.

Penyakit ini cukup meraja lela di Indonesia lho guys, negara kita termasuk lima terbesar di asia tenggar yang terkena penyakit TBC, ngeri kan. Dari datanya jumlah pengidap yang mencapai 305.000 jiwa pada tahun 2012.

Nah, kulit manggis ini adalah salah satu solusi buat obatnya guys.

21Membantu Menyembuhkan Luka

panicface.deviantart.com

Yup, khasiat berikutnya yaitu dapat menyembuhkan luka, tapi bukan berarti sembuh secara langsung ya, prosesnya jika kamu terluka luar di bagian kulit, maka senyawa kulit manggis akan membantu dalam regenarasi sel baru, sehingga luka yang berada di kulit luar akan segera sembuh dan kembali seperti semula.

Tidak hanya membantu dalam regenerasi sel baru, kulit manggis akan memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga sel dalam tubuh yang tidak berguna akan terus digantikan dengan sel yang baru, wow, keren kan.

22Meningkatkan Stamina dan Energi

blog.codyapp.com

Yup, benar sekali, manfaat kulit manggis memang banyak sekali, salah satunya mmapu meningkatkan stamina dan energi, khususnya bagi kamu para lelaki, yang sering loyo dalam urusan ranjang, kamu bisa terapi dengan kult manggis.

Tentu tidak hanya untuk urusan itu saja, bagi kamu yang suka berolahraga, yang bekerja berat juga bisa. Jadi ini sifatnyabisa ke siapa saja, asalkan ini dilakukan dengan rutin dan sabar.

23Mencegah Infeksi Sistem Pernafasan dan Paru-Paru

fortunalab.com

Manfaat selajutnya adalah mencegah sistem infeksi pernafasan dan paru-paru, bagi kamu yang mengalami gangguan keduanya kamu bisa terapi dengan kulit manggis, asalkan kamu rajin dan rutin, kamu akan terbebas dari namanya infeksi, secara infeksi itu memang berbahaya, semua orang gak akan mau dengan namnaya infeksi.

24Mengurangi Sendi Pinggul

beritasatu.com

Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang sudah berumur, banyak orang yang sudah berumur mengeluhkan pinggul nya sakit, nyeri sendi dan sebagainya. Nah, kulit manggis mampu juga untuk mengurangi rasa nyeri itu, asalkan minum dengan rajin, ditambah dengan banyak gerak, pasti sendi pinggulnya dapat terkurangi secara maksimal.

25Mencegah Penyakit Parkinson

terapipengobatanparkinson.wordpress.com

Hal berikutnya dari khasiat kulit manggis adalah mencegah penyakit parkinson, apa itu parkinson? parkinson adalah penyakit syaraf.

Lebih lengkapnya penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

Kalau boleh dibilang penyakit ini termasuk penyakit yang bikin repot guys, pokoknya kamu gak pengen dech.

Nah itu dia banyak sekali manfaat dari kulit manggis, eh tapi sebelum selesai kamu harus baca ini dulu ya agar kamu semakin mantap dengan kulit manggis

26Efek Konsumsi Kulit Manggis

kapsulkulitmanggis.org

Kulit manggis disebut diatas memang tidak ada efeknya, tapi yang dimaksud tidak efeknya adalah tidak efek yang berat, kalau efek kecil pasti ada dan itupun tidak begitu berbahaya bagi kesehatan manusia. Berikut daftar efek samping yang mungkin ditimbulkan pada saat konsumsi kulit manggis.

Yang pertama adalah alergi ringan. Tipe alergi seperti kulit memerah, membengkak, gatal-gatal dan bersisik, ini tidak akan lama, hanya di awal-awal saja dan ini dikarenakan tubuh sedang berproses adaptasi  menerima zat yang berada dalam kulit manggis.

Yang kedua adalah alergi berat. Seperti sakit kepala, nyeri sendi, dan mual, jika mengalami ini ketika mengkonsumsi kulit manggis, lebih baik hentikan dulu ya guys, takutnya tubuh kamu gak cocok atau tidak kuat.

Tapi pada dasarnya setiap orang yang sehat tidak akan mengalami alergi yang disebut diatas, hanya saja setiap orang memiliki ciri tubuh masing-masing, setiap orang berbeda kekuatan fisiknya, juga ketahanan di dalam tubuhnya.

27Cara Membuat Ramuan Kulit Manggis

purwatiwidiastuti.wordpress.com

Setelah kita  mengetahui manfaatnya ada baiknya membuat jus kulit manggis sendiri, caranya sangat mudah kok. Begini cara membuatnya.

Kulit manggis (2-3 buah) – jumlah ini dapat disesuaikan kebutuhan, ambil bagian dalam, jangan ambil bagian luarnya yang keras, blender kulit, dapat dicampur dengan susu, alpukat, dan coklat sesuai selera, setelah halus, kulit manggis tersebut sudah dapat disajikan.

Gak sulit kan, yang perlu kamu ingat juga dalam memilih buah manggis juga harus teliti ya, jangan buah yang sudah mau busuk atau tidak layak dikonsumsi, cari buah manggis yang bersih dan layak dikonsumsi.

28Bagaimana dengan Produk Ekstrak Kulit Manggis?

purwatiwidiastuti.wordpress.com

Namanya produk itu tidak semuanya menjamin, kadang kala dalam produksinya menggunakan kulit manggis yang tidak layak pakai, alhasil manfaatnya pun juga kurang, belum bisa dipastikan juga kebersihannya.

Belum lagi kalau ada campuran bahan kimianya, apapun alasannya lebih baik memang membuat sendiri secara alami daripada beli di produsen yang belum terpercaya atau masih abal-abal.

Untuk itu disarankan lebih baik membuat minuman kulit manggis sendiri di rumah, dengan membuat sendiri, kita bisa memilih buah yang bagus, bisa menjaga kebersihan dan tentunya lebih hemat dalam pengeluaran.

Yup, setelah panjang dan lebar kita bahas manfaat sampai diatas ini, tentu kamu sudah mendapat pengetahuan yang banyak tentang kulit manggis, semoga bermanfaat bagi kita ya.