Memasuki bulan Ramadhan, tentu banyak hal yang ingin dicapai atau kamu telah menuliskan target-target yang ingin kamu penuhi di bulan suci tersebut.

Biasanya salah satu target yang ingin dcapai adalah khatam Al-Qur’an. Ya, memang khatam Al-Qur’an telah menjadi keinginan banyak umat muslim ketika memasuki Ramadhan.

Ada yang secara konsisten melaksanakan target tersebut namun tidak jarang juga yang gagal di tengah jalan.

Al-Qur’an merupakan kalam Allah dan merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim kita memiliki kewajiban untuk mempelajari dan mengamalkannya.

Nah, apakah kamu juga memiliki target untuk khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan? Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan.

1Kuatkan dan Sering Perbaharui Niat

wallpapermotivasi.blogspot.com

Niat memegang peranan pentng, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita tentang pentingnya mempunyai niat.

Dengan adanya niat maka akan ada kekuatan untuk senantiasa melakukan apa yang kita niatkan.

Tanamkan niat dalam dirimu untuk mengkhatamkan Al-Qur’an, setelah ada niat jangan lupa untuk sering memperbaharuinya.

2Jangan Merasa Kewalahan

bahasa.aquila-style.com

Melihat jumlah halaman atau panjangnya beberapa surat Al-Qur’an membuat kebanyakan orang merasa kewalahan dulu ketika ingin khatam Al-Qur’an.

Segera hilangkan pikiran negatif tersebut, yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya. Saat kamu mengerjakan usaha-usaha tersebut tanpa mengeluh percayalah target khatam mu akan tercapai.

3Rencanakan Rutinitas dan Waktu Membaca

www.bisa.or.id

Mulailah merencanakan rutinitas dan waktu membaca Al-Qur’an meskipun kamu tengah sibuk. Rencana tersebut hendaknya yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Al-Qur’an minimal satu kali dalam satu bulan, misal dengan membagi setiap juz perhari.

Mungkin kamu bisa membacanya saat jam istirahat, ketika ada waktu luang, bahkan setiap selesai sholat fardhu membacanya sedikit demi sedikit.

4Ajak Teman Untuk Tadarus Bersama

www.darul-huffaz.com

Kamu dapat mencari teman yang memiliki keinginan sama untuk khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Misal teman sekolah, teman kerja bahkan bisa juga saudaramu.

Teman tersebut dapat menjadi motivator bagimu untuk mempercepat langkah dalam khatam Al-Qur’an. Mereka bisa menjadi pengingat akan tujuan mu untuk khatam Al-Qur’an.

5Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

santrenquran.com

Salah satu waktu terbaik membaca Al-Qur’an adalah setelah sahur atau satu jam sebelum kamu berangkat ke tempat kerja.

Jangan lewatkan membaca Al-Qur’an di pagi hari. Alangkah lebih baik sediakan Al-Qur’an mini sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Nah, saat waktu luang seperti menunggu antrian atau menunggu bus di halte, kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan membaca Al-Qur’an.

6Sabar, Konsisten dan Selalu Berdoa’an Kepada Allah

yofaputra.files.wordpress.com

Setelah kamu menyusun rencana maka laksanakan rencana tersebut dengan konsisten. Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Allah agar keinginanmu mendapat kemudahan dari Allah.

Semoga bermanfaat.