Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Bahkan seorang Nabi dan malaikat tidak ada yang mengetahuinya.

Namun tanda-tanda akan datangnya hari akhir tersebut telah disebutkan oleh Rasulullah SAW. Sebenarnya kiamat kecil atau kiamat sugra telah terjadi di sekitar kita. Seperti peristiwa yang terjadi pada alam dan termasuk manusia.

Contohnya peristiwa gempa bumi, banjir, tanah longsor, tsunami, atau meninggalnya seseorang.

Disadari atau tidak banyak sekali tanda-tanda kiamat kecil yang telah terjadi di muka bumi ini dan telah kita jumpai. Apa sajakah tanda-tanda itu?

Pertama, zina merajalela. Banyak sekali kasus tentang perzinahan yang sering kita dengar atau kita lihat di tayangan media massa bahkan di dunia maya yang arusnya semakin kuat seolah tak terbendung.

“Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar (keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.” (Sahih Muslim)

Kedua, merajalelanya alat musik. Kita tahu bahwa banyak sekali sekarang ini musik dan alat musik yang sangat digemari banyak orang.

Kita bisa lihat di tayang-tanyang televisi banyak program dan acara yang diwarnai dengan music bahkan penyanyinya adalah wanita.

“Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. “Ada yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah bilakah ini terjadi? Beliau menjawab, “Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita.” (Ibnu Majah)

Ketiga, menghias masjid dan membanggakannya. “Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid.” (Riwayat-Nasai)

Keempat, jumlah wanita lebih  banyak dibandingkan dengan pria. Kita tahu bahwa sekarang ini jumlah wanita lebih banyak daripada pria.

Keenam, Negara Arab menjadi padang rumput dan sungai. “Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai.” (Sahih Muslim)

Kita mendengar beberapa waktu terakhir ini bahwa di bagian negara Arab terjadi salju, maka secara tidak langsung ia membentuk sungai.

Dan masih banyak lagi tanda-tanda kiamat kecil lainnya. Pertanda itu sudah kita rasakan sekarang. Semoga bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa pasti akan datang tanda-tanda kiamat besar dan hari akhir itu pasti terjadi.