Segala sesuatu pasti ada masanya, tidak ada yang abadi. Begitu juga kehidupan ini, segala yang ada di muka bumi akan berakhir pada waktu yang telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa.

Berakhirnya kehidupan dunia ini merupakan kiamat besar atau kiamat kubra.  Kiamat kubra adalah peristiwa hancurnya alam semesta dengan semua isinya termasuk bumi, matahari maupun planet-plenet.

Dalam Q.S Al-Qori’ah ayat 4-5, kiamat kubra ini digambarakan, “Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan”

Kiamat kubra ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil. Lantas kapan terjadinya kiamat kubra?

Tidak ada yang tahu kapan pastinya terjadi kiamat kubra. Bahkan Rasulullah pun tidak mengetahuinya, hanya Allah yang tahu.

Akan tetapi Rasulullah SAW telah memberitahu tanda-tanda sebelum datangnya hari kiamat. Berikut beberapa tanda-tanda kiamat besar atau kiamat kubra yang akan terjadi di saat hampir tibanya hari kiamat.

Pertama, Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit di kalangan orang-orang beriman seperti flu dan akan mematikan semua orang kafir.

Kedua Dajjal, ia akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan.

Ketiga, binatang besar keluar dari Bukit Shafa di Mekah yang akan berbicara bahwa manusia tidak beriman lagi kepada Allah.

Keempat, matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Pada saat itu Allah tidak lagi menerima iman orang kafir dan taubat orang berdosa.

Kelima, turunnya Nabi Isa ke permukaann bumi. Beliau akan mendudkung pemerintahan Imam Mahdi pada masa itu dan membunuh Dajjal.

Keenam, kaluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang membuat kerusakan di muka bumi. Selanjutnya terjadi gempa bumi di Timur dan di Barat.

Munculnya api besar dari arah Yaman yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar.

Pada prinsipnya tanda-tanda kiamat kubra memiliki waktu yang sangat singkat dan proses kajadiannya begitu cepat.

Jika salah satunya telah terjadi, maka yang lainnya segera menyusul.

“Keluarnya tanda hari kiamat itu adalah sebagian demi sebagian beruntun seperti rangkaian marjan yang dirangkai dengan tali.” (HR. Al Haitsani)

Itulah tanda-tanda kiamat besar, semoga bisa menjadi renungan bagi kita agar selalu ingat akan akhirat sehingga kita semangat dalam menjalankan ibadah dan kebaikan.