Rukun iman yang ada 6 poin adalah rukun keimanan yang menegaskan seseorang itu adalah muslim yang beriman dan bertakwa atau tidak.

Bisa dikatakan bahwa rukun iman menjadi dasar atau pondasi keimanan seseorang akan hal-hal yang telah mutlak ditentukan atau ditakdirkan oleh Allah.

Salah satu rukun iman adalah tentang hari akhir atau hari kiamat. Dimana pada hari tersebut berakhirlah seluruh kehidupan di dunia ini, dan berganti menjadi kehidupan abadi di akhirat.

Semua yang ada di dunia, alam semesta, hancur berantakan, entah bagaimana nanti rupa kiamat namun banyak ulama yang menafsirkan bahwa semua komponen alam semesta akan bertabrakan.

Dan dari hasil riset dan perhitungan dari para ahli sains memang dibenarkan bahwa dunia dans eisinya kelak akan hancur lebur oleh suatu kehancuran alam semesta, dengan menelaah ciri-ciri yangs emakin dekat.

Sesungguhnya dalam Islam sendiri, kiamat ada dua, yaitu kiamat sughra (kecil) dan kiamat kubro (besar).

Kiamat sughra adalah kiamat yang berskala kecil seperti bencana alam dan beberapa kehancuran yang menyebabkan banyak korban jiwa melayang namun tidak semuanya.

Seperti kebakaran hutan, letusan gunung berapi, tanah longsor, tsunami, banjir, gempa bumi, dan sebagainya.

Sedangkan kiamat kubro adalah kiamat besar akhir zaman kelak, dimana Malaikat Isrofil akan meniup Sangakakalanya untuk yang pertama dan hancurlah seluruh alam semesta.

Saat itu semua yang hidup akan mati, dan saat Sangakakala ditiup untuk kedua kalinya oleh Malaikat Isrofil, yang telah mati semua dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan selama di dunia.

Jika membayangkan saja pasti kita sudah sangat takut dan merinding hebat. Betapa dahsyat kuasa Allah, tak ada yang mampu menandingi. Hanya Dia lah yang tahu kapan sesungguhnya kiamat akan tiba.

Berbagai ciri-ciri kiamat akan datang seperti matahari terbit dari barat di hari jum’at, munculnya Dajjal dan Imam Mahdi, semua akan ditemui manusia jika waktunya telah tiba kelak.