Anak suka jajan? Anak yang hobi jajan di sekolah, biasanya ikut-ikutan teman atau memang karena lapar. Jajanan di luar memang sering menarik minat anak sebab warna dan rasanya yang enak, padahal sebenarnya sangat berbahaya.

Apakah para orang tua sudah punya kita jitu menghadapi anak yang hobi jajan? Kalau belum, yuk kita coba terapkan tips berikut ini;

1Membatasi Jajanan anak

alimutajalli.blogdetik.com

Jajanan di luar tidak selamanya menjamin kesehatan. Perlu disosialisasikan bahwa makanan bergizi lebih baik dari pada makanan yang menarik mata.

Para orang tua bisa membatasi jajanan anak dengan membatasi pula jumlah uang saku yang mereka terima setiap hari.

2Memberi Uang Jajan Sepantasnya untuk Anak

katalogbunda.com

Jangan biasakan anak berlaku boros. Ajak kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengawasi jenis jajanan yang dijual. Bila anak ingin jajan, arahkan untuk jajan makanan yang sehat.

3Dampingi Menonton TV

berbagidanjadikaya.blogspot.com

Bila anak menonton televisi, orangtua bisa mendampingi dan menjelaskan tayangan iklan beragam makanan.

Bila anak bertanya ini itu, maka jadikanlah sarana yang pas untuk berdialog tentang dampak buruk bila sering jajan sembarangan.

4Belajar Menabung

sp.beritasatu.com

Arahkan anak untuk mau dan konsisten menabung uang jajannya. Berikan motivasi untuk membeli sesuatu yang berguna bagi pendidikannya atau untuk membeli barang apa yang ia inginkan

5Orang Tua Harus Jadi Contoh Baik

psikologan.blogspot.com

Jangan sampai orang tua tidak bisa memberi tauladan baik bagi anak. Ajak saja ke perpustakaan atau toko buku sebagai tempat hiburan agar mereka gemar membaca.

Jika anak sudah menjadikan jajan sebagai hobi, maka akan sulit megendalikannya di kemudian hari.

6Berani dan Tegas Katakan Tidak

psikologan.blogspot.com

Menurut penelitian BPPOM, sebagian besar makanan yang dijajakan untuk anak-anak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.

Anak-anak membutuhkan energi yang berasal dari gula alami, bukan diganti dengan gula lainnya. Sebagai orangtua yang bijak, jangan ragu mengatakan tidak atau jangan kepada anak.

7Beri Alasan Masuk Akal

alifakids.com

Kata-kata hendaknya disertai alasan yang masuk akal. Anak yang kecanduan jajan tidak hanya membahayakan kesehatan dan masa depan,

tapi juga pahamkan bahwa ketika ia sering jajan, ia akan kehabisan uang untuk membeli mainan.

8Bawakan Bekal

kikubento.wordpress.com

Kalau orang tua masih saja bingung, maka buatkan bekal seunik mungkin dan tentu bergizi. Kalau anak kenyang, biasanya tidak akan jajan.

Boleh jadi justru dia akan mempengaruhi kawan-kawannya untuk membawa bekal juga.

SHARE