Candi Prambanan merupakan salah satu candi kebanggan masyarakat Indonesia. Adanya candi ini menjadi bukti maha karya fenomenal umat Hindu di masa lampau. Tepat di abad ke-9 masehi, Candi Prambanan berdiri tegak laksana istana nan megah.

Mulanya, Candi Prambanan dibangun untuk persembahan kepada Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa atau lebih dikenal dengan sebutan Trimurti.

Di kawasan Candi Prambanan, ada sebuah prasasti bernama prasasti Siwagrha. Dalam prasasti tertulis jelas bahwa nama asli kompleks Candi Prambanan yakni Siwagrha yang artinya rumah Siwa.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya arca Siwa Mahadewa di garbagriha (ruang utama Candi Prambanan).

Saking indahnya Candi Prambanan, UNESCO pun menetapkan candi ini dalam kategori Situs Warisan Dunia. Kerennya, Candi Prambanan adalah candi terindah di Asia Tenggara!

Tidak heran, banyak wisatawan domestik dan luar negeri yang mengunjungi Candi Prambanan. Pesona candi ini memang tiada duanya. Apalagi didukung pagelaran sendratari Ramayana dan dongeng Roro Jonggrang yang kerap kali membius mata pengunjung.

1Legenda Candi Prambanan

penulisdongeng.blogspot.com

Masih ingat sosok Roro Jonggrang? Tentu kisahnya melekat kuat di ingatanmu karena sering didongengkan saat di bangku Sekolah Dasar.

Legenda Roro Jonggrang ini bermula dari hasil imajinasi penduduk yang tidak tahu latar belakang berdirinya Candi Prambanan sesungguhnya. Mereka hanya menduga-duga tentang siapa pendirinya.

Memang, legenda tersebut membawa banyak pesan moral untuk masyarakat. Namun, tetap saja dengan adanya dua versi sejarah Candi Prambanan, kegalauan untuk memihak yang mana sempat terjadi.

arifkoes.wordpress.com
arifkoes.wordpress.com

Konon, legenda itu dihiasai kisah imajinatif tentang Raja Bandung Bondowoso yang membangun 1000 candi atas permintaan Roro Jonggrang. Sang Putri meminta pembangunan dilakukan dalam waktu satu malam sebagai syarat pernikahan.

Akan tetapi, Bandung Bondowoso tidak kuasa memenuhi permintaan Roro Jonggrang karena fajar sudah terlanjur datang. Rupanya, Roro Jonggrang lah yang telah menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso dengan menciptakan fajar buatan.

Bandung Bondowoso pun mengetahui hal tersebut lantas murka. Ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca di Candi Prambanan.

Setelah penelitian terhadap Candi Prambanan dilakukan berpuluh-puluh tahun, akhirnya ditemukan bahwa sebenarnya kisah Roro Jonggrang hanya dongeng belaka.

thetravelearn.com
thetravelearn.com

Arca yang diduga jelmaan Roro Jonggrang, ternyata adalah arca Dewi Durga, dewanya umat Hindu.

2Candi Prambanan Berdasarkan Sejarah

wikipedia.org

Kamu mungkin salah satu penggemar dongeng-dongeng Jawa Kuno yang sering dikisahkan asal-usul Candi Prambanan. Namun, yang berikut ini, bukanlah sekedar dongeng, melainkan fakta berdasarkan penelitian sejarawan.

Sesungguhnya, Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi candi milik Agama Budha yakni Borobudur. Pembangunan Candi Prambanan dijadikan pertanda bahwasanya Dinasti Sanjaya telah berkuasa di tanah Jawa.

Rakai Pikatan membangun Candi Prambanan sekitar tahun 850 Masehi. Lalu disempurnakan oleh Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu.

travelmatekamu.com
travelmatekamu.com

Tahun 856 Masehi muncullah prasasti Siwagrha yang menceritakan proses pembangunan Candi Prambanan. Dalam prasasti dijelaskan bahwa pembangunan candi dibarengkan dengan pengubahan saluran air.

Pengubahan ini dilakukan untuk memindahkan aliran Sungai Opak. Proyek tersebut bertujuan untuk membuat sodetan sungai baru sehingga mengalir di luar kompleks candi.

Kemudian, kawasan bekas aliran sungai semula, dipergunakan untuk membangun Candi Perwara. Candi Prambanan terus mengalami penyempurnaan oleh raja-raja berikutnya di Medang Mataram.

Jumlah candi terus bertambah hingga ratusan. Pada zaman itu, Candi Prambanan digunakan sebagai tempat upacara kerajaan.

Candi Prambanan runtuh dan rusak sekitar tahun 930-an saat ibukota kerajaan berpindah ke Jawa Timur. Ada dua versi penyebab perpindahan tersebut. Yang pertama karena letusan dahsyat Gunung Merapi atau sebab peperangan dan perebutan kekuasaan.

Jelasnya, Candi Prambanan memang pernah luluh lantak akibat gempa bumi di abad ke-16. Untungnya, candi ini masih bisa ditelusuri dan ditemukan pada Tahun 1733 oleh CA. Lons dari Belanda.

Pada masa Sir Thomas Stamford Raffles, penelitian Candi Prambanan dilakukan lebih lanjut. Sayangnya, pemugaran tidak segera dilaksanakan. Candi Prambanan pun terlantar hingga puluhan tahun.

antarafoto.com
antarafoto.com

Pemugaran dimulai pada tahun 1918 hingga 1993. Lalu, kembali dipugar pada tahun 2006 karena Candi Prambanan sempat rusak akibat gempa Yogyakarta.

Kini, Candi Prambanan telah sempurna kembali meskipun ada bagian candi yang tidak dipugar karena arca-arcanya hilang entah kemana.

Nah, sekarang terjawab kan, bagaimana sejarah yang benar tentang Candi Prambanan. Sempatkan waktu luangmu untuk menyaksikan pesona Candi Prambanan ya, sambil mempelajari sejarahnya.