Pelajaran hidup bisa kita dapatkan dari mana saja, baik itu dari orang-orang yang berada di sekitar kita, alam yang terhampar, hewan-hewan peliharaan, orang-orang miskin di jalanan, pengamen, dan lain sebagainya.

kumpulanceritaislami.blogspot.com
kumpulanceritaislami.blogspot.com

Selain itu, pelajaran pun bisa kita dapatkan dari sejarah, baik itu sejarah mengenai kekelaman suatu kaum hingga sejarah-sejarah para nabi. Semua kisah tersebut, baik itu yang baik atau pun yang buruk, pasti saja punya pesan yang bisa kita ambil.

Contohnya saja kisah tentang Nabi Daud saat ia belum diangkat menjadi nabi, yaitu ketika Nabi Daud melawan Jalut. Pelajaran apa kiranya yang bisa kita ambil dari cerita ini? Supaya kamu tahu penjelasan lengkapnya, sebaiknya kita lihat ulasannya berikut ini yuk!

1Kisah Nabi Daud Melawan Jalut

youtube.com

Sebelum Nabi Daud memimpin Bani Israil dan sebelum Daud diangkat sebagai nabi, maka ketika itu Bani Israil dipimpin oleh raja yang cukup bijaksana, namanya Talut.

Talut adalah seorang penggembala yang miskin, namun karena petunjuk dari Allah lah, maka ia menjadi raja Bani Israil, walaupun sebelumnya orang-orang yahudi menentang keputusan ini. Namun karena ini sudah menjadi ketetapan Allah, maka Talut pun menjadi raja.

tufeyli.com
tufeyli.com

Saat kepemimpinan Talut inilah maka ada sekelompok penindas yang mengganggu ketenteraman Bani Israil, kelompok penindas itu dipimpin oleh Jalut. Oleh karena itu, Talut pun mempersiapkan pasukannya untuk memimpin para penindas tersebut.

Saat itu Talut memilih 80 ribu orang pemuda sebagai prajurit perang dan bergabung menjadi sebuah pasukan. Namun perjalanan menuju kaum penindas itu tidak semudah yang dibayangkan.

Perjalanan melewati Gurun Sahara itu ternyata melelahkan, sebagian besar pasukan pun saat itu kehausan. Diposisi demikian, mereka dipertemukan dengan sebuah sungai yang mengalir di antara Yordania dan Palestina.

bakgrundsbilder.fondecranhd.net
bakgrundsbilder.fondecranhd.net

Sebelum pasukannya meminum air sungai, maka Jalut pun mengingatkan pasukannya untuk meminumnya hanya seciduk tangan saja, tidak lebih. Namun, ternyata nafsu menguasai sebagian pasukannya.

Sebagian pasukan itu meminum air sungai sepuasnya dari 80 ribu pasukan, hanya sekitar 300-an orang saja yang mematuhi perintah Talut. Mereka adalah orang-orang sholih dan satu di antaranya adalah Daud sebelum diangkat menjadi nabi.

Akhirnya, dengan pasukan yang tersisa, mereka pun melanjutkan perjalanan melawan kaum penindas yang tubuhnya super besar dan kuat. Namun, sebelum melanjutkan perjalanan mereka pun berdoa agar diberi kemenangan dalam peperangan tersebut.

Dengan kehendak Allah, maka pasukan mereka pun menang. Jalut mati terbunuh, namun bukan Talut yang membunuhnya, melainkan Daud yang saat itu masih muda,menggunakan ketapelnya.

Berdasarkan cerita, batu yang digunakan oleh Daud bukanlah batu biasa, karena sepanjang perjalanan Daud memungut batu-batu tersebut. Namun bukan Daud yang ingin memungutnya, tapi batu-batu itulah yang ingin dipungut.

2Sepenggal Pelajaran yang Bisa Dipetik

aris83.wordpress.com

Dari kisah singkat kisah Nabi Daud melawan Jalut di atas, kita bisa mengambil beberapa pelajaran, yang pertama adalah mengenai ketetapan Allah.

Jika Allah berkehendak menaikkan seseorang ke jabatan tertentu atau ke posisi tertentu, maka tidak ada yang bisa menghalanginya, walaupun ia berasal dari kaum yang hina sekalipun.

Pelajaran kedua, kisah ini mengingatkan kita untuk selalu patuh kepada pemimpin, walaupun keputusan yang diambil membuat kita harus menahan haus seperti cerita di atas.

perkarahati.wordpress.com
perkarahati.wordpress.com

Selain itu, pelajaran lainnya adalah mengenai kekuatan doa. Selemah apapun kita menghadapi sebuah permasalahan, maka ketika kita memohon kepada Sang pemilik solusi, maka terselesaikannya masalah bukanlah sesuatu yang mustahil terjadi.