Nabi Isa as adalah Nabi yang dilahirkan tanpa seorang ayah. Kala itu seorang perempuan yang senantiasa menjaga kesucian dirinya didatangi oleh Malaikat Jibril . Perempuan itu adalah Siti Maryam, ia pun terkejut dengan kehadiran Malaikat Jibril.

Malaikat Jibril membawa kabar gembira untuk Maryam, yakni akan hadirnya seorang bayi lelaki bernama Isa Al-Masih yang akan menyelamatkan agama dari berbagai fitnah pada zamannya. Bukan kegembiraan yang keluar dari diri Maryam, justru ia merasa takut.

Tubuh Maryam gemetar, ia meminta perlindungan kepada Allah SWT. Kemudian Malaikat Jibril meniupkan roh ke dalam perut seorang Maryam dan menghilang. Maryam pun merasa sedih. Maryam berfikir, mana mungkin ia hamil sedangkan ia tak memiliki suami.

Semakin berjalannya waktu perut Maryam semakin besar, tak ada rasa sakit yang dirasakannya ketika hamil. Maryam pun kebingungan untuk menjelaskan perihal kehamilannya kepada keluarga dan masyarakat. Tidak akan ada yang mempercayainya.

Hingga mendekati hari kelahiran putranya, Allah memerintahkan Maryam untuk meniggalkan kampungnya. Ia melewati begitu banyak orang dan akhirnya gempar karena kehamilan dirinya tersebut. Tuduhan telah berzina pun didapatnya.

meneerpanqi.blogspot.com
meneerpanqi.blogspot.com

Maryam pun sampai di suatu tempat dengan begitu banyak pohon kurma. Dan di bawah pohon kurma itulah Maryam melahirkan Nabi Isa. Seorang nabi yang memiliki begitu banyak mukjizat. Berikut ini beberapa mukjizat yang dimiliki Nabi Isa.

1Dapat Berbicara Sejak Bayi

www.immonline.org

Maryam yang telah melahirkan seorang bayi pun ingin mengakhiri hidupnya. Ia tidak kuat menanggung malu dan beban berat yang akan dihadapinya sepanjang hidup. Namun anak yang baru saja dilahirkan itu tiba-tiba berbicara.

Isa berkata, “Ibu jangan bersedih hati. Semua ini karunia Allah SWT. Ibu, tolong gerakkan pohon kurma itu. Nanti makanan, minuman dan buah yang matang akan mendekati kita, kemudian makanlah. Niscaya hati Ibu menjadi tenang.”

Bukan hanya saat itu saja Nabi Isa mampu berbicara. Ketika Maryam pulang ke kampung halamannya pun banyak orang yang menghampirinya untuk menanyakan identitas bayi yang dibawanya. Namun Maryam yang niat untuk berpuasa bicara itu hanya diam.

Ia memberi isyarat untuk menanyakannya langsung pada bayi yang digendongnya. Bayi itu pun menjawab, “Aku Isa Al-Masih, hamba Allah SWT yang akan diberi kitab Injil.”

Nabi Isa pun meneruskan ucapannya, “Suatu hari aku akan dijadikan utusan-Nya untuk mengembalikan kalian ke jalan Allah SWT, memerintahkan kalian shalat dan menunaikan zakat. Aku juga akan berbakti kepada Ibuku.”

Orang-orang yang mengerumuni Isa pun nampak kaget dan tak percaya. Bayi yang baru saja lahir ini dapat berbicara dengan lancarnya.

2Menghidupkan Orang Mati

riyadhulquran.com

Nabi Isa memiliki kaum yang begitu pandai berdebat dan mengingkari adanya ruh serta hari kebangkitan. Suatu saat merek meminta Nabi Isa untuk menghidupkan orang yang sudah lama mati. Nabi Isa pun menyanggupi permintaan mereka.

Supaya kaumnya tidak terlampau mengagung-agungkan akal pikiran saja. Kemudian mereka menunjukkan sebuah kuburan tua kepada Nabi Isa. Mereka pun meminta Nabi Isa untuk membangunkan orang yang telah lama terkubur itu.

Nabi Isa dengan tenangnya berkata, “Baiklah, akan saya bangunkan orang ini atas izin Allah SWT.” kemudian Nabi Isa bermunajat kepada Allah dan usai berdoa Beliau mendekati kuburan itu dengan mengarahkan kedua tangannya ke kuburan.

Nabi Isa pun memanggil-manggil penghuni kubur. Seketika orang yang sudah mati itu hidup kembali. Dengan bagian tubuh yang lengkap sebagaimana ia dulu hidup. Ia pun bisa berbicara dengan Nabi Isa dan kaumnya.

3Membuat Burung Dari Tanah

pasirjakarta.wordpress.com

Selepas Nabi menghidupkan orang yang telah mati, Nabi pun bertanya kepada Bani Israil, “Apa kalian sudah percaya dengan adanya hari kebangkitan atau hari akhir?” Mereka pun hanya diam tak bersuara karena kaget melihat yang baru saja terjadi.

Hingga akhirnya mereka berkata bahwa mereka belum mempercayai kenabian Nabi Isa, mereka meminta Nabi Isa untuk menunjukkan kehebatannya yang lain. Nabi isa pun menanyakan apa yang mereka minta.

Salah seorang berkata kepada Nabi Isa, “Perlihatkan kepada kami cara membuat burung hidup dari tanah liat.”

badarmitibjugra.blogspot.com
badarmitibjugra.blogspot.com

Nabi Isa pun kembali berdoa kepada Allah. Beberapa menit kemudian ia mengambil tanah liat dan membentuknya menjadi seekor burung. Lalu Nabi Isa meniup burung itu. Dan jadilah burung itu hidup dan bebas terbang di alam luas.

Meski Nabi Isa telah menunjukkan kepada kaumnya bahwa setiap makhluk hidup mempunyai ruh, mereka belum mempercayainya. Bahkan mereka mengaggap itu hanyalah sihir yang dimiliki oleh Nabi Isa.

4Menurunkan Makanan dari Langit

beritaterkini-2010.blogspot.com

Suatu waktu Nabi Isa tengah berkumpul dengan para pengikutnya di tempat ibadah. Mereka meminta Nabi untuk menurunkan makanan dan minuman dari langit. Sedangkan secara tak sengaja orang yang tidak mempercayai kenabian Nabi Isa mendengarnya.

Orang yang tak mempercayai kenabian Nabi Isa ini pun meminta izin untuk bergabung dengan umat Nabi Isa. Kemudian Nabi Isa berjalan dan meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya dan menunduk untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Selagi Nabi Isa berdoa, turunlah makanan besar dari celah dua awan, satu awan di atasnya dan satu awan lagi berada di bawah. Orang-orang yang melihatnya pun takjub.

ramadhan.infojajan.com
ramadhan.infojajan.com

Ketika menikmati kelezatan makanan yang tak habis-habis itu, orang yang semula tak percaya dengan Nabi Isa pun mengikuti ajaranya. Sementara untuk pengikut Nabi Isa, mukjizat ini semakin mempertebal keimanan mereka.

Sebetulnya, masih banyak mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa, seperti Nabi Isa yang bisa menyembuhkan orang buta, kemampuan melihat hal-hal ghaib dengan panca inderanya meskipun secara tidak langsung, menyembuhkan orang berpenyakit.

Dan masih ada mukjizat lain yang pernah Nabi Isa lakukan. Semoga dengan kisah Nabi Isa ini, kita semakin menjadi muslim yang taat. Aamiin.

SHARE