“Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui.” (Al Qur’an Surat Yusuf ayat 3).

id.wikipedia.org

Ada satu nama surat di dalam Al Qur’an yang menggunakan nama Yusuf. Adapun asababun nuzul diturunkan surat ini adalah orang-orang bertanya kepada Rasulullah tentang kisah Nabi Yusuf. Kisah Nabi Yusuf telah mengalami beberapa penambahan.

Allah kemudian menurunkan Surat Yusuf untuk meluruskan kembali kisah Nabi Yusuf. Kisah Nabi Yusuf bercerita tentang penderitaan, perjuangan, dan ketaatan terhadap Allah SWT. Nabi Yusuf adalah putra ke-7 dari 12 putra Nabi Ya’qub.

Ibu Nabi Yusuf bernama Rahil. Ibunya wafat saat melahirkan adiknya bernama Benyamin dan kala itu Nabi Yusuf berusia 12 tahun. Sepeninggal ibunya, Nabi Ya’qub mencurahi kasih sayang yang lebih kepada Nabi Yusuf dibandingkan saudara-saudaranya yang lain.

Perlakuan yang berbeda ini menyebabkan saudara-saudaranya iri kepada Nabi Yusuf. Kedengkian ini mengawali pejuangan hidup Nabi Yusuf yang keras. Berikut kisah Nabi Yusuf yang pemaaf dan mengharukan

1Diajak Pergi Saudara-saudaranya

www.gnomepath.blogspot.com

Nabi Yusuf menceritakan mimpinya kepada ayahnya melihat bintang, matahari, dan bulan semuanya bersujud kepadanya.

Mendengar cerita tersebut, Nabi Ya’kub merasa bahwa putranya yang berparas tampan dan berbadan tegap ini akan mendapat amanah yang berat dari Allah.

Nabi Ya’kub juga khawatir terhadap keselamatan Nabi Yusuf. Ia meminta Nabi Yusuf merahasiakan mimpinya dari saudaranya.

Kesamaan rasa dengki di antara saudara-saudara Nabi Yusuf selain Benyamin membuat mereka menjadi dekat. Salah satu saudaranya mengusulkan untuk membunuh Nabi Yusuf atau membuangnya ke tempat yang jauh .

Namun, ada saudaranya yang tidak setuju jika Nabi Yusuf di bunuh. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuang ke dalam sumur yang berada sangat jauh agar nantinya ditemukan kafilah yang lewat.

Saudara-saudaranya meminta izin kepada Nabi Ya’kub untuk mengajak Nabi Yusuf pergi bersama mereka. Awalnya sang ayah tidak mengizinkannya. Namun, berkat bujuk rayu saudara-saudaranya, akhirnya dengan berat hati Nabi Ya’kub memberikan izin.

2Dibuang ke Sumur

www.whitemonkeynewsbureau.wordpress.com

 

Kisah berlanjut ketika pagi hari saudara-saudaranya membawa Yusuf ke gurun untuk menggembalakan kambing. Sesampai di sumur mereka melancarkan rencana mereka dan membuang Nabi Yusuf ke sumur.

Awalnya Nabi Yusuf melakukan perlawanan, namun ia dipukuli saudara-saudaranya dan kalah. Sebelum dimasukan ke sumur, mereka melepas pakaian Nabi Yusuf dan melumurinya dengan darah kambing.

Sesampai di rumah mereka berbohong kepada ayahnya bahwa Nabi Yusuf dimakan serigala. Namun, makar yang mereka lakukan terdapat kejanggalan. Pakaian Nabi Yusuf tetap utuh dan tidak robek seperti bekas koyakan serigala.

Nabi Ya’kub mengetahui kebohongan saudara-saudaranya. Namun, tidak ada yang bisa ia lakukan. Nabi Ya’kub tentu saja sangat sedih. Beliau hanya berpasrah dan terus berdoa kepada Allah.

3Perjalanan Hidup yang Keras

www.yusuf-asyhari.blogspot.com

Allah menyelamatkan Nabi Yusuf dan kemudian dibeli dengan murah oleh Raja Al Aziz yang memang tidak memiliki anak dengan harga sangat murah. Nabi Yusuf malah difitnah Zulaikha, istri Al Aziz. Fase kehidupan selanjutnya harus dihabiskan Nabi Yusuf di penjara.

www.gnomepath.blogspot.com.jpg
www.gnomepath.blogspot.com.jpg

Oleh karena ilham yang diberikan Allah kepada Nabi Yusuf, Nabi Yusuf dapat menakwilkan mimpi raja dan menyelamatkan Mesir dari penderitaan akibat kekeringan. Nabi Yusuf kemudian diangkat menjadi bendaharawan negara.

www.ridwansyahyusufachmad.wordpress.com.jpg
www.ridwansyahyusufachmad.wordpress.com.jpg

Waktu terus bergulir, keluarga Nabi Ya’kub mengalami kesengsaraan. Namun, Nabi Yusuf tidak dendam terhadap perlakuan saudara-saudaranya yang telah membuangnya ke sumur. Nabi Yusuf malah mengajak mereka kembali ke Mesir.

Sungguh Nabi Yusuf memiliki jiwa pemaaf bahkan kepada orang yang telah membuat hidupnya menderita selama bertahun-tahun.

SHARE