“Aku hanyalah seperti bayi yang belajar bagaimana caranya berjalan. Aku hanya berfikir bahwa aku akan tetap melakukan hal ini selamanya.”

Begitulah kata Derek Rabelo, seorang peselancar muda dari Brazil yang memiliki kekurangan fisik. Ia buta sejak lahir. Namun, kebutaan ini tak lantas menggelapkan mimpinya untuk menjadi peselancar hebat.

Padahal bukan hal yang mudah untuk menaklukan ombak lautan. Salah langkah bisa-bisa ditelan luasnya air asin ini. Namun Derek Rabelo mampu melaluinya.

Berikut ini kisah dari Derek Rabelo yang membuka mata hatimu agar tidak menyalahkan keadaan untuk kegagalan yang kamu alami.

1Impian Sang Ayah

www.boredpanda.com

Sejak Derek belum lahir, sang ayah memiliki mimpi kelak anaknya menjadi peselancar. Oleh karena itu ia memberikan nama anaknya Derek Robelo. Nama ini diambil dari Derek Ho yaitu kejuaraan berselancar pertama di Hawai.

Namun sayangnya, saat anak yang di tunggu-tunggu lahir, ayahnya harus menerima kenyataan bahwa anaknya tak sesempurna anak-anak yang lainnya. Impian ayahnya ini harus tertahan.

Namun, Derek muda tak mau berhenti di sini. Saat ia berusia 17 tahun ia belajar mendalami dunia yang diimpikan ayahnya. Ia berfikir saat itu adalah saat yang tepat untuk mengubah impian ayahnya menjadi kenyataan.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Awalnya sang ayah membesarkan hatinya dan membantu Derek berlatih berselancar. Mereka pergi ke pantai bersama-sama di pagi hari. Selain itu ayahnya juga memasukan Derek ke sebuah kursus berselancar agar ia belajar dan berlatih dengan lebih tekun.

Ia juga banyak berlatih dengan teman-temannya. Perlakuan yang diberikan teman-temannya sama seperti yang lainnya. Mereka tidak membedakan bahwa Derek memiliki kebutuhan khusus.

2Ia Menggunakan Kelebihan yang Ia Miliki

www.boredpanda.com

Beberapa orang yang normal saja takut untuk belajar berselancar. Ombak lautan lepas tak jarang menyiutkan nyali. Derek menggunakan kelebihannya untuk mencapai tujuannya menjadi peselancar ulung.

“Aku mendengarkan laut dan merasakannya. Karena ombak membuat suara ketika ia datang. Setiap bagian ombak memberikan suara yang berbeda. Sehingga aku bisa memilih bagian ombak yang mana yang akan aku gunakan berselancar.” Begitulah kata Derek.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Allah menciptakan semua makhluknya dengan kelebihan dan kekurangan. Jika Derek memiliki kekurangan dalam hal penglihatan, maka ia pasti memiliki kelebihan dalam hal pendengaran atau yang lainnya.

Oleh karena itu mulai saat ini jangan terus-terusan mengutuki kekurangan yang kamu miliki. Namun berpikirlah untuk melejitkan kelebihan yang kamu miliki.

3Impian Derek yang Lain

www.boredpanda.com

Derek pergi berkeliling dunia untuk menemukan ombak yang terbaik. Ia juga menyampaikan ceritanya di sekolah-sekolah dan seminar-seminar. Ia ingin membuktikan bahwa laki-laki buta dapat melakukan hal yang lebih.

Selain berselancar, ia juga memiliki mimpi untuk menjadi pemain skateboard dan peselancar salju. Ia sangat optimis dengan kedua mimpinya di masa depan ini.

4Pesan Derek Kepada Semua Orang

www.boredpanda.com

“Jika kamu memiliki mimpi, kamu harus percaya pada dirimu sendiri. Meskipun kamu tidak dapat melakukannya. Saya percaya bahwa semua dari kita memiliki kekuatan yang diberikan Tuhan. Gunakan bersama pasionmu dan ketekunan.”

Begitulah pesan Derek Robelo yang disampaikan melalui www.boredpanda.com. Tugas sebagai manusia adalah berusaha semampu yang ia bisa. Jika ia gagal maka ia harus segera bangkit dan mencobanya kembali. Jangan biarkan kegagalan melemahkanmu.

Namun, jadikan kegagalan untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar.

Jika Derek Rabelo yang memiliki kekurangan dalam hal penglihatan saja bisa, maka kamu yang memiliki penglihatan normal seharusnya lebih bisa mencapai yang kamu inginkan.

SHARE