Rasa sedih adalah sifat yang identik dengan manusia. Manusia dibekali akal pikiran dan hati yang menangkap saat-saat menyedihkan, lalu diungkapkan dengan air mata yang tertumpah.

Tapi siapa sangka, hewan juga ada yang memiliki ekspresi sedih. Jenis burung laut yang menghuni Atalantik ini bahkan dianggap merasakan kesedihan dan penyesalan atas kesalahan yang dibuat.

Burung puffin mempunyai paruh cantik, dengan warna indah dan ukuran yang besar. Bulunya yang bersih juga menjadi daya tarik tersendiri. Terkadang puffin dianggap jenis penguin karena bulunya yang berwarna hitam dan putih.

Kerut mata dan mimik wajahnya jika kamu lihat dari dekat, benar-benar seperti menahan kesedihan yang mendalam.

Burung puffin berkembang biak di sebuah koloni besar yang berada di tebing pantai atau pulau-pulau lepas pantai. Mereka bersarang di celah-celah batu atau di dalam liang di dalam tanah.

Sayap mereka yang pendek merupakan senjata ampuh mengejar mangsa ikan. Mereka menyelam dengan teknik menyerupai ‘teknik terbang di dalam air’.

Sementara saat terbang di udara, sayap mereka akan dikepakkan dengan cepat (sekitar 400 kali per menit), dan sering terbang rendah di atas permukaan air laut.

Puffin bisa tumbuh sampai 10 inchi (25 cm), dan berat 500 gram. Di alam bebas rata-rata umurnya sampai 20 tahun. Tapi sayang kini jumlah burung puffin semakin menurun karena perburuan manusia.

Di Islandia dan Kepulauan Faroe, banyak di antara penduduknya yang mengonsumsi daging burung cantik ini. Pada tahun 1953 di Kepulauan Blasket, County Kerry, puffin diburu besar-besaran saat penduduk mengalami musibah kelaparan.

Kini kampanye perlindungan terhadap puffin terus digalakkan agar burung ini tak terus-menerus bersedih.

Puffin adalah hewan yang setia kepada pasangannya. Jika pasangannya mati diburu, tentu dia akan bertambah sedih lagi seperti dalam kisah di bawah ini. Inilah kisah sedih puffin menanti kepulangan kekasih.

1Disinilah Kisah Itu Dimulai

buzzfeed.com

Awal bertemu, mereka masih malu-malu, namun benih-benih cinta sudah mulai tertanam.

2Menjalin Kasih

putramelayu.web.id

Mereka pun menjalin kasih dan berikrar untuk selalu setia pada kesucian cinta mereka sampai akhir hayat menjemput.

3Sang Jantan Harus Pergi

buzzfeed.com

Sang jantan harus pergi untuk mencari makan keluarga barunya. Terbang ke angkasa, lalu berenang di lautan lepas untuk mencari ikan.

4Suratan Takdir

putramelayu.web.id

Kebahagian hidup bersama kekasih yang ditujunya, namun suratan takdir berkata lain. Sang jantan tertangkap oleh para pemburu manusia yang tidak berperasaan.

5Malaikat Maut Bernama Manusia

thorvaldurorn.com

Bagi mereka manusia seperti malaikat maut yang kapan saja bisa mencabut nyawanya. Manusia begitu senang memburu burung cantik itu. Menjadikannya sebagai makanan dan memanfaatkan bulu-bulunya.

Mereka sama sekali tak iba pada wajah sedihnya, tak tahu bahwa setiap puffin punya kisah hidup sendiri-sendiri.

6Awal Penantian

buzzfeed.com

Sang betina mulai tak nyaman dengan kepergian pasangannya yang tak kunjung kembali.

7Selalu Menanti di Rumah

buzzfeed.com

Setiap hari dia melihat dari luar rumahnya di bawah bebatuan. Berjam-jam mendongakkan kepala, berharap sang jantan akan kembali.

8Penantian Panjang

buzzfeed.com

Bulan berganti bulan, sang jantan tak pernah kembali. Namun sang betina tetap setia menunggu, ikrar janji setia tak pernah luntur.

Saat itu dia sedang mengandung anak buah cinta mereka. Tapi sayangnya sang jantan belum sempat tahu kabar gembira itu.

9Kelahiran Sang Anak

blog.explore.org

Setelah waktu terus berlalu, anaknya pun menetas dan melihat dunia yang baru. Melihat ibu, tanpa kehadiran ayahnya.

10Tak Akan Pernah Melupakannya

buzzfeed.com

Walau sang betina sudah punya anak, lalu harus merawatnya dan memberi makan dengan baik. Tapi tak pernah sedikit pun ia melupakan kekasihnya yang tak pernah kembali lagi.

11Sang Ibu Harus Tegar Demi Anaknya

putramelayu.web.id

Apapun yang terjadi, walaupun harus hidup sendiri. sang ibu puffin harus tegar demi membesarkan anak-anak yang dicintainya.