Guys, penampilan, tentu kebiasaan, gerak tubuh, dan cara kita berbicara maupun bersikap pasti merupakan hal-hal yang sering diperhatikan orang lain. Ya, entah itu di tempat kerja ataupun di lingkungan sekitar kita.

But did you know? Ada beberapa kebiasaan yang membuat kita dianggap orang bodoh lho! Mau tahu apa saja? Ya mungkin bisa kamu hindari lah ya. Check this out!

1Menggunakan Kalimat yang Berlebihan

archives.portalsatu.com

Yup, kalimat yang berlebihan yang dimaksud di sini adalah kalimat yang bertele-tele. Hampir semua orang tidak suka mendengarkan kalimat yang bla-bla-bla tidak tahu arahnya.

Jika dalam suatu presentasi terlalu banyak kalimat yang bertele-tele dari pematerinya, yang terjadi justru pembahasannya akan out of the box dan pemateri akan dinilai kurang menguasai materi yang disampaikan.

2Berjalan Terlalu Lamban atau Cepat

vemale.com

Tahukah kamu Guys? Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang berjalan lebih lamban atau cepat dibandingkan orang dalam kelompoknya dianggap kurang cerdas dan kurang kompeten.

Inilah mengapa jika kamu berjalan entah itu berjalan seorang diri, apalagi jika bejalan dengan sekelompok orang, berjalanlah seperti pada umumnya saja.

3Menghindari Kontak Mata

kaskus.co.id

Nah, yang ketiga ini mungkin akan terjadi ketika kita sedang gugup merasa kurang percaya diri. Ketika itu, mungkin kita akan segera menghindari kontak mata dengan orang yang sedang berbicara dengan kita.

Mulai sekarang, kurangi kebiasaan itu Guys. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan menatap orang yang mengajakmu bicara akan membuatmu terlihat lebih cerdas. So, jika kita menghindari kontak mata akan terlihat kurang cerdas di mata orang tersebut.

4Mengumpat di Tempat Kerja

tazkirah.net

Dalam sebuah survei tahun 2012, lebih dari separuh atasan menganggap pegawai yang mengumpat itu kurang cerdas.

So, seburuk apapun perasaanmu di pekerjaan yang kamu tempati saat ini, jangan sampai mengumpat ya Guys, apalagi sampai mengeluarkan kata-kata kotor dan kasar.

5Merengut atau Mengerutkan Dahi

dream.co.id

Apa yang pertama kamu pikirkan ketika seseorang mengerutkan dahinya? Ya, jika tidak bingung, maka orang itu sedang marah.

Hal ini bisa membuat kita terlihat bodoh juga lho. Justru sebaiknya kita memperbaanyak senyum karena hal ini akan membuat kita terlihat cerdas.

6Berbicara dengan Nada Monoton

pixabay.com

Yups, selain membuat orang bosan, ternyata berbicara dengan nada monoton bisa membuat orang lain menganggap kita bodoh.

Jika berbicara, sebaiknya atur nada dan volume suaramu, dan yang terpenting kuasai dulu apa yang akan kamu sampaikan agar tidak kikuk dan terdengar kurang kompeten.

7Tak Berani Meminta Saran

health.sarangberita.com

Nah, kebiasaan satu ini juga membuatmu terlihat kurang cerdas lho Guys. Ternyata jika kita takut meminta masukan, bisa saja kita dinilai tidak peduli kekurangan kita, bahkan juga bisa kita dinilai terlalu menyombongkan diri karena merasa paling benar.

So, baik buruknya kamu, meminta saran kepada rekanmu pasti akan lebih baik.

Nah Guys, jika kamu ingin terlihat cerdas dan kompeten di dunia kerja atau di lingkungan aktivitasmu, mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan yang membuatmu terlihat bodoh itu tadi.

Dan satu hal yang terpenting, stay be your (best) self, dirimu yang selalu berproses untuk selalu lebih baik ke depannya.