kevinphytagoras.wordpress.com

Share Ya! Kloset Jongkok Tenyata Penting Bagi Kesehatan Kita

Posted on

Manfaat Kloset Jongkok

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi ternyata tidak semuanya bisa memudahkan aktifitas orang, ada beberapa yang ternyata justru lebih lancar dan mudah menggunakan teknologi jaman dulu.

Salah satunya yaitu kloset jongkok, yup, banyak sekarang di mall, di masjid, di hotel, semuanya menggunakan kloset duduk, padahal kloset duduk itu kurang bagus untuk proses buang air besar.

Kloset jongkok sendiri bagi yang mengetahui manfaatnya masih mempertahakannya, walaupun dikatakan kuno, tapi justru kuno ini yang lebih bermanfaat. Yuuk ketahui bersama manfaat dari kloset jongkok.

Mencegah Wasir

rumahwasir.co.id
rumahwasir.co.id

Penyakit wasir atau pembengkakkan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus, salah satunya disebabkan karena penggunaan kloset.

Penggunaan kloset jongkok akan lebih memudahkan kotoran terbuang, karena kita tidak perlu mengejan terlalu keras. Terlalu keras mengejan ini nih, Sob, yang jadi sebab munculnya wasir.

Saat posisi duduk, usus bagian bawah akan terkekuk sehingga proses pembuangan tidak dapat berlangsung efektif tanpa bantuan mengejan.

Hal itu tidak terjadi pada penggunaan kloset jongkok, karena usus bagian bawah pada posisi yang seharusnya untuk mengeluarkan kotoran.

Selain penyakit wasir, penggunaan kloset jongkok juga bisa mecegah terjadinya kembung dan masalah sembelit, membuat saluran pencernaan lebih sehat, serta membuat otot panggul dan kandung kemih lebih terjaga.

Melancarkan Pembuangan

kompasiana.com
kompasiana.com

Posisi jongkok ini merupakan posisi ideal untuk buang air besar yaitu paha terkekuk pada perut. Posisi ini membuat kapasitas rongga perut sangat berkurang dan tekanan intra-abdomen meningkat, sehingga akan lebih mendorong pengeluaran kotoran.

Dalam posisi jongkok, tekanan di rektum akan mengendur dan rileks sempurna sehingga memudahkan proses pengeluaran kotoran dan pembuangan lebih tuntas.

Tentu sangat berbeda dengan kloset duduk, dimana itu membutuhkan tenaga yang kuat untuk mengeluarkan air besar.

Lebih Bersih

moroneh.com
moroneh.com

Harus kamu tahu ya, bahwa kloset duduk itu terjadi sentuhan kulit dengan klosetnya, bayangkan saja jika di mall banyak digunakan orang dan beberapa diantaranya ada yang punya penyakit kulit, ngeri kan?

Bakteri dan kuman bisa saja nempel di situ dan bisa saja menular kepada orang lain. Beda dengan kloset jongkok yang tidak bersentuhan kulitnya, tentu tidak akan ada penularan kuman dan penyakit.

Cepat dan Gak Butuh Waktu Lama

medicalzone.org
medicalzone.org

Pastinya dengan posisi jongkok kotoran akan lebih cepat keluar, tidak lama dan lancar karena ada tekanan untuk dikeluarkan. Hal ini sudah dibuktikan secara praktek nyata lho, orang yang BAB dengan jongkok lebih cepat daripada dengan duduk.

Lagipula gak mau kan lama-lama di tempat pembuangan yang itu adalah sarangnya setan?hmmm

Otot Kaki Lebih Kuat

kevinphytagoras.wordpress.com
kevinphytagoras.wordpress.com

Kloset jongkok juga bisa menguatkan otot kaki kamu lho,bahkan di negara Jepang kloset jongkok yang dikenal sebagai kloset tradisional yang bernama washiki juga bermanfaat untuk penguatan otot kaki.

So, sekali lagi jangan anggap kloset duduk itu tren yang harus dilakukan, justru yang kuno lebih bermanfaat bagi kamu. Semoga bermanfaat ya

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *