Motor adalah kendaraan merakyat. Harganya yang tak terlalu tinggi dapat dijangkau masyarakat bahkan masyarakat menengah ke bawah. Terdapat banyak variasi motor diantaranya motor laki-laki, motor bebek, hingga motor matik.

Seiring berjalannya waktu, motor bukan hanya menjadi alternatif alat transportasi anti macet lantaran dapat nyelip dan nyalip. Ia juga menjadi hobi dan kebanggaan beberapa kelompok masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya geng motor.

Ada geng motor berdasarkan kesamaan jenis seperti geng motor matik, vespa, motor laki-laki. Ada juga geng motor berdasarkan kesamaan merk motor.

Biasanya mereka mengadakan event seperti touring ke luar kota menggunakan motor. Saat mengendarai motor, pengendara harus benar-benar berkonsentrasi. Komunikasi antar anggota geng motor di jalan menggunakan kode tangan.

Kode tangan ini biasanya diberikan berantai dari pengendara paling depan terus ke pengendara di belakangnya.

Jika kamu mengaku sebagai anak motor yang hobi touring ke luar kota mungkin kamu hafal di luar kepala dengan kode ini. Namun, kamu yang sering berkutat di jalan dengan motor setiap hari sebaiknya juga memahaminya.

Berikut ini kode tangan yang lazim digunakan anak motor.

1Belok Kiri

www.ngonoo.com

Rentangkan tangan kirimu ke samping kiri dengan telapak kanan menghadap ke bawah. Biasanya pengendara di belakangmu memahaminya.

2Belok Kanan

www.ngonoo.com

Seperti yang kita ketahui bahwa tangan kanan digunakan untuk mengendalikan gas motor. Maka tidak mungkin memberikan kode dengan tangan kanan.

Kode yang diberikan tetap menggunakan tangan kiri. Tekuklah tangan kirimu sampai 90o dengan mengarahkan tangan agak condong ke depan. Tangan dalam kondisi terkepal.

3Hendak Berhenti

www.ngonoo.com

Tekuk tangan kirimu kebawah sampai 90o. Tangan menghadap ke belakang dengan telapak tangan terbuka.

4Hendak Menaikan Kecepatan

www.ngonoo.com

Rentangkan tangan kirimu ke samping kiri. Ayunkan lengan ke atas dan ke bawah sebagai tanda kamu akan menaikan kecepatan motor.

5Hendak Memberikan Sinyal

www.ngonoo.com

Rentangkan tangan kirimu ke samping kiri. Buka dan tutup telapak tanganmu sebagai tanda memberikan sinyal.

6Hendak Berhenti Sejenak

www.ngonoo.com

Kepalkan tangan kirimu ke arah kiri. Tunjukan jempol tanganmu seperti kamu memberikan kode akan minum. Kode ini merupakan tanda kamu akan berhenti sejenak.

7Hendak Mengisi Bensin

www.ngonoo.com

Saat di tengah perjalanan bensin motormu limit, kamu tak perlu khawatir. Kamu dapat merentangkan tangan ke arah samping, kemudian menunjuk ke arah tangki bensin.

8Hendak Menepi

www.ngonoo.com

Rentangkan tangan kirimu ke arah atas. Kemudian keluarkan jari telunjukmu seraya mengayunkan tangan ke arah di mana kamu ingin berhenti.

9Hendak Mengurangi Kecepatan

www.ngonoo.com

Ada saat di mana kamu ingin mengurangi kecepatan karena sesuatu. Kamu dapat memberikan kode dengan merentangkan tangan kirimu ke samping. Kemudian ayunkan ke atas dan kebawah seraya mengurangi kecepatan motormu.

10Hendak Membuat Bikers Lain Mengikuti Kamu

www.ngonoo.com

Jika kamu menemukan bikers lain di tengah perjalanan, kamu dapat memberikan kode agar bikers tersebut mengikutimu. Angkatlah tanganmu ke atas seraya membuka telapak tangan.

Bikers yang baik adalah bikers yang memehatikan keselamatan diri dan keselamatan pengguna jalanan lainnya. Gunakanlah peralatan keamanan standar yang telah di atur oleh kepolisian seperti helm.

Agar lebih aman saat berkendara jauh, gunakan peralatan tambahan seperti masker, jaket, sarung tangan, dan alas kaki yang tertutup.

Meskipun kamu melakukan touring bersama teman-teman geng yang terdiri banyak orang, namun tak semestinya kamu bersikap angkuh di jalanan. Jalan adalah milik umum yang harus dijaga ketertibannya bersama-sama.

Tertib berlalu lintas adalah budaya yang harus dilestarikan dimanapun kita berada.

SHARE