Masa-masa liburan sekolah seperti ini pasti banyak kegiatan yang ingin kamu dan keluarga lakukan. Apalagi liburan merupakan momen untuk menyenangkan si buah hati juga. Lelah selama satu semester bisa diobati dengan refreshing saat libur tiba.

Berbagai tempat ingin sekali dikunjungi, mulai dari kebun binatang, taman bermain, pantai, hingga kolam renang. Akan mengasyikkan jika anak-anak dapat menikmati liburan mereka dengan baik.

Ketika melihat anakmu senang, maka kamu sebagai orang tua juga akan puas dan merasa lega. Karena kamu bisa membuat anak-anakmu merasa “bebas” untuk sementara waktu.

Nah, jika liburan kali ini kamu ada agenda untuk membawa anakmu ke kolam renang, pastikan bahwa kamu siap dengan kondisi fisik anakmu. Jangan sampai kamu membawa mereka berenang dalam keadaan yang sedang tidak fit.

Apabila tubuh mereka dalam keadaan sehat, kamu bisa mengajaknya ke kolam renang yang mereka pilih. Kamu pun bisa mengkuti beberapa tips ini supaya anakmu dapat berenang dengan aman dan nyaman.

1Peralatan Berenang

anugrahbusanamuslim.blogspot.com

Ketika akan berenang, sudah pasti kita harus memakai baju yang digunakan khusus untuk renang. Karena baju itu akan membuat gerak kita di dalam air lebih nyaman dan tentunya tidak ribet.

Jadi, siapkan semua perlatan yang akan kamu butuhkan saat berenang satu hari sebelumnya, agar tidak ada yang tertinggal. Kamu bisa membawa baju renang, handuk, sabun, shampoo, baju ganti, minyak kayu putih, sunblock, dan lotion.

tokoonline88.com
tokoonline88.com

Jika anakmu masih dalam tahap belajar berenang, kamu bisa membawa pelampung untuk digunakan di kolam renang. Meski kadang pengelola kolam renang juga menyewakan pelampung sih.

Tapi, siapa tau jika kamu kehabisan persediaan pelampung pada hari itu. Karena liburan sekolah pun akan membuat kolam menjadi padat pengunjung.

2Tidak Berenang Setelah Makan

www.ibudanbalita.com

Jika kalian ingin mengisi perut, usahakan untuk makan satu atau dua jam sebelum berenang. Jangan kalian berenang dengan perut yang kekenyangan. Karena perut yang kenyang tersebut dapat memicu muntahan isi perut kalian saat berada di dalam air.

Hal tersebut dapat menyumbat kerongkongan dan menyebabkan sesak nafas. Aliran darah kalian yang terpusat di perut untuk menjalankan pencernaan akan membuat otak kekurangan darah dan memicu kehilangan kesadaran.

Sehingga perut yang kenyang dapat menyebabkan kecelakaan di kolam renang. Jadi, hati-hati ya para orang tua.

3Memakai Sunblock

www.momsbliss.com

Saat kamu berenang di tempat terbuka atau outdoor, gunakanlah sunblock. Penggunaan sunblock ini bertujuan untuk menjaga kulit agar tidak terbakar sinar matahari serta mengurangi paparan sinar ultraviolet.

Pilihlah sunblock yang waterproof, sunblock itu khusus digunakan untuk berenang kok. Jadi, si sunblock akan tetap menempel di kulitmu dan tidak hilang begitu saja jika terkena air.

4Selalu Awasi Anakmu

chaseandmore.blogspot.com

Tidak semua kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak terpisah atau minimal diberi pembatas berupa tembok. Jadi, kamu sebagai orang tua harus selalu waspada dan mengawasi kegiatan anakmu di kolam renang dengan baik.

Meskipun mereka telah menggunakan pelampung. Apalagi kalau hari itu kolam renang sedang padat-padatnya dan dipenuhi begitu banyak pengunjung. Jangan sampai kamu kehilangan mereka di sana.

5Segera Mandikan Anakmu

republik-gondes.blogspot.com

Setelah selesai berenang, langsung mandikan anakmu. Jangan lupa menggunakan sabun dan shampoo untuk membersihkan mereka dari air kolam renang yang telah dicampur dengan kaporit. Supaya mereka tidak mengalami gatal-gatal atau masalah kulit lain.

Jika sudah mandi, berikan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh mereka, serta lotion guna melembabkan kulit.

Begitulah tips untuk berenang kali ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here