pixabay.com

Lakukan Hal Berikut untuk Mengatasi Kolik Pada Si Kecil

Posted on

Jika bayi berusia kurang dari 5 bulan dan menangis sepanjang hari kemungkinan bayi kamu sedang mengalami kolik atau sakit perut. Segera bawa bayi kamu ke dokter bila kamu tidak yakin apakah bayi kamu sedang mengalami kolik atau bukan.

Perlu diketahui bahwa kolik bukan merupakan penyakit yang berbahaya bagi buah hati kamu. Akan tetapi hal ini akan sangat mengganggu apabila tidak segera kamu atasi. Buah hati kamu akan terus menangis hingga tiga jam berturut turut bahkan sepanjang malam.

Berikut adalah cara untuk mengatasi kolik pada bayi agar si kecil segera sembuh dan kembali ceria.

Buat Bayi Bersendawa

www.solusisehatku.com
www.solusisehatku.com

Bersendawa setelah minum ASI akan sangat menolong untuk mengeluarkan gelembung dalam perut bayi kamu. Sendawakan bayi sebelum dia merasa kenyang. Hal ini bertujuan agar udara dalam perut bayi tidak membuat perut semakin penuh dan sakit.

Sendawakan saat bayi merasa setengah kenyang, lalu lanjutkan menyusui hingga dia merasa kenyang dan tertidur. Jangan lupa sendawakan lagi untuk mengeluarkan udara saat bayi sedang meyusu tadi.

Pijat Perut Bayi

healthalami.wordpress.com
healthalami.wordpress.com

Cobalah untuk memijat dan menggosok lembut perut bayi kamu. Dengan melakukan pijatan yang lembut akan sangat membantu untuk mengeluarkan gas atau setidaknya membuat perut bayi merasa jauh lebih baik.

Atau kamu juga bisa meletakkan bayi pada pangkuan kamu dengan posisi tengkurap. Dengan posisi bayi yang seperti ini dapat mempermudah kamu untuk menyeka punggungnya dengan lembut dan mengeluarkan gas dari dalam perut buah hati kamu.

Memandikan Bayi

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Mandi dengan menggunakan air hangat saat bayi mengalami kolik dapat mengalihkan perhatian bayi akan lebih rileks. Air hangat juga bisa membantu buah hati kamu merasa lebih nyaman dan lebih baik.

Buat Bayi Merasa Tenang

www.kompasiana.com
www.kompasiana.com

Saat bayi menangis maka dia akan lebih banyak menelan udara. Untuk itu kamu harus menenangkannya dengan cara mengayunnya dengan lembut dan perlahan sambil berjalan jalan di dalam kamar.

Hal itu akan sangat membantu untuk menenangkan bayi kamu dan meringankna ketegangan di dalam saluran pencernaannya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *