Komik merupakan media baca yang atraktif, dimana komik ini mempunyai ciri khas yang tidak ruwet dan tidak bertele-tele, ditambah dengan gambar yang menarik.

Komik memang kadang di pandang sebelah mata bagi seniman, karena memang rata-rata hanya bersifat hiburan. Tapi sebenarnya tidak juga lho, komik juga mempunyai pesan-pesan bagus, bahkan pesan spiritual juga.

Walaupun di pandang sebalah mata, komikurs di Indonesia tidak berhenti berkarya dan justru terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka terus melahirkan karya-karya bagus, peminatnya pun juga tidak sepi.

Dari sejak tahun dahulu sampai sekarang komik terus terbit, jumlah dan jenisnya juga sangat banyak sekali. Di antara komik-komik tersebut ada yang bisa dibilang karya terbaik, komik keren atau pun sejenisnya.

nah di bawah ini akan kita bahas guys, komik mana yang terbaik di Indonesia sejak jaman dahulu? pasti penasaran kan, yuuk di simak di bawah ini.

1Si Put On

santijehannanda.wordpress.com

Komik ini merupakan komikĀ  di tahun-tahun penjajahan, komik tahun perjuangan kebebasan. Bagaimana tidak? komik ini di produksi di sekitar tahun 1954 lho.

Di tahun itu komik ini masih menggunakan bahasa sebelum ada EYD, harganya pun masih murah banget kalau di jaman kita, harganya 5 rupiah guys! kalau beli dengan duit sekarang dapet sekarung kita, hehe.

Komik Put On sendiri bercerita tentang seorang pria bujangan gendut dari kelas menengah yang lugu dan konyol yang tinggal bersama ibunya (“Nek”) dan dua adiknya, “Tong” dan “Peng.

Kho Wan Gie sang penulis komik ini, sebelum komik lucu jaman sekarang terbit, Put On sudah ada mewarnai seni media baca yang bertema rada konyol.

2Mahabharata

blog.djarumbeasiswaplus.org

Salah satu komik yang laris dalam bentuk cerita yang sangat panjang adalah komik Mahabharata ini. R.A. Kosasih merupakan sang pembuat komik ini, dimana sebenarnya cerita mahabharata itu di wayang, tapi berhasil di buat komik di tahun 1955.

R.A. Kosasih disebut bapak komik Indonesia bagi komikus di Indonesia.

3Si Buta dari Gua Hantu

sofianblue.wordpress.com

Jika kamu lahir di tahun 80 an tentu pasti ingat salah satuĀ  film yang terkenal di waktu itu, sebelum film itu ada, ternyata sudah ada komiknya lho guys. ganes namanya, sang kreator komik pencak silat ini.

Komik silat ini dianggap banyak orang berhasil mempopulerkan kisah silat yang asli nusantara dan kearifan lokal. Ceritanya pun berlatarkan pada jaman penjajahan hindia belanda. Jika kamu pecinta komik sejati, baca dech komik tahun 1965 ini.

4Petruk

penjualbuku.com

Komik ini karya seorang yang bernama Tatang S di tahun 1973. sebenarnya karakter petruk juga sama dengan mahabarata, cerita wayang yang di komik kan, tapi komik petruk berbeda dengan komik mahabarat yang sangat panjang.

Komik petruk lebih di kenal dengan cerita lucu dan menggelikan, ditemani kawan-kawannya bernama gareng, bagong dan semar, komik ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang unik.

Jika kamu ngaku sebagai pecinta komik sejati, kamu harus baca komik jadul seperti ini.

5Gundala

royhobbitz.deviantart.com

Salah satu pergeseran minat baca dan tema masyarakat waktu itu adalah yang biasanya komik lucu ala negeri sendiri beralih ke tema superhero yang ke luar negrian.

Komik gundala ini muncul menjadi tantangan dan perhatian khusus bagi pecinta komik bertema super hero di tahun 1982.

Jika dikatakan latah terhadap komik luar negeri, mungkin bisa saja iya, tapi justru dengan munculnya gundala memberikan angin segar, bahwa komik Indonesia juga tidak kalah menarik.

Gundala sendiri sangat di kenal dan populer di jaman dahulu, itu terbukti sampai sekarang masih banyak gambar2 tokoh gundala di buku gambar atau di mainan lain.

Walaupun sekarang sudah banyak tokoh super hero yang lebih bagus, gundala masih di kenang bagi pecintanya dahulu.

6Daging Tumbuh

michielmorel.nl

Tahun 2000 an merupakan tahun yang berat bagi komik Indonesia, karena di tahun itu komik jepang dan komik Amerika sedang naik daun di Indonesia.

Daging tumbuh karya Eko Nugroho ini merupakan karya yang formatnyacenderung menyerupai majalah komik, dengan isinya yang variatif dan eksperimental. Walaupun komik Underground ini hanya diproduksi dengan fotokopian dan disebarkan terbatas.

Bukan berarti itu mengurangi kehebatan karya eko nugroho ini, sang pembuat itu juga merupakan seniman paling terkenal di dalam dan luar negeri.

7Benny and Mice

blog.djarumbeasiswaplus.org

Jika kamu sering baca koran dan ada komik kecil bertema lucu, nah itu mungkin terinspirasi dari komik benny and mice. Komik termasuk komik baru, karena lahir di tahun 2007.

Komik jenis komik strip ini banyak menggambrkan kondisi dan realita yang terjadi di Indonesia, walau agak sedikit menyindir tapi tetap komik ini diatakan komik lucu dan fresh.

8Methal Pertiwi

kinescopemagz.com

Komik ini mengembalikan kehebatan komik kanuragan yang makin lama makin hilang karena moderennya jaman.

Komik ini mempunyai cerita yang cukup unik dan menarik, sang pembuat sendiri Sofyan S, menghadirkan cerita yang tidak biasa. Kehebatan Kanuragan menjadi tema utama dalam komik moderen ini.

 

SHARE