Siapa yang belum pernah merasakan yang namanya berkemah? Kegiatan rutin yang menjadi program dari Pramuka ini sudah pasti pernah kamu ikuti, minimal sekali.

Bahkan, ada yang ketagihan mengikuti kegiatan wajib yang diadakan ketika masih sekolah dulu. Jadi, sampai sekarang sering juga kemah bersama dengan teman-teman.

Apa sih hal yang paling seru untuk dilakukan waktu kamu lagi kemah? Mungkin kamu senang untuk membangun tenda? Atau memasak menggunakan tungku buatan? Ummmm, apa mungkin membuat api unggun?

Biasanya sih untuk melakukan hal-hal tersebut suka dibagi-bagi ya. Jadi ada yang kebagian jatah untuk membangun tenda, memasak atau mencari kayu untuk membuat api unggun.

Kalau kamu yang dapat jatah untuk memasak dan membuat api unggun, pasti sibuk cari ranting-ranting pohon untuk membuat api. Apalagi yang harus masak, mesti buat tungku kompor dulu, iya kan?

Nah, bisa dicoba nih kamu praktekkan cara membuat kompor atau api unggun menggunakan sebatang kayu dari pohon yang sudah dikuliti dan tidak terpakai.

Sudah pasti kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya kan? Perhatikan langkah-langkah untuk membuat kompor alami dari sebatang kayu yang besar ini dengan baik.

1Langkah 1

architecturendesign.net

Kamu siapkan terlebih dahulu kayu yang akan kamu gunakan untuk membuat kompor, pilihlah batang kayu yang besar dan keras supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan asap.

2Langkah 2

imgur.com

Setelah itu kamu harus membelah kayu menggunakan gergaji menjadi empat hingga delapan bagian, tapi jangan sampai kamu membelahnya hingga ke ujung batang. Yang ada malah kayu ini nanti terpisah-pisah.

3Langkah 3

danielshrigley.com

Masukkan benda-benda yang bisa dipakai sebagai sarana untuk menciptakan api, seperti kertas koran maupun gabus. Masukkan koran atau gabus itu ke dalam celah kayu yang telah dibuat tadi.

www.crhideas.com
www.crhideas.com

Masukkan hingga ke dalam kayu bagian bawah, supaya nanti nyala api bisa berada di bawah menuju atas.

4Langkah 4

imgur.com

Jika sudah memasukkan potongan kertas koran atau gabus, langkah selanjutnya adalah membakar kertas tadi, tunggu hingga mengeluarkan api dan berasap.

5Langkah 5

imgur.com

Setelah api terbentuk, barulah kamu bisa menggunakannya untuk memasak hidangan yang telah kamu siapkan. Mungkin menu yang hari ini ingin kamu sajikan adalah tumis daging. Mudah saja membuatnya.

Panaskan terlebih dahulu penggorengan di atas kompor kayu. Beri sedikit minyak dan tunggu hingga minyak panas.

imgur.com
imgur.com

Masukkan daging yang ingin kamu masak, tunggu hingga daging menjadi berubah warna, setelah itu daging bisa dibalik.

imgur.com
imgur.com

Tambahkan bahan makanan yang lain sebagai pelengkap hidangan tumis daging yang kamu buat, kemudian beri bumbu sesuai selera.

Lihatlah kompor kayu itu, api yang dihasilkannya begitu besar sehingga membakar batang kayu dan mengubahnya menjadi arang.

www.crhideas.com
www.crhideas.com

Namun jangan takut, kompor kayu ini masih kokoh dan bisa digunakan sampai masakan yang telah kamu buat tadi menjadi matang.

imgur.com
imgur.com

Masih berfungsi dengan baik bukan kompor ini? Bahkan kamu masih bisa menggunakannya untuk membuat olahan selanjutnya.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Akhirnya masakan yang telah dibuat menggunakan kompor kayu tadi telah matang dan dapat disantap bersama-sama selagi hangat.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Ini dia, kamu bisa menggunakan kompor alami ini untuk memasak air. Siapa tahu kamu kedinginan dan ingin membuat coklat panas saat sedang berkemah? Atau kamu ingin mandi air hangat? Hahaha.

6Api Unggun

architecturendesign.net

Dengan cara yang sama seperti saat membuat kompor, kamu bisa menjadikan batang kayu ini sebagai api unggun yang mampu menghangatkan malam-malam panjangmu bersama dengan teman camping-mu.

Apa kamu ingin mencoba membuat kompor alami serta api unggun dari batang pohon ini di kegiatan berkemahmu selanjutnya?

Tetapi ingat, tetap jaga dan cintai lingkungan ya. Jangan merusak alam kita.