Bagi kamu yang merasakan bangku sekolah menengah di awal-awal tahun 2000-an, tentunya ingat dengan mata pelajaran paling seru (karena rasanya seperti main-main) dan bagi sebagian siswa, tidak membosankan.

Ya, pelajaran komputer yang dibebankan kepada murid ini memang dianggap penting untuk diberikan, agar anak-anak mengenal teknologi. Tapi kamu tentu punya memori tentang komputer di lab yang tidak bisa hilang sampai sekarang, bukan?

Yuk, nostalgia!

1Keyboard dan Mouse Kotor

ews.viva.co.id

Karena digunakan bergantian dari kelas ke kelas dan kebersihan tangan pun tidak dipedulikan, maka keyboard komputer rawan sekali kotor.

Pada waktu itu, di laboratorium komputer pun tidak ada aturan jelas harus membersihkan tangan terlebih dahulu. Hanya saja di sebagian besar lab, cuma ada satu aturan, yaitu lepas sepatu.

2Tombol Keyboard Rusak atau Hilang

Ternyata, tidak cukup tombol keyboard atau mouse kotor, tapi juga hilang. Biasanya tombol keyboard yang hilang itu karena sudah tidak menempel pada peer, akibat ditekan terlalu keras atau penggunaannya yang kasar dan tidak hati-hati.

Akibat seringnya tombol keyboard ditekan kencang, atau ada saja tangan-tangan yang usil mencongkel tombol-tombol tersebut, maka tak aneh jika ada bagian yang hilang. Konsekuensinya, kita tidak bisa mengetik huruf dari tombol yang hilang.

3Folder Berantakan

hielmy.wordpress.com

Wah, kalau masuk ke komputer sekolah biasanya luar biasa berantakan. Anak-anak hanya diajarkan bagaimana cara memakai software tapi tidak diajarkan cara mengatur file.

Maka banyak sekali file berceceran atau folder-folder dari setiap kelas yang karena tidak diatur, maka berada di desktop atau di data D tapi nama folder dan letaknya tidak beraturan.

Hal ini tentu akan membingungkan guru apabila hendak menilai pekerjaan siswa. Maka, seharusnya pengajaran komputer ini dilakukan menyeluruh, tidak hanya belajar mengetik saja.

4Lupa Log Out

javla.com

Karena buru-buru atau lupa, biasanya banyak juga siswa yang sering lupa log out atau keluar dari komputer.

Kalau sudah begini, biasanya siswa yang iseng akan mengacak-acak foldermu atau paling parah, bisa saja menghilangkan tugas yang sudah kamu buat. Alhasil, kamu sama saja tidak mengerjakan apapun.

Kebiasaan ini sepertinya masih terus berlangsung sampai sekarang. Namun, kondisinya agak berbeda, yaitu lupa log out dari media sosial. Mungkin lebih berbahaya sekarang, daripada dulu. Ancaman hacker yang mengacak-acak media sosial kita tidak akan ketahuan.

5Banyak Virus

tamrenata.blogspot.com

Tak perlu ditanya, komputer sekolah itu sudah pasti penuh virus karena semua siswa boleh mencolokkan apapun. Maka, virusnya berkumpul dan beranak pinak tidak terkendali seperti kecoa.

Risiko komputer dengan jumlah sedikit yang digunakan siswa dengan jumlah ratusan memang sering membuat kita gemas karena file yang rusak akibat virus atau komputer yang eror karena sering digunakan bermain game.

6Satu Komputer Berdua

kepak.or.id

Di lab komputer, kamu tidak selalu bisa memegang komputer sendiri. Biasanya, kamu akan dipasangkan dengan teman berdasarkan absen.

Kadang kala, komputer yang menjadi jatahmu dan akan dipakai belajar, ternyata rusak. Jadilah kamu mencari komputer yang tidak rusak, yang sudah ada pemakainya. Maka, ketika mengerjakan tugas pun tidak bisa cepat karena harus bergantian.

Namun, ada pelajaran yang bisa kita ambil dari peristiwa penggunaan satu komputer berdua, yaitu melatih kesabaran dan tolong-menolong.

7Games

taringa,net

Meskipun sebenernya tidak boleh, tapi ada saja permainan yang terselip di folder komputer. Biasanya, permainan itu bisa ada di komputer sekolah karena buah tangan orang-orang iseng yang ingin bermain game di komputer sekolah demi membunuh kebosanan.

Banyak sekali ya kenangan seputar komputer di lab komputer sekolah. Kamu pasti masih terbayang kan bagaimana aroma lab, suasana, dan siapa gurunya? Kira-kira, apalagi kejadian di lab komputer sekolah yang seru dan lucu untuk dikenang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here