www.lengkapi.com

Komunikasi Berkualitas dengan Pasangan, Modal Utama Keharmonisan

Posted on

Jika kamu amati banyak sekali kasus perceraian artis layar kaca yang disebabkan sudah tidak ada lagi kecocokan. Pernikahan adalah sebuah ikatan suci. Saat janji setia terucapkan, semestinya tidak mudah untuk mengucap kata berpisah.

Bagaimana mungkin bisa memutuskan untuk mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangan jika tidak ada kecocokan sejak awal?

Kata orang rumah tangga adalah sebuah madrasah yang mengajari kita banyak hal. Berbagai terpaan masalah datang silih berganti. Namun permasalahan tersebut tidak akan berujung kepada perceraian jika dijalin komunikasi yang baik.

www.lukihermanto.com
www.lukihermanto.com

Komunikasi berkualitas adalah modal utama agar pasangan saling memahami. Jika sudah saling memahami, maka satu sama lain akan saling menjaga.

Beberapa tips di bawah ini dapat membantumu menjalin komunikasi berkualitas bersama pasangan.

Percayalah Terhadap Suami

www.seputarpernikahan.com
www.seputarpernikahan.com

Modal utama menjalin sebuah hubungan adalah saling kepercayaan. Mulai dari awal pernikahan tanamkanlah dalam hatimu bahwa kamu mempercayai apapun yang dikatakan suamimu.

Apabila kamu tidak percaya, maka hanya akan ada perasaan curiga saat berkomunikasi dengannya. Kecurigaan ini pasti terekspresikan dari caramu berbicara. Alhasil pasangan selalu merasa tidak nyaman berbicara denganmu.

Bagaimana jika suamimu lebih nyaman berbicara dengan wanita lain? Hal ini akan membawa masalah yang lebih besar lagi.

Oleh karena itu buatlah kesepakatan bersama suami agar saling percaya. Jika suatu hari salah satu diantara kalian terpaksa berbohong, bersegeralah meminta maaf dan menjelaskan kepada pasangan.

Pahami Kondisi Pasangan

www.lukihermanto.com
www.lukihermanto.com

Manusia tidak selalu dalam kondisi yang baik diajak berkomunikasi. Sebagai contoh saat suami lelah pulang dari bekerja, kamu langsung ngomel-ngomel minta ini dan itu.

Kamu tidak akan di dengarkan suamimu. Ia malah semakin jengah melihat tingkah lakumu.

Pahamilah kondisi pasanganmu. Saat ia terlihat lelah pulang kerja, sajikanlah teh hangat kepada suami. Siapkan air hangat untuk ia mandi. Begitu juga dengan pakaian dan makanan.

Jika perlu pijat-pijatlah suamimu agar ia merasa nyaman. Setelah ia nyaman dan tenang ajaklah berkomunikasi secara baik-baik. Suamimu pasti mendengarmu dan akan memberikan keputusan yang lebih bijaksana saat ia bisa berpikir jernih.

Pahami Apa-Apa yang Disukai dan Dibenci Pasangan

www.satujam.com
www.satujam.com

Hidup satu atap bersama suami selama bertahun-tahun tentu membuatmu belajar apa-apa yang disukai suami dan apa-apa yang dibenci suami. Peganglah dengan kuat hal-hal ini.

Sebagai contoh suami tidak menyukai kamu membuka-buka laptop kerjanya. Jangan sampai kamu membuka laptop kerjanya tanpa seizin suami.

Meskipun ini hal kecil, namun merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap suami. Jika suamimu sudah sering merasa tidak kamu hargai, maka komunikasi yang berkualitas akan semakin sulit di capai.

Begitu juga ketika akan menyampaikan sesuatu hal. Komunikasikan dengan cara dan suasana yang disukai suamimu.

Ingat, bahwa sesuatu yang baik tidak akan diterima dengan baik jika cara menyampaikan dan waktu menyampaikan kurang tepat.

Misalkan kamu dapat menyampaikan sesuatu yang kamu inginkan di saat makan malam dengan menu kesukaannya.

Biasakan Mengalah

www.voa-islam.com
www.voa-islam.com

Setiap manusia pasti memiliki kecenderungan untuk tidak mau disalahkan. Meskipun ia salah, ia akan berusaha mencari alasan-alasan pembenaran terhadap apa yang ia lakukan.

Namun, kecenderungan seperti ini harus dikendalikan. Jika kamu ingin selalu menang sendiri maka kamu akan sulit menerima saran yang disampaikan suamimu.

Akan lebih baik jika kamu mengalah kepada suami. Bagaimanapun juga fitrah seorang laki-laki adalah memimpin. Kamu tidak boleh melanggar fitrah itu dan menang di atas suamimu.

Mengalahlah, maka kamu akan memenangkan hati suamimu.

www.lutfanter.blogspot.com
www.lutfanter.blogspot.com

Sebuah pepatah mengatakan bahwa semakin tinggi pohon maka angin yang menerpanya akan semakin kencang. Angin kehidupan tersebut tak akan menjadi masalah jika kamu dan suamimu saling menguatkan.

[td_smart_list_end]

One thought on “Komunikasi Berkualitas dengan Pasangan, Modal Utama Keharmonisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *