Komunikasi adalah hal yang sudah pasti setiap saat dilakukan bagi pasangan yang sudah menikah. Secara setiap hari bertemu, setiap hari bicara tentu seharusnya semakin lama semakin paham, tapi yang berat adalah bagaimana komunikasi ketika ada suatu masalah.

Ketika dua orang menjalin kedekatan, urusan kesalahpahaman memang kerap muncul. Ini adalah hal wajar selama tentunya kita melakukan usaha untuk mengomunikasikan hal tersebut bersama pasangan kita.

Tentu dengan berbicara terbuka tentang perasaan, kita tentu akan membuat hubungan terjalin dengan lebih rekat. Tapi bagaimana cara membangun komunikasi yang efektif? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa kamu coba

1Saling Mendengarkan

pzhgenggong.or.id

Dengarkan pasangan kita berbicara bahkan berikan waktu yang banyak untuk berbicara semua yang ada di dalam hatinya. Tunjukkan kepedulian dan kepekaan kamu mungkin dengan reaksi mata, ekspresi atau mungkin senyuman manis tanda cinta.

Dengan mendengarkan ini akan kamu ketahui semua apa yang di dalam hatinya, apa yang menjadi keinginannya dan juga kamu paham bagaimana karakter dari pasangan kita.

Dalam mendengarkan ini jangan melakukan kegiatan lain seperti main handphone, ngetik di laptop atau baca buku. Konsentrasilah dengan apa yang pasangan bicarakan.

Hargailah apa yang pasangan kita ingin dibicarakan, sekecil apapun yang dibicarakan akan berdampak baik pada komunikasi kamu ke depan.

2Time To Talk

redaksimuslim.com

Setiap hari usahakan selalu ada waktu untuk bicara berdua, waktu yang paling tepat adalah sebelum tidur. Ketika itu semua pekerjaan sudah selesai, anak sudah tidur dan waktu itu waktu yang mendukung dengan suasananya.

Atau mungkin kamu bisa buat jadwal setiap bulan sekali ngobrol dengan pasangan di suatu tempat kesukaan, misal di cafe, di hotel atau mungkin juga sambil jalan-jalan sore.

Pembicaraan yang dilakukan setiap hari bisa berkaitan apa yang terjadi di hari itu, bagaimana perasaan di hari itu sehingga pasangan akan tau dan paham bagaimana keseharian kita. Dengan paham itulah komunikasi akan mulai berjalan efektif.

3Saling Menanyakan

kabarterbaik.com

Komunikasi efektif tidak hanya sekedar berbicara dan mendengarkan tapi juga harus menunjukkan kepedulian.

Kita bisa bertanya pada pasangan atas apa yang terjadi padanya. Mungkin mukanya cemberut, lagi banyak senyum atau ekskpresi nya datar-datar saja.

Tapi yang terpenting adalah kita juga harus tahu kapan dan waktu yang tepat untuk bertanya misal saat pasangan sedang ingin sendiri itu jangan malah banyak pertanyaan, biarkan dulu saja, ketika nanti sudah baikan kamu bisa bertanya dengan baik-baik.

4Tidak Sok Tahu dan Menggurui

alikhlasmusholaku.blogspot.com

Komunikasi yang sudah mulai berjalan kadang rusak dan terputus ketika salah satu dari pasangan sok tahu atau menggurui.

Sok tahu ini bikin komunikasi terhenti dan untuk memulainya lagi juga agak susah. Jadi ketika pasangan bicara jangan sok tahu dengan menebak-nebak atau mengira-ngira.

Jangan juga menggurui atau sok menjadi guru untuk dipanuti, biarkan pasangan melakukan sendiri apa yang ingin dilakukan dan dikatakan.

Sekiranya ada yang kurang pas dan kurang tepat kamu bisa membetulkannya, mungkin juga pasangan butuh balasan justru itulah waktu yang sangat tepat.

Itulah beberpa hal yang bisa kamu coba untuk membangun komunikasi efektif bersama pasangan, memang kadang tidak mudah, butuh kesabaran dan ketulusan juga untuk menjadikannya komunikasi yang efektif. Semoga bermanfaat ya