taqorrub.com

6 Fakta Unik Seputar Korea Utara

Posted on

Pernah melihat film Korea? Kalau pernah, film yang kamu lihat itu bukan film dari Korea Utara, melainkan dari Korea Selatan. Tapi, kedua negara ini sama-sama memiliki keindahan alam.

Korea Utara tidak setenar Korea Selatan. Negara ini sangat tertutup dan diembargo oleh Amerika Serikat. Meski demikian, banyak orang yang penasaran dengan Negara Korea Utara.

Terlebih jika kamu simak baik-baik ulasan fakta seputar Korea Utara di bawah ini. Dijamin, kamu akan tercengang saat mengetahuinya.

Yuk, simak bersama!

Aturan untuk Pengguna Kendaraan Bermotor

speedcornering.wordpress.com
speedcornering.wordpress.com

Kondisi di Korea Utara berbanding terbalik daripada di Indonesia. Kalau di Indonesia, mobil dan motor boleh dimiliki semua warga negara. Tapi, tidak dengan di Korea Utara.

Pemerintah Korea Utara hanya mengizinkan pejabat dan militer saja yang memakai mobil maupun sepeda motor. Jika warga biasa, harus berjalan kaki atau naik sepeda saat pergi kemanapun.

Sedikit saja melanggar larangan ini, warga sipil bisa terkena masalah.

Model Rambut Ditentukan Pemerintah

taqorrub.com
taqorrub.com

Aturan unik yang tidak dimiliki oleh negara manapun ya, hanya aturan ini. Pemerintah Korea Utara menetapkan 28 model rambut yang boleh dipakai warga negaranya. Selain model rambut tersebut, mereka tidak boleh memakainya.

Kaum laki-laki harus memotong rambutnya menjadi cepak dan pendek. Sementara yang perempuan yang belum menikah, wajib memotong rambut menjadi pendek juga sesuai dengan model yang ditetapkan pemerintah.

Sangat tidak bebas ya, guys!

Internet dan Berita Dilarang Pemerintah

gadgetan.com
gadgetan.com

Bersyukurlah kamu yang tinggal di Negara Indonesia atau negara lainnya yang bebas menggunakan apa saja. Tapi, di Korea Utara, kamu tidak akan mendapati kebebasan itu.

Kalaupun boleh melihat televisi, itupun hanya saluran televisi dalam negeri. Begitu pula dengan penggunaan internet.

Di sana, warga negara biasa tidak boleh menggunakan internet. Hanya pemerintah saja yang boleh menggunakannya.

Rudal Paling Besar di Dunia Milik Korea Utara

radiopostki.com
radiopostki.com

Inilah sebabnya Korea Utara paling ditakuti oleh negara-negara lain. Pasalnya, Korea Utara adalah pembuat rudal terbesar di dunia.

Jika perang sampai terjadi, Korea Utara akan meluncurkan rudal-rudal tersebut. Selain itu, nuklir di Korea Utara terkenal berbahaya. Dampak radiasi yang muncul lebih berbahaya dari rudal manapun.

Korea Utara telah belajar membuat rudal selama puluhan tahun. Itulah sebabnya mereka begitu hebat ketika membuat rudal.

Membuat Kalender dan Zona Waktu

hotcopas.com
hotcopas.com

Negara Korea Utara mungkin satu-satunya negara yang tidak kompak. Pemerintah Korea Utara membuat kalender dan zona waktu sendiri yang berbeda dari aturan internasional.

Mereka membuat kalender Juche yang awalnya dikenalkan tahun 1997. Kalender tersebut dibuat berdasarkan kelahiran Kim Il-Sung. Dia adalah pemimpin pertama di Korea Utara.

Perhitungan kalender dimulai dari tanggal 12 April 1912. Kalau sekarang tahun 2015, di Korea Utara baru tahun 105. Menakjubkan bukan?

Selain itu, Korea Utara menjadwal ulang zona waktunya menjadi 30 menit lebih awal dari Jepang dan Korea Selatan yang berada di zona waktu utama.

Negeri Ganja

acehraya.co.id
acehraya.co.id

Ini yang paling gila. Negara Korea Utara dengan terbuka mengizinkan peredaran ganja! Rata-rata warga negara Korea Utara menggunakan sebagai rokok dan menganggapnya sebagai makan sehat.

Menghisap ganja bukan hal tabu di sana. Banyak yang melakukannya di tempat umum, seperti bar atau taman.

Tapi, di negara ini, obat terlarang selain ganja dilarang keras untuk diedarkan. Kalau ketahuan, hukuman mati sudah pasti menghadang.

Itulah beberapa fakta unik mengenai Korea Utara. Meski kelihatannya ketat, namun Warga Negara Indonesia justru boleh keluar masuk ke sana dengan bebas.

[td_smart_list_end]