Korupsi dalam bahasa latin adalah kata kerja yang bermakna busuk, atau rusak, menggoyahkan, memutarbalikkan dan menyogok.

Korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus, politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Wah, tentu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Dimana ada KPK, disana pasti ada koruptor. Hihi.

Nah kamu tentu sering melihat atau mendengar orang-orang menyamakan antara tikus dan koruptor. Biasanya para koruptor mendapat julukan tikus negara, atau pejabat tikus. Eits, julukan ini bukan tanpa alasan lho. Mau tau? Simak ulasannya berikut ini ya.

1Suka Nyolong

pengusirseranggaelektronik.blogspot.com

Hihi. Ya wajar aja di samakan dengan tikus, atau dijuluki si tikus berjas. Kan suka nyolong, sama seperti tikus yang suka nyolong ikan, keju dan makanan lainnya dari dapur. Kalau koruptor, ya nyolong uang dari dapur rakyat. Duh!

Tapi mungkin perbedaan mendasarnya adalah apa yang mendasari mereka nyolong. Tikus nyolong karena memang mereka harus bertahan hidup, sementara koruptor nyolong arena apa ya? Karena serakah sih.

2Susah Ditangkap

nafaspembaharuan.blogspot.com

Si tikus memang jago lari, itulah kenapa susah sekali untuk menangkapnya. Sama deh sama koruptor. Sama-sama gesit kalau soal kabur.

Bedanya kalo tikus sembunyi di belakang lemari atau di gorong-gorong, kalo koruptor sembunyinya di luar negeri, pake duit yang dia colong dari kamu. Jadi kalau tikus mau nggak mau jadi kotor pas sembunyi, koruptor malah bisa sambil jalan-jalan dan menikmati peradaban pas sembunyi.

3Membaur dengan Masyarakat

www.urbancult.net

Baik tikus dan koruptor sama-sama hidup membaur di antara kita semua dan terkadang sulit untuk menyadari kehadiran mereka.

Setelah kamu melihat mereka, kamu baru tahu bahwa ternyata hidup kamu dikelilingi oleh mereka dan kamu memang gak bisa lepas dari mereka. Kamu boleh kesel, pengen memberantas mereka, tapi ternyata mereka sudah menjamur dan jumlahnya jauh lebih banyak dari kamu.

4Bermuka Busuk

www.ummi-online.com900 × 600

Yah, biasanya dua-duanya memang bermuka busuk. Kadang mungkin kamu akan menemukan tikus yang lucu, tapi lebih sering kamu udah jijik duluan kan? Hiiiy!

So, kalau ngga mau disamakan dengan tikus, ya jangan korupsi dong!

SHARE