Karya seni bisa dituangkan dalam segala bentuk kehidupan, salah satunya dalam rangka menyampaikan ajaran agama tertentu. Hal ini seperti yang dilakukan oleh seorang seniman bernama Isana Yamada.

Isana Yamada membuat miniatur dunia dalam bentuk ikan paus. Enam ikan paus yang dibuat merepresentasikan enam alam dalam kosmologi buddha, yaitu alam surga, asura, alam hewan, neraka, alam hantu, dan alam manusia.

Semua miniatur ikan paus ini kemudian ditampilkan di Universitas Tokyo. Kamu mau tau nggak bentuk miniatur pausnya seperti apa. Kalau penasaran, kita lihat saja yuk foto-foto berikut ini!

1Inilah Miniatur Paus itu!

boredpanda.com

Kalau kamu penasaran bagaimana miniatur ikan pausnya, maka rasa penasaran kamu akan terobati dengan melihat gambar di atas. Ternyata begitu ya rupa dari miniatur dunia dalam kosmologi agama Buddha.

Ya, itu baru satu bentuk kehidupan atau bentuk satu alam saja. Nanti kita bisa lihat kok apa filosofi dari bentukan-bentukan alam yang ada di dalam perut ikan paus itu. Eh, tapi ikan pausnya buatnya dari apa ya?

Oiya, ikan pausnya dibuat dari resin yang merupakan senyawa polimer rantai karbon. Wah, tapi kalau dijelasin di sini bisa jadi satu artikel sendiri. Kita bahas lain waktu aja ya! Yuk kita kembali pada bentuk-bentuk miniaturnya!

2Simbol Kehidupan di Alam Manusia

boredpanda.com

Simbol kehidupan di alam manusia digambarkan dalam bentuk perahu nelayan. Ini menjadi simbol bahwa kehidupan itu penuh dengan perjuangan, kerja keras dan pengorbanan untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, manusia butuh sarana, alat atau semisalnya untuk bisa bertahan dengan kehidupan yang keras ini. Benar juga sih, dalam hidup kita memang tidak bisa menggantungkan diri kita kepada orang lain, kita harus berusaha dengan tangan kita sendiri.

3Lingkaran Kematian dan Kelahiran Kembali

boredpanda.com

Dalam kosmologi agama Buddha, kehidupan dan kematian itu seperti sebuah alur yang tidak dapat terpisahkan. Akan selalu ada kaitannya antara satu alam dengan alam lainnya.

Dalam tubuh ikan paus yang ini, digambarkan bahwa seseorang itu akan mati dan nantinya akan dilahirkan kembali, seperti reinkarnasi gitu kali ya! Berarti mengalami fase jadi hantu dong! Wah jadi inget film-film Cina zaman dulu nih!

4Inilah Keenam Miniatur itu

boredpanda.com

Beginilah Keenam miniatur dunia ini ditampilkan kepada para pengunjung. Penyusunannya pun dibuat melingkar, sepertinya filosofinya sama dengan pembahasan sebelumnya, karena menurut kosmologi Buddha antara tiap alam itu saling terkait.

Benar seperti itu nggak ya? Wah, kalau urusan benar atau tidak sih dikembalikan kepada keyakinan masing-masing. Kalau buat orang Islam, apa yang diyakini pasti beda lagi, begitupula dengan agama lainnya.

5Inikah yang Menggambarkan Surga?

boredpanda.com

Di awal, kan miniatur ikan paus ini ada yang merepresentasikan alam surga? Kira-kira ikan yang ini bukan ya yang menggambarkan alam surganya? Soalnya seolah-olah ada sungai yang begitu segar di dalam tubuh pausnya.

Soalnya, biasanya surga itu digambarkan dengan keindahan, kesejukan, air sungai yang mengalir dan gambaran-gambaran menakjubkan lainnya. Mungkin gambaran tentang surganya hampir sama seperti itu.

6Lalu, Apakah Ini Alam Hantu?

boredpanda.com

Kalau gambar sebelumnya kita prediksi sebagai alam surga, mungkin alam hantunya yang ini nih! Soalnya pausnya penuh dengan asap, jadi lebih dekat ke ciri-ciri hantu yang gaib dan tidak nampak wujudnya serta mengeluarkan asap kalau sedang menampakkan diri.