Mendengar berita akhir-akhir ini tentang terorisme di Paris, Prancis, membuat kita takut untuk berkunjung kesana. Bahkan mungkin kita berfikir bahwa Paris menjadi salah satu kota berbahaya.

Namun sebetulnya secara umum, dilihat dari angka dan intensitas, kota Paris masih jauh lebih aman ketimbang kota-kota berbahaya lainnya.

Terlepas dari teror yang terjadi, Paris merupakan tempat wisata yang sudah lama terkenal aman. Ini sangat kontras dengan beberapa kota di Amerika Selatan dan Amerika Utara ini, kejahatan disana adalah makanan sehari-hari.

Berikut 5 kota yang dianggap paling berbahaya di dunia.

1Caracas, Venezuela – Marak Perampokan Bersenjata

voanews.com

Ibu kota sebuah negara memang seringkali menjadi sarang bagi tindakan krimanalitas, begitu juga dengan kota Caracas di Venezuela.

Namun tingkat kejahatan di kota ini bukan main-main, tercatat ada 122 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk. Menjadikan kota ini sebagai salah satu kota dengan tingkat pembunuhan tertinggi dunia.

Pemandangan sehari-hari kota ini jika mau ditelisik lebih dalam, penuh dengan perdagangan narkotika, pertempuran jalanan dan perampokan bersenjata.

Tidak peduli lokasi mana yang akan dikunjungi di wilayah Caracas, warga dan turis yang mengunjungi kota ini harus selalu ekstra berhati-hati.

Terletak di bagian utara negara Venezuela, Caracas mengikuti kontur sempit lembah pada pegunungan pesisir Venezuela. Tingginya tingkat kemiskinan di kota ini juga menjadi faktor pendorong kriminalitas, terutama perampokan.

Apabila kamu melakukan perjalanan di kota Caracas, pastikan untuk selalu mengajak teman. Apalagi jika kamu datang dalam rangka bisnis dengan membawa banyak uang, lebih aman menyewa penjaga atau bodyguard.

2San Pedro Sula, Honduras – 3 Pembunuhan per Hari

businessinsider.com

Dengan angka rata-rata 3 kasus pembunuhan setiap harinya dan 169 kasus pembunuhan yang disengaja per 100.000 penduduk. Terang benderang inilah kota yang paling berbahaya nomor wahid sedunia.

Predikat yang disematkan untuk kedua kalinya pada kota San Pedro Sula, bahkan melebihi kota-kota kriminal yang terkenal di Meksiko.

Kota San Pedro barada di sudut barat laut Honduras, di Valle de Sula (Sulla Valley), kira-kira 60 kilometer sebelah selatan Puerto Cortés di Laut Karibia.

Dengan total penduduk di kotamadya utama sebesar 1.245.598 jiwa, kota ini menjadi kota terpadat kedua di Negara Honduras, setelah ibukota Tegucigalpa.

3Acapulco, Meksiko – Mafia Narkoba Terbanyak

funnymalaysia.net

Pada era tahun 1950-an kota ini menjadi ikon wisata Meksiko, dengan resor pantai yang paling terkenal di Meksiko. Bahkan wisatawan pengunjung kota Acapulco bukan hanya orang biasa, tapi para bintang Hollywood papan atas.

Namun apa yang terjadi saat ini berbalik arah 180 derajat, hanya segelintir orang saja yang mau berwisata ke kota ini. Acapulco dari kota wisata berubah image menjadi kota dengan gembong mafia narkoba terbanyak.

Mafia narkoba adalah masalah di seluruh Meksiko dan menjadi biang keladi menurunnya wisatawan yang datang ke Acapulco. Terutama dalam satu dekade ini, bisnis ilegal narkoba semakin menjadi-jadi di kota ini.

Narkoba jelas memicu tindak kejahatan lainnya. Kekerasan, perampokan, perang antar geng, semua kini menyelimuti kota ini. Tak mengherankan jika kamu akan sering melihat mayat di sudut-sudut kota Acalpuco.

Kondisi yang amat menakutkan di kota pelabuhan ini. Membuat tak banyak warga luar dan wisatawan yang berani memasuki kota ini.

4Distrito Central, Honduras – Beragam Kriminalitas Lengkap

academic.ru

Ini adalah kota kedua di Honduras sebagai kota paling berbahaya di Dunia. Melampui tingkat kriminalitas di kota-kota besar dunia. Distrito Central seakan menggabungkan semua jenis kejahatan menjadi satu dalam sebuah distrik.

Distrito Central merupakan penggabungan dari tiga kota dengan tingkat dan ragam kejahatan yang berbeda. Penggabungan 3 kota ini menjadi satu distrik seakan pemerintah ingin mengisolir para pelaku kriminal di Satu wilayah.

Ini dimaksudkan agar pemerintah bisa melakukan secara lebih efektif, mengeluarkan regulasi yang tepat untuk ketiga kota.

5Maceió, Brasil – Kota Paling Berbahaya di Brasil

valeagoraweb.com

Kota tidak terlalu terkenal dari segi yang lain, namun tingkat kejahatannya menjadikan kota ini dikenal dan ditakuti oleh masyarakat dunia.

Maceió adalah ibukota negara bagian Alagoas, Brasil. Tingkat kriminalitasnya melebihi kota besar yang terkenal dengan perumahan paling kumuh di Brasil, Rio de Janeiro.

Bagaimana tidak, di kota Maceió tercatat ada 135 pembunuhan per 100 ribu penduduk. Menobatkan kota ini menjadi kota yang paling berbahaya di Brasil.

Seperti halnya kota-kota berbahaya lain, problem kemiskinan, mafia narkoba menjadi pendongkrak tingkat kriminalitas di sebuah wilayah.

6Torreon, Meksiko – Kota Industri Paling Tidak Aman

huffingtonpost.com

Meksiko memang seringkali menjadi ikon kriminalitas dunia. Kemiskinan yang tinggi, perdagangan narkoba yang luas adalah gambaran paling di kenal dari negara ini.

Selain kota Acapulco, kota Torreon menjadi kota paling bahaya kedua di Meksiko. Padahal kota ini adalah kota yang memilki banyak industri penting bagi negara. Namun nyatanya tidak mengurangi angka kejahatan.

Kota ini menjadi kota dengan angka pembunahan yang tinggi. Bayangkan saja dalam satu hari terjadi 87 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk. Miris bagi sebuah kota industri.