Macet sudah menjadi hal yang umum di jaman sekarang. Disaat kepadatan penduduk naik, bangunan semakin banyak dan semakin banyak produksi kendaran bermotor tentu macet menjadi masalahnya.

Penyebab macet tidak hanya itu saja, club motor yang sering konvoi, acara negara atau pemimpin dunia yang melintasi jalan dan tidak tertibnya masyarakat pengendara kendaraan bermotor juga menjadi penyebabnya.

Selain itu, bermacam kecelakaan dan pembuatan sarana di jalan juga bisa menjadi penyebab kegiatan yang sangat menjemukan ini.

Di kota di sebuah Negara yang banyak penduduknya dan minim fasilitas jalan yang memadai tentu macet menjadi masalah yang sulit di selesaikan. Mereka sering kali  mencoba menyelesaikan masalah tersebut, tapi belum bisa tuntas juga.

Diukur dari stop dan start . Alat navigasi TomTom yang mengalkulasikan jumlah stop dan start per kilometer. Kemudian mengalikannya dengan jarak tempuh rata-rata setiap tahun di 78 negara berbeda.

Dan inilah hasilnya,ada 7 kota yang merupakan kota yang paling macet di seluruh dunia.

1Jakarta, Indonesia

okezone.com

Siapa yang kenal dengan Jakarta? kota yang super padat ini merupakan kota termacet di seluruh dunia. Keadaan yang dimana jumlah penduduknya sangat padat, industri dan pabrik yang ada dimana-mana menjadikan kota ini kota super macet.

Ditambah lagi banyak sekali pejabat negara yang sering turun ke jalan, membuat keadaan semakin parah.

Di ukur dengan alat, Jakarta mencatatkan 33,240 stop-start per tahun, angka yang tertinggi dari ukuran dari mana pun. Kalau kamu ke jakarta disarankan punya helikopter atau jet pribadi, hehe.

2Istanbul, Turki

boombastis.com

Istanbul mencatat 32,520 stop-start per tahun, angka ini merupakan angka tertinggi kedua setelah Jakarta. Turki memang banyak sekali penduduknya, banyak juga acara keramaian disana. Ini mengakitbatkan macet jadi masalah utama mereka.

3Kota Meksiko, Meksiko

lelakijelata.blogspot.com

Meksiko memang kota yang padat, setiap harinya empat juta kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya. Imbasnya kota ini menjadi kota paling buruk soal udara, polusi udara terjadi dimana-mana.

Kota meksiko mencatat angka 30,840 stop-start per tahun.

4Surabaya, Indonesia

tesarakram.wordpress.com

Surabaya merupakan kota yang produksi penambahan kendaraan bermotornya sangat tinggi, mencapai 209.000 unit per tahun. Jadi sekitar 17.000 per bulannya. Bayangkan saja apa yang terjadi lima tahun ke depan.

Surabaya mencatat angka 29,880 stop-start per tahun. Kondisi ini bisa lebih buruk dan bahkan bisa dikatakan Surabaya sebentar lagi akan kritis.

5St. Petersburg, Rusia

sapanesia.blogspot.com

Kota ini mencatat angka 29,040 stop-start per tahun. Padahal kota ini memiliki sistem transportasi publik yang bagus, Sekitar 2,5 juta penumpang tercatat menggunakan layanan kereta bawah tanah, Metro, setiap harinya.

Yang membuat macet di kota ini adalah lalu lintas pegawai yang tinggal di luar kota, otomatis jalan menjadi padat dan ramai.

6Moskow, Rusia

feed.id

Fasilitas jalan raya di Moskow sebenarnya memadai, tapi pelonjakan pembelian kendaraan di tahun terakhir ini membuat pemerintah kewalahan. Lonjakan ini membuat jalan yang bisa di lalui hanya 30% dari jumlah kendaraan.

Pemerintah mengakui bahwa terlambatnya pembangunan infrastruktur menjadi kendala kemacetan ini. Kecepatan disana rata-rata hanya 3 km/jam sama dengan jakarta. Tapi Moskow mencatat angka 28,680 stop-start per tahun saja.

7Roma, Italia

kotabsd.com

Kota ini merupakan kota terpadat di dunia dan survei yang sangat mengejutkan yaitu setiap 1000 orang mempunyai 600 kendaraan bermotor. Maka tak heran pemrintah Roma sulit mengatasi kemacetan.

Roma mencatat angka 28,680 stop-start per tahun.

8Bangkok, Thailand

modifikasi.com

Bangkok mencatat angka 27,480 stop-start per tahun. Kebijakan bekas PM Takhsin Shinawatra yang memangkas pajak kendaraan bermotor justru menambah masalah macet disana.

Kota berpenduduk sekitar 14 juta jiwa itu memiliki hampir delapan juta kendaraan, separuh lebih dari jumlah penduduknya.

SHARE