Sejarah merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan hidup manusia. Nah, kamu juga pasti punya catatan sejarah tentang kehidupanmu kan? Mempelajari sejarah juga merupakan kegiatan penting yang perlu kita lakukan.

Dengan mempelajari sejarah, maka kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa yang sudah terjadi atau dengan benda-benda yang pernah diciptakan.

Jika kita sudah menangkap pesannya, maka yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah mengambil nilai-nilai yang baik dan memperbaiki yang buruk.

flickr.com
flickr.com

Begitulah pentingnya sejarah bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu, kamu pun sebaiknya sesekali melihat jejak-jejak sejarah yang ada.

Nah, salah satu kawasan di Jakarta yang sangat memfasilitasi hal ini adalah kota tua. Yuk, kita lihat jejak-jejak sejarah yang bisa kita kunjungi di kota tua.

1Museum Wayang

annisaamaliaapriliani.wordpress.com

Salah satu museum yang wajib kita kunjungi di kota tua ialah Museum Wayang. Dengan adanya museum ini, maka kita perlu bangga dengan warisan nenek moyang kita yang satu ini, yaitu wayang.

Di tempat ini dikoleksi berbagai jenis wayang dari seluruh Indonesia. Wayang-wayang yang dipamerkan di sini ada yang terbuat dari kayu, kulit, dan dari bahan lainnya.

Di museum ini pun disuguhkan wayang dan boneka dari negara lainnya lho. Selain itu tempat ini pun sangat cocok untuk melakukan foto-foto.

2Museum Seni Rupa dan Keramik

markassemut.com

Untuk kamu yang suka benda-benda seni rupa dan keramik, maka tempat ini cocok buat kamu. Di sini tersimpan aneka koleksi kerajinan keramik dari seluruh Indonesia.

Keramik yang di simpan di sini bukanlah keramik biasa tentunya, tapi ada yang merupakan keramik dari peninggalan Kerajaan Majapahit.

Wah, pasti menarik sekali tempat ini ya. Ayo, sempatkan dirimu ke sini. Tempat ini mudah dijangkau kok. Oiya, letak museum ini tepatnya di seberang Museum Sejarah Jakarta. Kalau kamu naik commuter line Jabodetabek, kamu tinggal jalan kaki menuju museum ini.

3Museum Bank Indonesia

flickriver.com

Mungkin pernah terpikir di benak kamu bagaimana terbentuknya sebuah institusi bernama bank. Nah, di tempat inilah kamu bisa menemukan jawaban dari pertanyaan kamu itu. Di tempat ini kamu bisa mengetahui sejarah terbentuknya bank di Indonesia.

Walaupun namanya museum, namun bank ini dikemas secara modern, jadi kamu sebagai pengunjung bisa mempelajari sejarah dengan nyaman. Selain itu, di tempat ini ada juga bukti-bukti sejarah mengenai keuangan di nusantara ini sebelum keberadaan bank.

4Museum Bank Mandiri

snipview.com

Jika kamu ingin melihat kekokohan bangunan yang didirikan tempo dulu, maka lihatlah Museum Bank Mandiri. Di museum ini kamu bisa menyaksikan arsitektur kuno peninggalan jaman Belanda.

Selain itu, museum ini pun menyimpan perlengkapan operasional bank jaman dulu. Mungkin benda-benda yang tersimpan di sini akan terasa unik bagi kita yang sudah disuguhkan dengan teknologi canggih seperti sekarang.

Selain itu, tempat ini pun memiliki spot-spot yang oke untuk dijadikan latar pemotretan. Bagi kamu yang ingin melatih keterampilan fotografi, maka sering-seringlah berkunjung ke tempat ini.

5Museum Fatahillah

windows0day.com

Nah, ini dia museum paling favorit di kota tua, ya apalagi kalau bukan museum Fatahillah atau sering dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta. Oiya, kamu perlu tahu bahwa museum ini tadinya merupakan balai kota Batavia.

Di tempat ini kita bisa melihat jejak-jejak kekejaman para penjajah Belanda jaman dahulu. Kekejaman ini dapat kita lihat dengan adanya ruang-ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara.