Setiap aktivitas tentu menghasilkan barang bekas. Terkadang barang bekas tersebut bikin keki karena memenuhi ruangan dan mengganggu pemandangan. Efek yang lebih besar, barang-barang bekas dapat menjadi masalah lingkungan.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Padahal dengan sedikit sentuhan kreativitas dan imajinasi, barang-barang bekas tersebut dapat di sulap menjadi barang-barang unik dan tentu saja memiliki nilai kebermanfaatan.

Berikut ini 5 barang bekas yang dapat di sulap menjadi barang unik dan bermanfaat.

1Kaleng Bekas

www.boredpanda.com

Setelah lebaran atau momentum berkumpul dengan keluarga lainnya, biasanya disediakan makanan-makanan kecil yang tidak setiap hari disajikan. Banyak dari makanan kecil tersebut yang dikemas dalam kaleng.

Begitu juga dengan kamu yang memiliki anak kecil dan rutin mengkonsumsi susu kaleng. Kaleng-kaleng tersebut biasanya menumpuk di sudut ruangan.

Kamu dapat memanfaatkan kaleng bekas tersebut menjadi barang-barang berharga seperti pot, tempat alat tulis, bahkan mainan anak-anak. Potong dan bentuklah kaleng bekas sesuai dengan desain barang yang akan kamu buat.

Tutupilah kesan jelek dari barang bekas dengan cat yang penuh warna.

2Botol Plastik Bekas

www.keripik.co.id

Sampah jenis satu ini tentu saja paling banyak diproduksi aktivitas sehari-hari. Botol air mineral, botol soda, botol pembersih ruangan, dan lain-lain. Sampah plastik sejauh ini paling menggelisahkan para pegiat cinta lingkungan.

Sampah plastik membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk diuraikan menjadi tanah. gunakan kreativitas memanfaatkan botol plastik menjadi barang bermanfaat dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Botol plastik bekas yang memiliki bentuk lentur lebih mudah dibuat kreasi dibandingkan kaleng bekas. Sesuaikan bentuk dan ukuran dari botol plastik bekas dengan jenis barang yang akan kamu buat kerasi.

Beberapa contoh barang yang dapat dikreasikan dari botol plastik bekas adalah tempat charger Hp, boneka karakter anak, pot tanaman, tempat alat tulis, bahkan bungkus kado yang unik.

Gunakan waktu liburan bersama si kecil untuk membuat kreasi barang bekas. Berikan pekerjaan yang aman pada si kecil, sebagai contoh mewarnai. Jangan berikan pekerjaan yang membahayakan seperti memotong-motong botol plastik.

Kamu dapat mengapresiasi hasil karya si kecil dengan memujinya, memberikan barang hasil kreasinya untuk ia gunakan, atau memberikan hadiah seperti es krim.

3Kardus Bekas

www.berbagigagasan.blogspot.com

Banyak sekali barang-barang yang kita beli menggunakan kardus sebagai pembungkusnya. Alhasil sampah kardus menumpuk di rumah dan malah menjadi masalah.

Kardus bekas dapat dimanfaatkan menjadi banyak barang-barang yang bermanfaat. Sayangnya barang hasil kreasi dari kardus biasanya mudah rapuh jika terkena air.

Oleh karena itu kreasikan kardus menjadi barang yang tidak terkena air.

Beberapa contoh kreasi dari kardus adalah miniatur rumah kucing, miniatur rumah hamster, lampu gantung, lampu belajar, dan kotak menaruh alat tulis atau alat make up di kamar.

4Sedotan Bekas

www.zhahab.blogspot.com

Fungsi utama sedotan adalah membantu saat minum. Sayangnya sedotan biasanya hanya digunakan sekali pakai, sehingga sampah sedotan mudah ditemui. Gunakan kreativitasmu untuk menggunakan sedotan menjadi barang yang bermanfaat.

Sedotan yang berasal dari plastik juga memiliki sifat fisik yang lentur. Sedotan bekas memiliki banyak warna sehingga menambah keunikan hasil kreasimu. Namun sedotan kecil-kecil sehingga biasanya kreasi barang dengan merangkai.

Beberapa inspirasi kreasi memanfaatkan sedotan bekas diantaranya bunga plastik, permainan labirin untuk anak-anak, lampu kristal, serta tempat menyimpan bros dan barang-barang kecil.

5Kain Perca

www.blogoinformasi.com

Kain perca biasanya mudah didapatkan dari penjahit pakaian. Kamu dapat menggunakan kain perca ini untuk membuka peluang usaha bermodalkan sedikit kreativitas.

Salah satu barang yang saat ini digemari kaum hawa adalah bros. Gunakan kain perca untuk membuat bros cantik yang semakin memperindah penampilanmu.

SHARE