Kalau kamu punya pakaian berkancing yang sudah tak layak pakai, jangan buru-buru membuangnya. Kamu bisa memanfaatkan kancingnya menjadi karya-karya kreatif, misalnya penghias dinding, kap lampu, sampai mangkok dan sepatu.

Atau kamu bisa membeli satu pak kancing dengan beragam warna. Harganya tidak mahal. Kamu hanya harus berpikir kreatif untuk menjadikan kancing-kancing tersebut sebagai barang bernilai jual.

Selain bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, kamu bisa merambah dunia bisnis dengan kreasi kancing. Kamu bisa menyulap barang-barang biasa menjadi istimewa. Mau tahu barang apa saja?

Ini dia…

1Jam Dinding

myjunx.wordpress.com

Mungkin kamu memiliki jam dinding berwarna putih atau hitam polos di kamarmu. Daripada dibiarkan tak bermotif begitu saja, kamu bisa menambahkan kancing warna-warni agar benda ini makin semarak. Dengan jam dinding yang menarik seperti ini, dijamin kamu tak akanlupawaktu, deh.

Bahan yang harus disiapkan lem yang kuat, jam dinding, kancing warna-warni secukupnya. Kamu bisa menggunkan lem tembak untuk hasil rekatan yang kuat.

Cara menyiapkannya, cukup ersihkan jam dindingmu dari debu dan kotoran yang mungkin menempel di permukaannya. Lalu siapkan kancing warna-warni. Tempelkan satu per satu secara acak di atas permukaan jam dinding dengan lem.

Jika seluruh permukaan jam telah ditempeli kancing, biarkan hingga lemnya mengering sempurna. Gantung jam kembali di atas dinding. Kamu bisa bebas berkerasi akan dihias seperti apa jam dindingmu.

2Hiasan Dinding

britaniasari.wordpress.com

Pernah merasa suasan kamarmu tidak menarik atau membosankan? Ingin mendekorasi kamar tapi tak punya uang untuk membeli pernak-pernik di toko? Jangan berpikir dua kali, langsung saja kamu buuat sendiri hiasan kamarmu.

Kamu bisa menyiapkan sebuah kanvas dengan ukuran bebas. Sediakan juga pensil untuk menggambar pola di atas kanvas. Kamu bisa menggunakan kanvas atau kertas karton biasa. Gambar pola hewan, bunga, atau apapun yang kamu suka.

Jika menggunakan alas kanvas, pertama bungkus papan kanvas dengan kain perca. Letakkan pola yang kamu buat sebelumnya dari kertas di atas papan kanvas. Tusuk pola-pola tersebut dengan jarum pentul.

Kemudian mulailah menjahit kancing satu persatu di atas kanvas mengikuti pola yang sudah kamu gambar. Agar hasilnya makin menarik, kamu bisa membuat variasi ukuran kancing, kancing kecil, sedang, dan besar. Setelah semua kancing terjahit mengikuti pola, pasang papan kanvas itu di dinding.

Jika menggunakan kertas karton biasa, cukup gambar saja pola kesukaanmu, kemudian gunakan lem untuk menempelkan kancing. Setelah selesai, bingkai kertas tersebut dan siap ditempelkan di dinding.

Oh ya, pastikan kertasmu cukup tebal karena jumlah kancing yang ditempel lebih berat dari kertas itu.

3Gelang

manik-manikcantique.blogspot.com

Bagi perempuan, kalau kamu hobi menggunakan aksesoris, cobalah berkreasi membuat gelang cantik dari kancing.

Caranya mudah, dan tak perlu modal besar hanya untuk membuat gelang yang tampak elegan. Yang kamu butuhkan hanyalah tali, jarum, dan kancing berwarna-warni.

Sambungkan tali dari satu kancing ke kancing lainnya dengan bantuan jarum, sebagaimana menjahit kain. Masukkan tali melewati lubang-lubang kancing.

Kamu bisa menggabungkn dua kancing dengan tali tersebut asalkan letak dan ukuran lubang sama. Kamu harus jeli memilih kancing dengan ukuran lubang yang tidak jauh berbeda agar senada dan tali mudah masuk lubang.

4Jepit Rambut

fernandagimenez.com.br

Selain gelang, jepit rambut juga jadi aksesoris yang biasanya menarik kaum perempuan. Kalau di toko atau mall, biasanya aksesoris kecil saja harganya bisa sangat mahal.

Jika kamu ingin sekali punya jepit rambut lucu tapi tidak mau beli, maka tak perlu khawatir. Kamu sudah bisa membuat jepit lucu sendiri dengan sebutir kancing.

Kamu hanya perlu menyiapkan jepit rambut polos (bisa yang sudah tak terpakai atau jepit rambut yang hiasannya sudah copot), kancing, lem, dan benang

Caranya pun sangat mudah. Tempelkan kancing di atas jepit rambut dengan lem super, supaya kancingnya menempel lebih kuat. Ikat di atas jepitan dengan benang, seperti gambar di atas.

5Wadah Serba Guna

weddbook.com

Banyak barang-barang kecilmu yang tercecer karena tidak ada wadah yang bisa digunakan? Buat saja wadah sederhana dari kancing baju.

Kamu hanya butuh balon, kancing, dan lem. Pertama, tiuplah balon hingga mengembang. Lalu, tempelkan kancing warna-warni dengan hati-hati di permukaannya.

Biarkan kancing-kancing tersebut mengering selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, ledakkan balon dengan jarum.

Kancing-kancing yang berjajar rapi telah menjadi wadah serbaguna yangcantik dan bisa kamu manfaatkan agar barang-barang mungilmu tak cepat hilang.

6Magnet Kulkas

freutcake.com

Selain hiasan dinding, wadah, kancing juga bisa kamu gunakan sebagai hiasan magnet kulkas. Kamu bisa menempelkan catatan belanja atau memo di atas kulkas dengan bantuan magnet kancing lucu buatanmu.

freutcake.com
freutcake.com

Cara membuatnya pun mudah sekali. Siapkan kancing plastik berukuran besar, magnet, dan lem. Tempelkan kancing tersebut di atas magnet dengan lem. Dan magnet cantik siap menghiasi kulkasmu.

Kamu bisa memvariasikan ukuran dan warna kancing, dengan menumpuk kancing kecil di atas kancing besar.

7Tirai Pintu

livelifelovecake.com

Untuk membuat tirai pintu memang butuh banyak kancing. Tapi cara membuat dan alatnya sangat sederhana, kamu mudah mendapatkannya di sekitarmu. Siapkan tali tipis warna bening, papan kayu untuk menggantungkan tiraimu, dan tentu saja kancing.

Cara membuatnya, kamu hanya tinggal menghubungkan kancing satu-satu dengan tali, lalu mengaitkan bagian atas tali di papan kayu. Hampir sama caranya dengan membuat gelang kancing.

8Sepatu

sowhatsitgonnabe.wordpress.com

Kalau kamu punya sepatu yang tampilannya sudah jelek, lama tak terpakai, dan nyaris akan kamu buang? Eits, jangan buru-buru menyingkirkan sepatumu.

Kamu bisa menutupi bagian lecet itu dengan kancing warna-warni yang menarik mata. Bahan yang dibutuhkan adalah kancing aneka warna, sepatu bekasmu, dan lem panas.

Ingat, karena sepatu akan digunakan untuk bergerak, melakukan aktivitas tinggi, maka pastikan lem yang kamu gunakan adalah lem yang sangat kuat.

Bersihkan dulu sepatumu, tempelkan kancing satu per satu di atas sepatu dengan menggunakan lem. Setelah itu, biarkan semalaman hingga lemnya mengering.

Selamat mencoba!