Siapa sih yang tidak suka dengan binatang manja dan menggemaskan ini? Yup apalagi kalau bukan kucing. Di antara kamu pasti pernah lihat kucing kan? Bahkan mungkin di antara kamu adalah pencinta kucing.

Setidaknya sesuka apapun kamu dengan kucing, bisa dipastikan kamu pernah melihat atau berpapasan dengan kucing di jalan, baik itu kucing kampung atau kucing peliharaan semisal kucing Anggora dan kucing Persia.

androfren.com
androfren.com

Tapi, pertanyaannya, apakah kamu pernah tahu bahwa di dunia ini ada spesies kucing liar yang langka dan mungkin tidak pernah kamu lihat atau temui?

Nah, terutama untuk kamu yang suka banget sama kucing, maka kamu harus tahu jenis-jenis kucing di dunia ini yang merupakan kucing liar yang langka. Mereka tidak kalah lucunya dengan kucing pada umumnya lho.

Kita lihat yuk!

1Sand Cat

boredpanda.com

Kucing langka yang pertama adalah Sand Cat atau kucing pasir dengan nama latin Felis margarita. Dinamakan kucing pasir karena kucing ini hidup di gurun pasir dan bertahan hidup di suhu yang sangat panas.

Ciri fisik ini bisa kita lihat pada gambar, di mana kucing ini memiliki kaki yang pendek dan memiliki tubuh yang gempal. Sekilas kucing ini tidak ada ubahnya dengan kucing kampung yang gemuk dan sehat, tapi sayang jumlah kucing ini sangat sedikit.

2Canadian Lynx

boredpanda.com

Canadian Lynx merupakan salah satu jenis kucing liar yang hidup di hutan pada ketinggian tertentu. Biasanya kucing ini tinggal di hutan yang tertutup rapat oleh semak-semak.

Canadian Lynx memiliki keistimewaan dibandingkan spesies kucing liar yang lain. Apa keistimewaannya? Keistimewaan kucing ini yaitu ia dapat berburu di darat, memanjat pohon dan berenang. Wow, serba bisa ya kucingnya.

3Pallas Cat

boredpanda.com

Kucing yang berikutnya adalah Pallas Cat atau kucing Pallas. Kucing ini merupakan salah satu jenis kucing liar yang hampir punah dan menjadi langka. Kelangkaannya disebabkan penyebaran kucing yang terlalu luas namun tidak merata.

Ukuran kucing Pallas tidak jauh berbeda dengan kucing kampung. Namun, ketebalan bulunya membuat kucing ini terlihat lebih gemuk dan lebih terlihat gagah. Kucing ini memiliki warna bulu yang lebih gelap jika musim dingin.

4Caracal

boredpanda.com

Kucing ini bernama Caracal, atau dalam bahasa Indonesia disebut Karakal. Kenapa diberi nama Caracal? Diberi nama seperti ini karena telinganya berwarna hitam. Caracal adalah kucing yang tersebar di Afrika, Asia Barat, dan Asia Selatan.

Jika kita lihat dari gambar dan dari literatur yang ada, kucing ini termasuk kucing yang ramping namun berotot. Selain itu Caracal pun memiliki kaki yang panjang dan ekor yang pendek. Hal inilah yang membuat kucing ini mampu berlari cepat.

Caracal memiliki karakter yang hampir sama dengan kucing pada umumnya, yaitu menandai daerah kekuasaan mereka dengan kotorannya ataupun menyemprotkan urin mereka ke batang kayu atau semak-semak.

Kira-kira kucing liar seperti Caracal ini makannya apa ya? Caracal termasuk salah satu jenis hewan karnivora atau pemakan daging. Caracal perlu melakukan perburuan supaya dia bisa mendapatkan makanan.

5Clouded Leopard

boredpanda.com

Wah, kucing yang satu ini tampangnya seram sekali. Ternyata kucing ini ada di Indonesia lho, tepatnya di hutan Kalimantan. Oleh karena itu kucing ini juga disebut Kucing Dahan Kalimantan.

Kucing ini termasuk ke dalam spesies kucing liar. Kucing ini memiliki badan yang kekar, dan merupakan salah satu pemangsa terbesar di Kalimantan.

Kucing ini bernama Clouded Leopard karena terdapat totol-totol pada bulunya, yang kemudian membentuk pola seperti awan. Kucing ini tidak ada bedanya dengan macan ya? Hanya saja ukurannya lebih kecil.