Giginya kuat dengan taring panjang, mata menyala, cakarnya tajam, dia juga karnivora yang memakan daging. Wah ciri-cirinya seperti hewan buas yang mengerikan, tapi justru dia banyak tinggal di rumah bersama manusia.

Dengan ciri tersebut apabila dia berukuran besar pantas kalau mengerikan, tapi karena ukuran tubuhnya yang kecil, dia malah menjadi hewan yang paling lucu. Itulah kucing, hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia.

Populasinya tak terhitung jumlahnya. Mereka sebagian hidup di jalanan, sebagian di penampungan, sebagian lagi hidup nyaman di rumah manusia.

Sejarah kebersamaan kucing dan manusia bahkan sudah berlangsung lama. Kalau kamu melihat relief dan patung peninggalan mesir kuno, ada banyak bentuk kucing disana.

Itu artinya kucing dan manusia sudah tinggal bersama dari 3000 tahun sebelum masehi. Bahkan dalam mitologi kuno mesir, ada dewa yang berkepala kucing. Maka masyarakat saat itu menyucikan hewan tersebut.

Beda lagi ceritanya tentang kucing di Instanbul. Kalau kamu mengunjungi kota di Turki ini, kamu akan begitu mudah menemui kucing yang bertebaran di banyak jalan, terutama jalan yang diberi nama street cat.

Tidak seperti umumnya kucing jalanan yang tidak terawat dan kurus-kurus, kucing di jalanan Instanbul walaupun tidak bertuan tapi keadaannya bersih dan gemuk-gemuk. Usut punya usut ternyata penduduk Instanbul memang peduli akan kehidupan kucing.

Kepedulian akan kucing ini sudah mengakar lama hingga sekarang menjadi tradisi. Ceritanya, zaman dulu ada seorang qadi (wali hukum) di zaman Sultan Mamluk al-Zahir Baybars.

Qadi tersebut membuat aturan bahwa kawasan yang sekarang diberi nama high court harus menjadi tempat istimewa bagi para kucing. Kucing yang berada di sana harus terpenuhi semua kebutuhannya.

Peraturan yang unik ya? Belum tahu apa latar dari peraturan tersebut. Kemungkinan karena teinspirasi pada sejarah Agama Islam, yakni kisah-kisah Nabi Muhammad SAW yang sayang terhadap kucing.

Walaupun sekarang sudah tidak ada peraturan tersebut, tapi itu sudah tertanam dalam tradisi masyarakat.

Membaca kisah di atas mungkin kamu kini tertarik untuk merawat kucing jalanan, atau mengadopsinya dari penangkaran? Jika iya, bisa jadi kucing itu akan punya cerita yang sama seperti kisah kucing yang diadopsi ini.

Witek, seekor kucing putih bercorak hitam yang dulu hidup lama di penangkaran, kini sudah hidup nyaman dengan tuan barunya. Ternyata untuk menjalani hidup baru tidak mudah juga bagi kucing lucu berpola warna vanĀ ini.

Seperti apa ceritanya, biar Witek si kucing lucu ini sendiri yang mencerikannya.

1Terkunci di Ruang Tamu

boredpanda.com

Namaku Witek, aku seekor kucing malang yang tinggal lama di penangkaran. Kata orang warna buluku adalah pola warna van yang termasuk warna yang favorit. Karena itulah pemilik baruku menyukaiku dan dibawa kerumahnya.

Betapa senangnya diriku waktu dibawa kerumah pemilkku. Begitu masuk aku menemui kucing lain yang ada di rumah. Ternyata kucing yang bernama Cyriac itu takut kepadaku dan melarangku untuk memasuki rumah.

Akhirnya aku hanya bisa tinggal di ruang tamu, seperti terkunci sendiri di sana.

2Witek yang Kesepian

boredpanda.com

Aku begitu kesepian berada di ruang tamu. Aku ingin sekali bisa bermain dengan Cyriac.

3Penantian Witek

boredpanda.com

Bosannya, sudah berhari-hari aku terkurung di ruang tamu. Aku merasa hidup di sini tidak jauh lebih baik daripada di penangkaran.

4Witek Mulai Percaya Diri

boredpanda.com

Aku tak boleh hanya berpasrah dan menunggu di sini. Aku harus percaya diri dan merubah keadaan. Menunjukkan betapa aku ingin bersahabat dengan Cyriac.

5Menjadi Teman Baik

boredpanda.com

Akhirnya kini aku sudah berteman baik dengan Cyriac, bahkan dia membiarkan aku untuk tidur di tubuhnya.

6Selalu Ingin Tahu dan Bermain Banyak

boredpanda.com

Begitu banyak barang yang ada di rumah ini. Kira-kira yang mana ya yang bisa aku jadikan mainan.

7Witek Meminta Makan

boredpanda.com

Beginilah caraku meminta makan kepada tuanku. Dia pasti luluh dengan ekspresiku dan suaraku yang memelas.

8Bahagia dan Tidur Pulas Setiap Hari

boredpanda.com

Aku begitu bahagia di sini. Aku bisa makan kenyang, main sepuasnya dan tidur selama mungkin.

SHARE