Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 34 provinsi dengan berbagai macam kebudayaan dan kesenian yang tidak akan pernah habis jika dibahas. Karena kebudayaan merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bumi pertiwi.

Salah satu kebudayaan yang mulai bangkit perlahan dari keterpurukannya saat ini adalah kesenian tari kuda lumping. Kesenian ini disebut juga dengan jaran kepang atau jathilan yang merupakan tarian tradisional Jawa dengan menyuguhkan aksi sekolompok prajurit berkuda.

Tarian ini memakai kuda yang terbuat dari anyaman bambu dengan bentuk menyerupai kuda sebagai properti. Kuda dari anyaman bambu yang telah dibuat itu kemudian dihiasi dengan rambut tiruan dari tali plastik yang diurai atau dikepang.

kudalumpin.blogspot.com
kudalumpin.blogspot.com

Anyaman kuda ini juga dihias dengan cat dan kain warna-warni supaya terlihat lebih menarik. Selain menggunakan kuda, penari kuda lumping ini juga mengenakan pakaian layaknya para prajurit dengan baju lengan pendek maupun panjang.

Untuk penari laki-laki ada juga yang memakai rompi atau bahkan tidak memakai baju. Celana yang mereka gunakan biasanya celana pendek di bawah lutut dan dihiasi berbagai hiasan warna warni.

Kuda lumping ini menampilkan aksi prajurit berkuda yang menari dengan diiringi gamelan sebagai musiknya. Ketika tampil, biasanya penari perempuan akan mengenakan selendang sedangkan untuk penari laki-laki ada yang menggunakan pedang atau cambuk.

Tari kuda lumping ini ada juga yang menyebutnya sebagai tari kesurupan, karena pada aksinya, penari biasanya akan menyuguhkan beberapa atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan magis.

Jika kamu ingin melihat, inilah beberapa aksi yang dilakukan oleh para penari kuda lumping ketika kesurupan.

1Makan Beling

www.youtube.com

Beling atau pecahan kaca dalam atraksi kuda lumping biasanya akan dimakan oleh penari, hingga banyak masyarakat meyakini bahwa di setiap pertunjukkan kuda lumping, para penari akan menyuguhkan aksi makan beling ini kepada para penonton.

Sampai-sampai ada lagu yang dinyanyikan oleh Elvi Sukaesih dengan judul kuda lumping. Dalam lagu tersebut terdapat lirik yang mengatakan bahwa kuda lumping ini permainan yang unik dengan orang naik kuda bohongan yang makan rumput maupun makan kaca.

2Disabet Pecut

www.youtube.com

Atraksi lain yang akan kamu lihat ketika menonton pertunjukkan kuda lumping ini salah satunya adalah orang yang akan disabet menggunakan pecut. Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka itu kuat dan kebal sehingga tidak akan merasakan sakit setelah disabet.

3Makan Sapi

www.youtube.com

Kamu pasti akan ngeri jika melihat atraksi para pemain kuda lumping ini ketika memakan sapi dalam keadaan hidup-hidup. Hiii! Lebih baik kamu menutup mata jika tidak tega melihat sapi yang masih hidup itu dimakan tanpa disembelih dahulu.

4Tidur Ditutup Kain

www.youtube.com

Apakah mereka lelah menari dan kesurupan sehingga minta selimut untuk tidur sejenak? Hahaha. Mungkin bukan begitu. Entah apa maksudnya dari atraksi yang dilakukan ini. Apakah untuk mengeluarkan setan yang telah merasuki tubuhnya juga tidak tahu.

5Mengupas Kulit Kelapa

www.pekongistingbawah.desa.id

Sudah pasti kamu yang rajin menonton pertunjukkan kuda lumping tidak asing dengan aksi penari yang kesurupan mengupas kelapa hanya menggunakan giginya saja. Kemudian kelapa itu akan diberikan kepada penonton yang didekatnya. Mungkin kamu mau?

6Makan Ayam

cahayabudaya.blogspot.com

Makan ayam sudah pasti enak, tapi bagaimana jika ayam itu masih hidup dan mentah? Ternyata selain sapi, ada juga pemain kuda lumping ini yang memakan ayam sebagai aksinya ketika sedang kesurupan. Sudah pasti kalian akan merasa jijik melihat atraksi ini.

Mengerikan juga ternyata aksi-aksi yang dilakukan oleh para penari kuda lumping ini, selain beberapa aksi di atas, ada juga pemain kuda lumping yang suka makan dupa, makan kembang, maupun membagi-bagikan buah milik mereka kepada penonton.