Momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran dirayakan di masyarakat Indonesia dengan semarak. Selain berkunjung ke rumah saudara dan teman, momen Lebaran biasanya dilengkapi dengan makanan kecil yang disajikan di rumah.

Kue-kue kering Lebaran biasanya disajikan di dalam toples cantik dalam berbagai bentuk, ukuran, rupa dan rasa. Kreativitas pembuatnyalah yang membuat kue Lebaran menjadi lebih menarik.

Ada kalanya kue Lebaran dibeli dari toko. Tapi tidak jarang ibu-ibu atau remaja putri memilih untuk membuat kue Lebaran sendiri. Selain lebih murah, kue Lebaran sendiri biasanya juga lebih enak

Selain itu, kamu juga bisa bebas memilih jumlah, bentuk serta rasa yang sesuai dengan selera keluarga.

Beberapa kue Lebaran berikut dibuat dengan bentuk yang cantik. Selain diberi tambahan perasa, kue Lebaran berikut juga dapat menarik perhatian anak-anak.

1Strawberry

ngalamkuliner.wordpress.com

Kue dengan bentuk mirip buah strawberry adalah yang paling umum dan banyak ditemukan.

Variasi kue ini bisa dibuat dari kue nastar. Warnanya yang biasanya kuning cerah bisa kamu rubah menjadi merah pipih lengkap dengan hiasan krim warna hijau sebagai batang dan putih untuk polanya.

resepkuekering.info
resepkuekering.info

Kamu juga bisa membuatnya tidak merah seluruhnya. Pada nastar yang biasanya, kamu tinggal menambahkan krim merah yang dihiasi dengan krim hijau dan putih. Ini untuk mempertahankan rasa asli nastar.

naymicakefactory.blogspot.com
naymicakefactory.blogspot.com

Bentuk lain yang patut dicoba adalah bentuk sempurna menyerupai strawberry. Selain bentuknya yang sama persis, kamu juga bisa menambahkan perasa strawberry sebagai pelengkap.

2Semangka

ngalamkuliner.wordpress.com

Buah semangka adalah buah dengan ukuran besar dan banyak mengandung air. Tapi, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk kue berwarna merah khas semangka.

Agar bentuknya persis menyerupai semangka, kamu bisa membuat kuemu berbentuk setengah lingkaran. Persis seperti belahan semangka. Jangan lupa tambahkan krim hijau dan putih untuk kulitnya serta titik hitam seperti biji semangka.

3Jeruk

aidistyleshop.wordpress.com

Modifikasi nastar ini bentuknya nyaris seperti aslinya, berbentuk bulat. Hanya saja warnanya diubah menjadi lebih kuning, persis seperti kulit buah jeruk.

Sebagai pelengkapnya, lekukan di bagian atas, krim berbentuk daun serta isian nastar digunakan untuk membuatnya persis seperti jeruk. Sekilas dari jauh, kue ini benar-benar persis dengan jeruk mini.

4Kacang Polong

youtube.com

Kue satu ini sebenarnya adalah kue kacang. Dengan mempertahankan warna aslinya, kue ini dibuat berbentuk seperti kacang polong.

Selain itu, krim warna hijau bisa ditambahkan di bagian atasnya menyerupai batang. Lalu potongan-potongan kecil kacang untuk melengkapi bentuk kacang polong yang kamu inginkan.

5Aneka Buah

tokopedia.com

Jika satu jenis buah masih terasa kurang, maka kamu bisa membuat beberapa jenis buah sekaligus dan jenis kuemu.

Strawberry, nanas serta jeruk berbentuk mini bisa jadi pilihan untuk membuat kue dengan bentuk cantik dan menarik satu ini.

Selain bentuk buah tadi, sebenarnya masih banyak bentuk buah lainnya yang juga bisa dijadikan contoh untuk membuat kue kering Lebaran. Kue ini biasanya dibuat jauh-jauh hari sebelum Lebaran.

Selain agar tidak mengganggu waktu untuk beribadah, kue kering biasanya bisa tahan dalam waktu cukup lama. Berbelanja jauh-jauh hari sebelum Lebaran juga bisa jadi cara untuk berhemat.

Meski umumnya disajikan pada saat lebaran, kue-kue kering ini juga sudah banyak disajikan pada hari-hari biasa. Hanya saja, memang konsumsi kue-kue kering ini akan meningkat pada masa Lebaran.

Mau membuat kue kering Lebaran sendiri ataupun membeli di toko, itu pilihan kamu. Jadi, kue mana yang menurutmu paling menarik?