Jika kamu, teman kamu atau saudara kamu berulang tahun, maka takkan lengkap kiranya jika tidak menghidangkan sajian yang satu ini. Yup, apalagi kalau bukan kue ulang tahun.

Mungkin dulu banyak orang menganggap bahwa kue ulang tahun ya kue ulang tahun, artinya tidak ada perbedaan antara kue ulang tahun yang satu dengan kue ulang tahun lainnya.

michnoms.blogspot.com
michnoms.blogspot.com

Namun, seiring perkembangan jaman dan seiring perkembangan di bidang pembuatan makanan, maka varian dari kue ulang tahun ini makin marak.

Jika kita lihat kue-kue ulang tahun yang beredar di pasaran saat ini, tidak hanya rasa yang ditawarkan dari kue-kue ini. Penampilan kue ulang tahun pun makin membuat kita menahan air liur.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis kue ulang tahun yang bisa dipastikan membuat kamu akan ketagihan jika memakannya.

1Black Forest Cake

cookdiary.net

Jika disebutkan kata black forest, pastinya yang terbayang adalah cake coklat berlapis cream yang kemudian ditutup dengan potongan-potongan atau serpihan-serpihan coklat.

Kue ulang tahun yang satu ini dari jaman dahulu sudah marak dikenal oleh masyarakat. Bagaimana? Pasti tahu juga kan? Dan pastinya sudah pernah nyoba dong!

2Tiramisu Cake

chocolate-atelier.com

Tiramisu adalah salah satu jenis cake yang biasa digunakan sebagai kue ulang tahun. Cake yang berasal dari Italia ini adalah kue dengan tekstur yang sangat lembut yang diberi taburan kopi di atasnya.

Selain itu, kue ini tidak dibuat dengan adonan ataupun melalui proses pemanggangan. Kue ini dibuat dengan bahan dasar biskuit yang direndam di dalam cairan kopi dan keju mascarpone.

Cara membuat kue ini pun cukup sederhana. Kita hanya perlu menumpuk-numpuk biskuit dan melumurinya dengan krim kocok, sehigga kita bisa melihat bentuk tiramisu cake yang berlapis-lapis.

3Cheese Cake

onegreenplanet.org

Salah satu cake kekinian yang biasa dijadikan kue ulang tahun adalah cheese cake. Walaupun namanya cake, namun kue ini tidak serupa dengan kue bolu.

Cheese cake termasuk kategori pai atau custard yang dipanggang atau dilelehkan dengan air hingga mengental lalu didinginkan di dalam lemari es.

Cheese cake biasanya dibuat dari campuran krim keju, susu dan telur. Cheese cake sendiri ada yang dipanggang dan tidak dipanggang. Biasanya dipanggang jika cheese cakenya menggunakan telur.

Bagian dasar dari cheese cake biasanya dibuat dari biskuit dan kacang yang dihancurkan ataupun bahan lain yang sifatnya rapuh. Selain itu, biasanya bagian atas cheese cake dihiasi buah-buahan ataupun selai buah.

4Rainbow Cake

youtube.com

Kue yang satu ini disebut juga dengan kue pelangi. Disebut seperti ini karena kuenya berlapis-lapis dan menggunakan paduan warna-warna pelangi yang sangat cerah, serta menarik setiap mata untuk memakannya.

Pada mulanya, kue pelangi ini adalah kue yang dibuat oleh Kaitlin untuk acara perpisahan sahabatnya. Namun, karena ia menyukai pelangi dan lemon, maka ia ingin membuat sesuatu yang berbeda, yaitu dalam bentuk rainbow cake

Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa rainbow cake ini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat dan menjadi salah satu kue yang dijadikan sebagai kue ulang tahun.

5Red Velvet

ladivinata.mx

Red velvet merupakan salah satu jenis kue yang digunakan sebagai makanan pembuka bagi warga Amerika. Kue ini berteksur padat namun lembut di mulut.

Kue ini pun sekarang sering digunakan sebagai kue ulang tahun. Warna merah dan krim kejunya selalu menggoda mata untuk melirik serta menyantapnya.

Bagaimana, kue ulang tahunnya begitu menggoda kan?