Ingin jadi sarjana pertanian terbaik di Indonesia? mungkin banyak kampus terutama negeri yang memiliki jurusan pertanian sangat bagus.

Namun bicara pertanian, tak bisa dilepaskan dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB memang awalnya dibentuk sebagai kampus yang fokus pada pengembangan pertanian di Indonesia.

Wajar negara kita adalah negara agraria sehingga sektor pertanian menjadi andalan. Nah bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, IPB bisa menjadi salah satu referensi kuliah.

Kamu boleh simak apa saja sih alasan sehingga kamu harus kuliah di IPB

1Universitas Kelas Dunia

hoteldekatkampus.com

Kampus IPB sebagai kampus negeri sudah terakdritasi A. Tak hanya bagus di dalam negeri, pengakuan juga datang dari luar negeri.

Sebanyak 20 program studi di Insitut Pertanian Bogor telah memiliki akreditasi internasional. Beberapa jurusan seperti Agronomi & Hortikultura, Proteksi Tanaman, Arsitektur Lanskap, Kedokteran Hewan, Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan sudah mendapat pengakuan internasional

2Beasiswa Dimana-mana

kampusaja.com

Kamu orang kurang mampu? Atau kamu orang mampu tapi ingin kuliah gratis? IPB adalah pilihan yang tepat sekali.

Di IPB memang banyak yang menawarkan berbagai macam beasiswa yang cukup menggiurkan. Berbagai program beasiswa dari pemerintah, dari kampus maupun pihak ketiga tersedia di IPB. Kamu tinggal pilih.

3Keunggulan Akademik dan Riset

iictraining.net

IPB yang berdiri semenjak 1963 memiliki keunggulan akademik yang mumpuni. Saat ini IPB memiliki 9 Fakultas dan 1 Sekolah Bisnis dengan 36 Program Studi Sarjana

IPB juga memiliki Sekolah Vokasi dengan 17 Program Keahlian. Lalu memiliki Sekolah Pascasarjana dengan 64 Program Magister Sains, 13 Program Magister Profesional, 43 Program Doktor, 1 Program Internasional.

Dosen-dosennya mayoritas bergelar Doktor lalu ada lebih dari 200 profesor di kampus ini. Fasilitas penelitiannya juga lengkap.

4Berwawasan Kewirausahaan

dthh.ipb.ac.id

Dengan kurikulum yang dilengkapi dengan mata kuliah kewirausahaan, IPB telah menghasilkan banyak mahasiswa yang sukses berwirausaha.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan, IPB telah melahirkan banyak wirausaha muda. Berikut beberapa wirausahawan muda alumni IPB yang sukses di bidangnya.

5Kampus Hijau

dthh.ipb.ac.id

Sebagai kampus berbasis pertanian, kampus IPB sangat asri dan hijau. Sangat enak jika berkeliling kampus berjalan kaki atau naik sepeda.

Bahkan IPB memiliki lahan hutan kampus dan lahan pertanian yang asri. IPB menduduki peringkat 2 nasional dan 36 dunia sebagai kampus terhijau di Indonesia.

6Kampus Prestasi

hipma.lk.ipb.ac.id

Nah ini sudah tidak diragukan lagi. IPB banyak menelurkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki prestasi segudang dari level nasional hingga internasional.

Beberapa prestasi yang pernah diraih mahasiswa IPB adalah ,Juara II Mahasiswa Berprestasi Nasional 2015,Juara I Debat Kandungan Al-Quran Dalam Bahasa Inggris pada MTQ Mahasiswa Tahun 2015, The Best Speaker Debat Kandungan Al-Quran Dalam Bahasa Arab 2015, 2nd winner of Sustainable Soil and Water Development Paper Project dan lain-lain.

7Bekerja Dimana Saja

ekonomi.fem.ipb.ac.id

Sering lihat lulusan IPB kerja di Bank padahal dia jurusan pertanian? Jangan kaget, itu sudah biasa. IPB memang terkenal dengan kampus yang lulusannya bisa bekerja disegala bidang.

Kadang-kadang sering diplesetin jadi Institut Pleksibel Banget. Lulusannya yang berkualitas membuat alumni IPB dengan mudah diserap dunia pekerjaan.

 

SHARE