Menjalani kuliah sambil kerja bukanlah perkara yang mudah. Banyak juga diantara kita yang kuliah dan bekerja.

Beragam alasan mengapa banyak orang yang menempuh pendidikan di bangku kuliah sembari bekerja pula.

Ada yang memang sudah menjadi karyawan dan dituntut tuntut kuliah, ada yang memang sedari awal ingin membiayai pendidikannya sendiri makanya ia memilih untuk kuliah sambil kerja, dan beragam alasan lainnya.

Betapa pusingnya menjalani dua hal secara berasamaan. Ketika deadline tugas kuliah dan kerja datang bersamaan, hal itu akan menjadi tantangan tersendiri.

Memang terkadang tak dapat dipungkiri dunia kuliah dan kerja memiliki peranan yang penting sehingga membuatmu bingung dan memutuskan untuk mengambil keduanya.

Nah, agar kuliah dan kerja mu dapat berjalan beriringan dengan lancar simak kiat berikut.

Pegang Komitmen

31 julli komitmen
thespiritofgwk.blogspot.com

Dalam mengambil keputusan ini peganglah komitmen awal yang membuatmu memutuskan untuk kuliah sambil kerja.

Selalu ingat komitmen awal mu itu saat kamu goyah atau saat kendala itu menghampiri, kamu pasti bisa melewatinya.

Pandai dalam Mengatur Waktu

1111111111
amelianafebi.wordpress.com

Saat kamu memutuskan untuk kulian nyambi kerja pastinya kamu sudah tahu konsekuensinya. Bisa terjadi benturan antara kuliah dan kerja.

Hal tersebut dapat kamu atasi dengan baik dengan kepandaianmu dalam mengatur waktu. Disini kamulah yang menjadi pengatur waktu bagi dirimu sendiri.

Berani Mengambil Resiko

30 juli resiko
csdnews.com

Hidup adalah perjuangan. Ketika kita ingin meraih kesuksesan maka kita harus bekerja keras dan berani menghadapi tantangan.

Pun saat kamu berani mengambil pilihan untuk kuliah dan kerja. Kamu harus berani menaklukkan lelah, berani memahami keadaan kampus dan lingkungan kerja, dan juga berani mengambil resiko ketika suatu keadaan tidak bisa kamu pilih.

Misalnya saja, saat urusan kuliah dan kerja berbenturan maka kamu harus berani gajimu dipotong untuk menyelesaikan kepentingan kuliahmu. Nah, selanjutnya kamu bisa bekerja lebih giat lagi untuk bekerja. Semangat!

Cari Teman Belajar

30 juli teman
berpapasan.blogspot.co.id

Memiliki teman-teman belajar di kampus adalah hal yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi kita. Tidak hanya bisa saling menyemangati tapi juga bisa dipercaya untuk membantumu dan mengerti kegiatanmu di luar.

Teman belajar yang solid akan membantu kita ketika kita menemui kesulitan saat belajar di kampus sehingga pelajaran dan tugas kampus dapat terhandle dengan baik dan maksimal.

Untuk mendapatkan teman belajar yang solid, bisa dimulai dari sikap kita dan perlakuan kita terhadap orang lain atau teman-teman kita. Ketika kita berlaku baik pada orang lain maka kita akan diperlakukan dengan baik pula.

Jalin Komunikasi Baik dengan Rekan Kerja

30 juli kom
garudaspiritmotivation.co.id

Menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja sangat penting. Saat kamu memiliki kesibukkan di kuliah kamu bisa mengkomunikasikannya dengan rekan kerja dan bosmu. Sehingga pekerjaanmu aman terkendali pun tugas kuliahmu bisa kamu kerjakan dengan baik tanpa merugikan kerjamu.

Segala hal yang dikomunikasikan dengan baik pastilah akan menghasilkan sesuatu  yang baik. so, komunikasi itu sangat penting.

Bagi kamu yang menjalani kuliah sambil kerja, semoga tips di atas bermanfaat. Salam sukses!