Menempuh pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi begitu diharapkan oleh banyak orang. Menentukan dan masuk ke jurusan yang diminati pun menjadi impian mereka. Bagi beberapa orang, kuliah merupakan kewajiban untuk menggapai cita-cita.

Mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan meluaskan pergaulan pun terjadi di sini, di masa kuliah. Anggapan untuk menjadi orang yang lebih dewasa pun kamu tanggung semenjak duduk di bangku kuliah.

Pemikiran yang logis dan terbuka juga menjadi salah satu penilaian masyarakat bagi para mahasiswa. Selain itu, kamu juga harus bisa hidup dengan lebih mandiri, tidak ada lagi alasan untuk merepotkan orangtua.

Mandiri yang seperti apa? Salah satunya ya dalam bidang finansial. Meski sedang kuliah tak ada salahnya bagi dirimu untuk mengeksplorasi kemampuan dengan terjun langsung di dunia kerja.

Bahkan, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika mulai bekerja semenjak di bangku kuliah. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja.

1Dapat Memperjuangkan Kehidupan

www.teropongbisnis.com

Hidup yang baik tak di dapat hanya dengan meminta dari orangtua. Meski orangtuamu kaya raya yang hartanya tak habis untuk semua keturunan, kamu tak bisa hanya berpangku tangan dan menyerahkan semua tanggung jawab pada mereka.

Cobalah untuk bangkit dan mencari jalan keluar sendiri. Selama kamu hidup, pasti ada kemampuan yang kamu miliki, gunakanlah kemampuan itu untuk bekerja. Buatlah keputusan yang besar dan berkomintmen dengan keputusan itu.

Katakan pada dirimu sendiri bahwa mulai masuk ke perguruan tinggi, kamu tak akan lagi meminta uang dari orangtua. Kamu akan memperjuangkan kehidupanmu dengan caramu sendiri.

Dari belajar untuk mandiri inilah semua cerita tentang perjuanganmu dimulai. Kamu akan lebih menghargai uang dan memaknai perjuangan hidup dengan amat baik.

2Menghargai Orangtua

calonpengantin.co.id

Orangtua bekerja tak lain dan tak bukan untuk kehidupan dan kebahagiaan anaknya. Ibaratnya, mereka rela kelaparan yang penting kebutuhan anaknya selalu tercukupi. Dan itulah pengorbanan mereka.

Susahnya orangtua dalam bekerja tak kita rasakan sama sekali, sebelum kita merasakan hal yang sama. Saat kamu memutuskan untuk mulai bekerja, barulah kamu paham bagaimana beratnya mengais rupiah untuk menghidupi diri sendiri.

Tak ada lagi waktu yang kamu habiskan untuk menghambur-hamburkan uang dan akan menghargai segala jerih payah yang orangtua lakukan demi anaknya.

3Menghargai Waktu

mirajnews.com

Kuliah sambil bekerja pasti membuatmu kerepotan dalam mengatur waktu. Ada kalanya kamu harus kuliah, mengerjakan tugas, bekerja, melakukan kegiatan yang disukai dan hangout bersama teman-teman.

Semua itu harus diatur dengan baik agar seimbang. Supaya kehidupan ini bisa dijalani dengan baik. Dengan begitu, waktu akan sangat berharga untukmu, kamu bisa mengatur waktu dan menggunakan sedikit waktumu dengan lebih baik.

4Memahami Perbedaan dan Menjalin Komunikasi

andafcian.wordpress.com

Bekerja membuat kita bertemu dengan banyak orang baru, bahkan dengan rentang usia, sifat, karakter, dan latar belakang yang bermacam-macam. Di sini adalah tempat berharga bagimu untuk belajar banyak hal.

Kamu bisa mengambil kesempatan yang baik untuk menjalin komunikasi dengan rekan-rekan kerjamu. Selain itu, hubungan yang terjalin pun akan membuatmu belajar untuk memahami semua perbedaan dan keragaman sifat, karakter maupun usia mereka.

5Memperluas Koneksi

whentheheartspeaksout.wordpress.com

Kuliah sambil bekerja akan sangat berguna untuk memperluas koneksi dan pertemanan dengan banyak orang. Memiliki teman yang banyak akan membawa manfaat yang sangat baik untuk kehidupanmu di masa yang akan datang.

Kamu akan memiliki teman di kampus dan juga teman  di lingkungan kerja. Sungguh menyenangkan bukan?

6Mendapat Pengalaman Kerja

abankirenk.com

Walaupun terkadang kamu ingin menikmati hidup seperti teman-temanmu yang bisa bermain sambil kuliah, nantinya mereka yang berbalik iri padamu. Mereka pun menginginkan memiliki kemampuan dan pengalaman kerja seperti dirimu.

Karena, waktu bermain bersama mereka yang rela tak kamu miliki demi bekerja akan membuatmu memiliki kemampuan yang lebih banyak. Selain itu, pengalaman yang kamu dapatkan pun akan mempermudah langkahmu untuk bekerja sesudah hari kelulusan tiba.

Meski kamu kuliah sambil bekerja, jika disokong dengan niat yang sungguh-sungguh, semua akan terasa menyenangkan dan disyukuri. Pandai-pandailah mengatur waktu dan jalin hubungan pertemanan dengan baik.

Semoga langkahmu untuk menggapai cita-cita lebih mudah. Semangat!