Kalau bicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya, Kuliner selalu menarik di tempat manapun dan dimana pun. Karena setiap tempat mempunyai khas kuliner yang berbeda dan tentu cara makan yang berbeda pula.

Di televisi sudah banyak ditayangkan acara kuliner, mulai dari makanan biasa sampai luar biasa, dari ujung timur sampai ujung barat. Hampir semua di daerah yang terkenal di Indonesia ini sudah di tayangkan.

Tapi Indonesia sangatlah luas, kuliner tidak hanya di kota besar tapi di daerah terpencil pun juga punya dan tidak kalah menarik, salah satunya adalah kuliner khas Madura.

Tentu kalau kamu dengar kata Madura pasti pikirannya langsung ke sate atau bubur kacang hijau, secara memang banyak sekali dua makanan ini tersebar di Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lho kuliner khas Madura, dan rasanya juga tidak kalah, mau tahu apa aja guys? yuukk disimak.

1Soto Madura

fromprincesskitchen.blogspot.com

Makanan ini sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia, di jawa apalagi, hampir seluruh kota di jawa ada makanan ini. Tapi soto madura mempunyai rasa yang khas daripada soto yang lain.

Taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng di atasnya menjadikan soto Madura lebih bercita rasa khas. Dan uniknya setiap daerah di Madura mempunyai sajian khas soto yang berbeda-beda.

Contoh di daerah Sumenep, di daerah itu soto disajikan dengan singkong rebus sebagai ganti nasi putihnya.

Keunikan lainnya bahwa soto Madura di Sumenep ini berisikan tauge goreng, bihun, usus sapi, yang dilengkapi dengan daun bawang dan bawang goreng sebagai taburannya.

Lain lagi di daerah Pamekasan, kalau di Pamekasan soto berbahan baku kentang rebus, tauge dan perkedel dan disajikan dengan kuah yang dibumbui merica dengan bawang putih.

2Sate Madura

resephariini.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini, sate khas Madura ini sudah ada di daerah hampir seluruh Indonesia. Rasa khas sate Madura ini sudah banyak dinikmati oleh banyak orang di seluruh penduduk negeri ini.

Yang paling unik di sate madura ini adalah rasanya yang berbeda dengan sate-sate di daerah lain. Lama pembakaran dan daging empuknya memang jadi pembeda.

Sate madura sendiri terkenal di daerahnya dengan nama sate lalat, karena bentuknya yang kecil seperti lalat, orang disana menamakannya dengan sate lalat.

3Rujak Cingur

tips-cara.info

Kalau rujak sayur sudah biasa, rujak buah sudah biasa, tapi kalau rujak cingur tentu kamu harus coba. Rujak yang mempunyai bumbu khas petis ini rasanya bakal menggoyang lidah kamu.

Cingur sendiri adalah lidah sapi, ditambah petis yang sudah di tumbuk dengan kacang, sedikit irisan pisang mentah, air, irisan tahu dan tempe, sama sayuran hijau akan membuat rasa menjadi khas tersendiri.

Jika kamu kuliner sejati kamu harus coba makanan khas ini guys.

4Nasi Jagung

hanamirakitchen.blogspot.com

Salah satu potensi hasil bumi terbaik di daerah Madura adalah jagung, maka tak heran ketika jagung juga menjadi makanan khas disana.

Nasi jagung ini berbahan utama jagung dan dicampuri dengan sedikit nasi putih dan disajikan dengan pelengkap lauk berupa sayur-sayuran segar, tauge dan kacang panjang.

Untuk pelengkapnya, biasanya nasi jagung disajikan dengan pepes tongkol dan tempe bumbu bali yang akan semakin sedap jika disantap bersama sambal.

5Bebek Songkem

makananindonesia-top.blogspot.com

kalau bebek goreng, bakar atau penyet sudah terlalu mainstream, coba bebek songkem ini dech. Bebek yang dibentuk dengan unik, dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang.

Ditambah dengan sajian bumbu rempah hangat yang menempel bikin lidah kamu tidak bisa berhenti dech.

6Kaldu Kokot

beritabaik.web.id

Kalau biasanya sup dengan daging sapi, kalau ini mengunakan kikil yang berasal dari kaki sapi. Plus beserta tulang-tulangnya yang besar sekali.

ditambah kuah nya yang tidak terlalu kental, bakal bikin lidahmu tidak pernah bosan, di coba ya guys.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here